Wednesday, 17 Oct 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Dinas Pariwisata Apresiasi Relawan PMI yang Standby di Objek Wisata

Selasa, 15 Mei 2018 - 21:08:12 WIB - 331
Dinas Pariwisata Apresiasi Relawan PMI yang Standby di Objek Wisata
Mobil ambulan dan donor darah siap di pedestrian Jam Gadang, Bukittinggi


BUKITTINGGI - Kota Bukittinggi yang banyak mempunyai objek wisata alam, budaya, sejarah dan objek wisata lainnya, sehingga dikenal sebagai kota wisata, wisatawan yang berkunjung ke Propinsi Sumatera Barat kalau tidak menyempatkan singgah ke Kota wisata Bukittinggi, rasanya belum cukup untuk berwisata.

Kepala dinas pariwisata pemuda olahraga Kota Bukittinggi, Erwin Umar mengatakan, Selasa (15/5/2018) di ruang kerjanya, karena tempat-tempat objek wisata ada yang berisiko di kunjungi wisatawan, perlu adanya tenaga medis untuk pertolongan pertama jika ada wisatawan yang mengalami sakit, adanya relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi di tempat-tempat objek wisata, kami menyambut positif, kata Erwin Umar.

"Ke depan bagaimana PMI Kota Bukittinggi melalui relawan-relawannya mampu memberikan kontribusi positif terhadap objek-objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, juga memberikan pertolongan pertama dalam emergensi, kami merespon positif yang dilakukan PMI Kota Bukittinggi melalui relawan-relawannya sangat baik," harap Erwin Umar.

"Disamping memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, silahkan juga kendaraan unit transfusi darah berada di sekitar objek-objek wisata untuk menerima wisatawan sekiranya ada yang mau mendonor darah," ucapnya.

Sementara itu ketua PMI Kota Bukittinggi, Chairunnas menjelaskan gerakan kemanusiaan ini sesuai dengan motto PMI Kota Bukittinggi "Bersama Untuk Kemanusiaan" yang artinya relawan dibawah komando markas PMI Kota Bukittinggi siap membantu dalam pertolongan pertama kecelakaan dimana saja, apa itu di tempat objek wisata ataupun di tempat umum.

"Setiap kegiatan yang diadakan Pemerintah Kota Bukittinggi dalam bentuk keramaian, personil kami lengkap dengan tenaga medis siap turun langsung membantu. Personil yang tergabung dalam kepengurusan PMI kota Bukittinggi, lanjut Chairulnnas, kami pilih yang benar-benar ingin bekerja secara sukarela dengan niat kemanusiaan. Prinsip kami di PMI kota Bukittinggi adalah Berwaqaf tenaga, Bersedekah waktu dan berinfaq uang, ini semua merupakan amal ibadah dunia akhirat," jelas Chairunnas.

"PMI Kota Bukittinggi yang mempunyai standard operational Procedure (SOP) dalam melakukan tindakan pekerjaan, seperti terjadi kejadian musibah bencana kebakaran atau musibah alam, personil ikut terlibat langsung menolong dan membantu di tempat kejadian, lengkap dengan mobil PMI kota Bukittinggi yang membawa personil serta mobil ambulan dan perlengkapannya, kami mengutamakan keselamatan jiwa manusia dari musibah tersebut," ungkapnya.

"Personil yang terdiri dari relawan telah dibekali berbagai cara untuk menolong dan membantu korban, antara lain pelatihan pertolongan pertama kecelakaan di darat, air, pegunungan maupun perbukitan, dan juga pelatihan evakuasi korban. Untuk di wilayah Sumatera Barat bagian utara, kami bertekad menjadi motor penggerak PMI Siaga Bencana," tambahnya.

Sedangkan kepala markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais menjelaskan, program memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan di objek wisata adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung kota wisata Bukittinggi yang dimulai hari Sabtu 5 Mai 2018.

"PMI Kota Bukittinggi membuka pos pelayanan ambulan dan peetolongan pertama di tempat wisata Khususnya hari Sabtu dan Minggu dengan Tema "PMI PEDULI" semoga bermanfaat," ujar Ahmad Jais. (Iwin SB))

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,sosial,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Siber Pungli Polda Sumbar OTT Guru Honorer Diduga Selewengkan Dana PIP Siswa SMKN 1 Solok

Siber Pungli Polda Sumbar OTT Guru Honorer Diduga Selewengkan Dana PIP Siswa SMKN 1 Solok

SOLOK -- Tim Siber pungli Polda Sumbar berkerjasama dengan Siber Pungli Polresta Kota Solok melakukan Operasi Tangkap...

Tolak Lepas Jilbab, Atlet Judo Indonesia Didepak dari APG 2018, Begini Reaksi MUI

Tolak Lepas Jilbab, Atlet Judo Indonesia Didepak dari APG 2018, Begini Reaksi MUI

NASIONAL - Wasit Asian Para Games 2018, mendiskualifikasi Judoka Indonesia, Miftahul Jannah setelah menolak untuk...

Pariwisata Termasuk Prioritas Utama 100 Hari Pertama Kerja Wako Padang Panjang

Pariwisata Termasuk Prioritas Utama 100 Hari Pertama Kerja Wako Padang Panjang

PADANG PANJANG - Dalam rangka melaksanakan 100 hari pertama kerja, sektor pariwisata termasuk prioritas bagi walikota...

Sandi Yakin Stabilitas Harga Mampu Sejahterakan Petani dan UMKM

Sandi Yakin Stabilitas Harga Mampu Sejahterakan Petani dan UMKM

POLITIK - Calon Wakil Presiden yang diusung koalisi partai Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN Sandiaga Uno hadir dalam...

Sandiaga Uno Temukan Tempe Sebesar Tablet di Jember

Sandiaga Uno Temukan Tempe Sebesar Tablet di Jember

JEMBER - Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Sandiaga Salahudin Uno Minggu (7/10/2018), terkesima dengan tempe seukuran...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media