Wednesday, 23 May 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Pemko Padang Optimis Penas Tani ke XVI Tahun 2020, Diikuti 75 Ribu Peserta

Kamis, 17 Mei 2018 - 00:23:08 WIB - 256
Pemko Padang Optimis Penas Tani ke XVI Tahun 2020, Diikuti 75 Ribu Peserta
Diskusi Mingguan awak media bersama kepala OPD di media center Pemko Padang Rabu (16/5)


Pilwako Kota Padang 2018

PADANG - Kota Padang diamanahkan sebagai tuan rumah Penas Tani KeXVI pada Tahun 2020 mendatang. Kegiatan akan diikuti 75 ribu petani dan nelayan se-Indonesia.

Penas Petani Nelayan merupakan metode penyuluhan akbar yang digagas para tokoh tani dan nelayan sejak 1971. Forum ini merupakan sarana pertemuan petani nelayan dan petani hutan untuk saling belajar-mengajar, bertukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara para petani nelayan dan petani hutan , peneliti, penyuluh, serta pihak swasta dan pemerintah.

Sarana Penastani ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian mereka sebagai pelaku pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan.

"Kantor Balaikota Aia Pacah Padang sebagai pilihan yang tepat dalam penyelenggaraan ini karena aksebilitas dan adanya kampus berada didekat lokasi acara," ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri di media center Pemko Padang, Rabu, (16/5/2018).

Menurutnya, Pemko Padang telah memiliki rancangan awal sebagai tuan rumah Penas Tani Nelayan. Hal itu akan memaksimalkan seluruh potensi yang ada, termasuk penggunaan lahan pertanian yang telah ada, serta lahan-lahan yang belum produktif sebagai tempat atau lokasi gelar teknologi pertanian.

"Kalau di Aceh jumlah pesertanya 35 ribu orang, kita menargetkan minimal dua kali lipat Aceh. Mengingat, letak posisi Kota Padang yang strategis, transportasi ke Kota Padang yang lancar, sehingga mudah dijangkau dari seluruh Indonesia," tambah Syaiful.

Terkait fasilitas penginapan peserta, Syaiful menyampaikan rencananya peserta akan diinapkan di 7500 rumah warga. Selain itu bagi kepala daerah dan KTNA seluruh hotel yang ada di Kota Padang.

Di samping itu, faktor pendukung lainnya, Sumatera Barat, Kota Padang dan kabupaten/kota lainnya, juga memiliki lokasi pariwisata yang tak kalah indah dan menariknya jika dibandingkan dengan daerah lain. Begitu juga halnya dengan wisata kuliner Sumatera Barat, yang hanya memiliki dua rasa, yaitu rasa enak dan enak sekali.

Diketahui, Kota Padang telah ditetapkan secara aklamasi pada Rembug Utama KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Nasional pada Penas Tani Nelayan VX Aceh sebagai tuan rumah pelaksanaan Penas Tani XVI yang direncanakan diselenggarakan 2020 di Kota Padang.

Menurutnya, acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan motivasi dan gairah para petani dan nelayan serta masyarakat pelaku agribisnis dalam membangun sistem dan meningkatkan daya saing yang berkelanjutan. Caranya, melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

"Penas 2020 di Kota Padang kita jadikan momentum untuk pertanian Indonesia dan bila perlu, tahun ini, kita mencetak sejarah baru untuk pangan Indonesia. Diharapkan dalam dua tahun kita sukses mencapai target," tuturnya.

Syaiful berharap seluruh stageholder ikut terlibat dalam menyukseskan Penas Tani 2018 termasuk dukungan financial. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Liverpool Tantang Real Madrid di Final Liga Champions Eropa 2018

Liverpool Tantang Real Madrid di Final Liga Champions Eropa 2018

BOLA - Liverpool akan menjadi lawan Real Madrid pada final Liga Champions di Kiev, Ukraina, pada 26 Mei 2018....

Tak Masuk 200 Penceramah Rujukan Kemenag, Begini Jawaban Ustadz Abdul Somad

Tak Masuk 200 Penceramah Rujukan Kemenag, Begini Jawaban Ustadz Abdul Somad

NASIONAL - Kementerian Agama (Kemenag) RI telah merilis daftar 200 nama mubalig atau penceramah sebagai upaya...

Mengaku Ogah Jadi Presiden PKS, Fahri Hamzah Pilih Lakukan Ini

Mengaku Ogah Jadi Presiden PKS, Fahri Hamzah Pilih Lakukan Ini

POLITIK - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebaiknya tidak dipimpin Sohibul...

Ramadhan dan Ledakan Bom di Surabaya

Ramadhan dan Ledakan Bom di Surabaya

Oleh: Nurrahmat, SH - Sepintar Lalu tiga kata (Ramadhan dan ledakan bom, red) ini tidak ada korelasi yang bersinggungan...

Pihak Istana Bantah Penghentian Kasus Habib Rizieq karena Jokowi Bertemu Alumni 212

Pihak Istana Bantah Penghentian Kasus Habib Rizieq karena Jokowi Bertemu Alumni 212

POLITIK - Pihak Istana Kepresidenan memastikan, dihentikannya kasus dugaan pencemaran nama baik dan penistaan Pancasila...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
minangkabaunews social media