Sunday, 20 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Mayat Tanpa Indentitas Akhirnya Dikebumikan Relawan PMI Kota Bukittinggi

Jumat, 18 Mei 2018 - 10:49:30 WIB - 500
Mayat Tanpa Indentitas Akhirnya Dikebumikan Relawan PMI Kota Bukittinggi
Relawan-relawan PMI Kota Bukittinggi bersama TKSK dinas sosial Kabupaten Agam saat proses pemakaman.


BUKITTINGGI - Sosok mayat yang diketemukan mengapung dalam kondisi terlentang di Sungai Batang Agam, tepatnya di Jorong Bancah, Kanagarian Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, pada Rabu 9 Mei 2018 lalu, akhirnya dikembumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gulaibancah Kecamatan MKS Kota Bukittinggi, Kamis (17/5/2018).

Adapun proses pemakaman berlangsung dari pagi hari jam 10.00 WIB yang dilakukan sepenuhnya oleh relawan-relawan PMI Kota Bukittinggi mulai dari penggalian liang kubur hingga pemakaman, relawan-relawan ini bekerja penuh dengan dedikasi yang tinggi terhadap kemanusiaan.

Kepala markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais mengatakan saat berlangsungnya proses pemakaman, gerakan kemanusiaan ini sesuai dengan motto PMI Kota Bukittinggi "Bersama Untuk Kemanusiaan" yang artinya relawan dibawah komando markas PMI Kota Bukittinggi siap membantu dalam pertolongan pertama kecelakaan dimana saja dan tanpa batas gerakan yang dilakukan relawan-relawan PMI Kota Bukitinggi.

"Peyelenggaraan penguburan sosok mayat tanpa indentitas ini diselenggarakan dinas sosial Kabupaten Agam bersama relawan-relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi dibawah komando markas PMI Kota Bukittinggi dengan disaksikan Kapolsek Tilatang Kamang, Iptu Pitrus berserta anggota," ucap Ahmad Jais.

Sementara itu Iptu Pitrus mengatakan, kepastian siapa identitas mayat itu belum juga didapatkan. Karena hampir satu minggu pasca ditemukan, tidak ada satupun laporan yang masuk tentang kehilangan anggota keluarga, dan yang baru dapat dipastikan, mayat itu bukan warga Nagari Kamang Ilia dan sekitarnya.

Menurut Pitrus, kepastian jenis kelamin mayat itu perempuan, setelah Senin 14 Mei 2018 kemaren, dilakukan autopsi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumatera Barat, dengan perkiraan sudah lebih satu minggu mengambang di dalam Sungai Batang Agam, dan hasil autopsi seluruhnya akan diperoleh dalam 15 hari kedepan.

"Namun demikian, upaya Polsek Tilatang Kamang bersama Tim Identifikasi Polres Bukittinggi mulai menemukan titik terang, karena mayat yang sebelumnya diduga berjenis kelamin laki-laki itu dari hasil visum luar yang dilakukan dokter Puskesmas Kamang Magek, ternyata seorang perempuan dengan perkiraan umur 15 hingga 17 tahun," jelasnya.

"Pada saat mayat ditemukan kodisi fisiknya susah setengah hancur, daging yang menempel di badang sudah membusuk, begitu juga dengan alat kelaminnya, sehingga dengan hanya melakukan visum luar, analisis yang dilakukan dokter Puskesmas terjadi kekeliruan," terangnya.

Setelah dilakukan autopsi sambung Pitrus, si mayat dikembalikan ke kamar jenazah Rumah Sakit Achmad Mokhtar (RSAM) Bukittinggi, sambil menunggu apabila ada laporan kehilangan anggota keluarga dari masyarakat, dan saat ini tanggungjawabnya berada pada Dinas Sosial Kabupaten Agam

"Bagi masyarakat yang merasa ada kehilangan anggota keluarga sesuai dengan informasi sementara, dapat membuat laporan ke Polsek Tilatang Kamang maupun Polres Bukittinggi, sehingga mayat ini dapat diserahkan pada keluarga bersangkutan," katanya.

Sementara itu kepala bidang dinas sosial Kabupaten Agam, mengatakan terima kasih jalinan kerjasamanya dengan PMI Kota Bukittinggi, sehingga dapat terlaksana proses pemakaman ini, kami harapkan kerjasama ini kedepannya terus berlanjut, sehingga memudahkan kami dinas sosial yang berada di Agam Timur. untuk jika ada penanganan bencana. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,metro,reliji,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

KPAI Catat Pelanggaran Anak Tahun 2018 Naik 4885 Kasus

KPAI Catat Pelanggaran Anak Tahun 2018 Naik 4885 Kasus

JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat adanya kenaikan drastis terkait jumlah kasus anak...

Praktik Demokrasi Yang Diawasi

Praktik Demokrasi Yang Diawasi

Oleh: Rini Juita Peraturan perundang-undangan adalah acuan bagi pelaksanaan pemilu yang bertujuan untuk menegakkan...

Dua Pecandu Narkoba Diringkus Satnarkoba Polres Tanah Datar

Dua Pecandu Narkoba Diringkus Satnarkoba Polres Tanah Datar

TANAH DATAR - Satnarkoba Polres Tanah Datar kembali ringkus dua orang pelaku narkoba di Jurong Cubadak dan di Perum...

Dugaan Pelanggaran Netralitas Oknum ASN Kemenag Padang Pariaman, Bawaslu Akan Periksa Saksi Tambahan

Dugaan Pelanggaran Netralitas Oknum ASN Kemenag Padang Pariaman, Bawaslu Akan Periksa Saksi Tambahan

PADANG PARIAMAN - Terkait dugaan pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Kemenpora: Pengunduran Diri Edy Rahmayadi Sebagai Ketua Umum PSSI Adalah Haknya

Kemenpora: Pengunduran Diri Edy Rahmayadi Sebagai Ketua Umum PSSI Adalah Haknya

BOLA - Edi Rahmayadi umumkan pegunduran diri sebagai ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), saat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media