Sunday, 20 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Penerbangan Air Asia Padang-Singapura Sementara Ditutup

Rabu, 16 Mei 2018 - 07:30:45 WIB - 525
Penerbangan Air Asia Padang-Singapura Sementara Ditutup
Wagub Sumbar Nasrul Abit dalam rapat dengan Staf Khusus Bidang Infrastruktur Kementerian Pariwisata RI, Selasa (15/5/2018) di Jakarta.


PADANG - Penerbangan Air Asia Padang-Singapura untuk sementara ditutup karena masih minimnya penumpang yang selama 3 bulan ini baru hanya 23% pulang-pergi dan itu belum mampu menutup biaya operasional Air Asia selama ini. Air Asia juga telah memindahkan hampir semua stafnya ke daerah lain yang lebih produktif.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abi dari hasil pertemuan rapat yang dipimpin oleh Staf Khusus Bidang Infrastruktur Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Yudi Rifajantoro di Kementerian Pariwisata Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Hadir dalam kesempatan Kadis Pariwisata, Kadishub Sumbar, menejemen Air Asia, Angkasa Pura 2 Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan dari pengamat pariwisata Singapura hadir, Sulaiman dan Robert.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, tadi telah diputuskan memang Air Asia untuk sementara tutup sambil dilakukan evaluasi kembali bagaimana cara promosi yang paling efektif dilakukan di Singapura. Dari penuturan mereka ada kerugian lebih kurang Rp. 5 Miliar dalam waktu 3 (tiga) bulan ini.

"Sayangnya penutupan penerbangan Air Asia Padang-Singapura ini, kitanya baru diberitahu 2 (dua) hari ini. Kita menyadari penduduk Singapura belum kenal wisata Sumatera Barat, padahal potensi wisatanya dari jumlah penduduk 4 juta jiwa, rata-rata kunjungan mereka berwisata ada 12 juta dalam setahun," kata Nasrul.

"Berarti ada 3 kali warga Singapura ini liburan jalan-jalan wisata dan bisnis dalam setahun. Mereka telah kunjungi Sumatera Utara, Bandung, Jakarta, Bali dan mereka suka pergi ke pantai dan shopping seperti di Bandung. Itulah kenapa kita berminat membangun penerbangan Padang-Singapura agar daerah kita mudah dikunjungi," ungkap Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit mengatakan, minggu depan direncanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengundang salah seorang pakar pariwisata Singapura datang ke Sumbar untuk melihat objek wisata yang ada di daerah ini guna dipromosikan di negara mereka.

"Nanti apa yang kurang dan apa yang mesti kita perbaiki tentu akan kita upayakan seperti pasar ateh Bukittinggi jika selesai tentu dapat menjadi pasar yang layak mereka dapatkan, karena spesifik produksi kita tentu punya khas tersendiri pula," tukas Nasrul.

"Wisata pantai kita benahi, apakah Kawasan Mandeh, dan beberapa tempat cantik dipulau-pulau dan pantai didaerah lainnya di Sumatera Barat," ujarnya.

"Kemudian minggu kedua bulan puasa dilanjutkan rapat kembali dengan tim dari Kemenpar, Air Asia, Angkas Pura 2, Pemprop dan Asita, mudah-mudahan ada solusi untuk terbang kembali Padang-Singapura," tambahnya.

"Namun sementara waktu ada kabar baru dari Air Asia bahwa sekarang mereka sudah menambah frekuensi penerbangan Padang-Kuala Lumpur dari 2x menjadi 3x sehari, sebagai alternatif perkembangan kunjungan wisata Singapura-Padang," terang Wagub Nasrul Abit. (Fernando)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bisnis,ekonomi,metro,padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

DPRD Mentawai Genjot Pembangunan Jalan Menuju Dusun Berkat Sipora Utara

DPRD Mentawai Genjot Pembangunan Jalan Menuju Dusun Berkat Sipora Utara

MENTAWAI - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Bupati setempat, lakukan...

Pesisir Barat Ranah Minangkabau Terancam Diterjang Tsunami Serupa Selat Sunda, Ini Analisa Pakar

Pesisir Barat Ranah Minangkabau Terancam Diterjang Tsunami Serupa Selat Sunda, Ini Analisa Pakar

PADANG - Tebing bawah laut di area Backthtrus Mentawai diduga mengalami longsor tepatnya diantara Kepulauan Mentawai...

Hitungan Jam, Tiga Pengedar Sabu Dibekuk Polres Bukittinggi

Hitungan Jam, Tiga Pengedar Sabu Dibekuk Polres Bukittinggi

BUKITTINGGI - Dalam hitungan jam, dua orang pria dan satu orang wanita yang diduga pengedar narkotika jenis sabu...

Polres Pessel Tindak Lanjuti Pembakaran Pulau Taraju, Ini Penjelasannya

Polres Pessel Tindak Lanjuti Pembakaran Pulau Taraju, Ini Penjelasannya

PESSEL - Kebakaran pulau Taraju di kawasan Wisata Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera...

Kepala SMKN 2 Bukittinggi Disertijabkan

Kepala SMKN 2 Bukittinggi Disertijabkan

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media