Monday, 20 Aug 2018
Minangkabaunews
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Dinas Pariwisata Apresiasi Relawan PMI yang Standby di Objek Wisata

Selasa, 15 Mei 2018 - 21:08:12 WIB - 280
Dinas Pariwisata Apresiasi Relawan PMI yang Standby di Objek Wisata
Mobil ambulan dan donor darah siap di pedestrian Jam Gadang, Bukittinggi


BUKITTINGGI - Kota Bukittinggi yang banyak mempunyai objek wisata alam, budaya, sejarah dan objek wisata lainnya, sehingga dikenal sebagai kota wisata, wisatawan yang berkunjung ke Propinsi Sumatera Barat kalau tidak menyempatkan singgah ke Kota wisata Bukittinggi, rasanya belum cukup untuk berwisata.

Kepala dinas pariwisata pemuda olahraga Kota Bukittinggi, Erwin Umar mengatakan, Selasa (15/5/2018) di ruang kerjanya, karena tempat-tempat objek wisata ada yang berisiko di kunjungi wisatawan, perlu adanya tenaga medis untuk pertolongan pertama jika ada wisatawan yang mengalami sakit, adanya relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi di tempat-tempat objek wisata, kami menyambut positif, kata Erwin Umar.

"Ke depan bagaimana PMI Kota Bukittinggi melalui relawan-relawannya mampu memberikan kontribusi positif terhadap objek-objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, juga memberikan pertolongan pertama dalam emergensi, kami merespon positif yang dilakukan PMI Kota Bukittinggi melalui relawan-relawannya sangat baik," harap Erwin Umar.

"Disamping memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, silahkan juga kendaraan unit transfusi darah berada di sekitar objek-objek wisata untuk menerima wisatawan sekiranya ada yang mau mendonor darah," ucapnya.

Sementara itu ketua PMI Kota Bukittinggi, Chairunnas menjelaskan gerakan kemanusiaan ini sesuai dengan motto PMI Kota Bukittinggi "Bersama Untuk Kemanusiaan" yang artinya relawan dibawah komando markas PMI Kota Bukittinggi siap membantu dalam pertolongan pertama kecelakaan dimana saja, apa itu di tempat objek wisata ataupun di tempat umum.

"Setiap kegiatan yang diadakan Pemerintah Kota Bukittinggi dalam bentuk keramaian, personil kami lengkap dengan tenaga medis siap turun langsung membantu. Personil yang tergabung dalam kepengurusan PMI kota Bukittinggi, lanjut Chairulnnas, kami pilih yang benar-benar ingin bekerja secara sukarela dengan niat kemanusiaan. Prinsip kami di PMI kota Bukittinggi adalah Berwaqaf tenaga, Bersedekah waktu dan berinfaq uang, ini semua merupakan amal ibadah dunia akhirat," jelas Chairunnas.

"PMI Kota Bukittinggi yang mempunyai standard operational Procedure (SOP) dalam melakukan tindakan pekerjaan, seperti terjadi kejadian musibah bencana kebakaran atau musibah alam, personil ikut terlibat langsung menolong dan membantu di tempat kejadian, lengkap dengan mobil PMI kota Bukittinggi yang membawa personil serta mobil ambulan dan perlengkapannya, kami mengutamakan keselamatan jiwa manusia dari musibah tersebut," ungkapnya.

"Personil yang terdiri dari relawan telah dibekali berbagai cara untuk menolong dan membantu korban, antara lain pelatihan pertolongan pertama kecelakaan di darat, air, pegunungan maupun perbukitan, dan juga pelatihan evakuasi korban. Untuk di wilayah Sumatera Barat bagian utara, kami bertekad menjadi motor penggerak PMI Siaga Bencana," tambahnya.

Sedangkan kepala markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais menjelaskan, program memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan di objek wisata adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung kota wisata Bukittinggi yang dimulai hari Sabtu 5 Mai 2018.

"PMI Kota Bukittinggi membuka pos pelayanan ambulan dan peetolongan pertama di tempat wisata Khususnya hari Sabtu dan Minggu dengan Tema "PMI PEDULI" semoga bermanfaat," ujar Ahmad Jais. (Iwin SB))

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,sosial,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Peneliti UI Mulai Lacak Jejak Hubungan Islam di Nusantara dengan Wilayah Azerbaijan

Peneliti UI Mulai Lacak Jejak Hubungan Islam di Nusantara dengan Wilayah Azerbaijan

ACEH - Dosen dan Peneliti FIB UI, Bastian Zulyeno, Ghilman Assilmi, dan Chaidir Ashari melakukan penelitian lanjutan...

Pidato Kenegaraan Presiden Isi Agenda Sidang Paripurna DPRD Tanah Datar

Pidato Kenegaraan Presiden Isi Agenda Sidang Paripurna DPRD Tanah Datar

TANAH DATAR - Puluhan anggota DPRD Tanah Datar mengikuti Sidang Paripurna Istimewa DPRD Tanah Datar, dalam rangkaian...

Nyabu Dalam Kamar Penginapan, Wanita Paruh Baya di Padang Panjang Diamankan Polisi

Nyabu Dalam Kamar Penginapan, Wanita Paruh Baya di Padang Panjang Diamankan Polisi

PADANG PANJANG - Wanita paruh baya, HY (43) salah seorang warga Kota Solok diamankan Satuan Reserse Narkoba Polres...

Telan Anggaran Rp134 Miliar, Pembangunan RSUD Pasbar Segera Dimulai

Telan Anggaran Rp134 Miliar, Pembangunan RSUD Pasbar Segera Dimulai

PASAMAN BARAT - Rencana Pembangunan Pengembangan RSUD Pasaman Barat, Sumatera Barat Tahap I akan segera dilaksanakan...

Prabowo Pilih Sandiaga, Ini Kata Habib Rizieq

Prabowo Pilih Sandiaga, Ini Kata Habib Rizieq

POLITIK - Habib Rizieq Syihab meminta digelar Ijtimak Ulama II. Hal ini merupakan reaksi karena dua nama yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media