Sunday, 20 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Defrianto Terpilih Jadi Camat Terbaik se-Kabupaten Padang Pariaman

Jumat, 18 Mei 2018 - 20:16:19 WIB - 284
Defrianto Terpilih Jadi Camat Terbaik se-Kabupaten Padang Pariaman
Tim Penilai Kompetensi Camat


PADANG PARIAMAN - Defriatos, S.Sos, M.Si terpilih sebagai Camat Terbaik Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2018.

Terpilihnya Camat Sungai Limau tersebut berdasarkan hasil penilaian Tim Penilai Kompetensi Camat yang dilakukan beberapa waktu yang lalu dan telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Padang Pariaman Nomor 284/KEP/BPP/2018 Tentang Penetapan Pemenang Kompetensi Camat Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2018.

Penilaian Kompetensi Camat merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan dalam rangka evaluasi dan pembinaan terhadap kinerja camat dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai camat di wilayah kerjanya.

Drs. Idarussalam Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman yang menjadi Ketua Tim Penilai Kompetensi Camat menjelaskan tujuan dari kegiatan penilaian kompetensi camat ini adalah sebagai bentuk dari pembinaan dan evaluasi terhadap kinerja camat dalam menjalankan tugas dan fungsinya di wilayah kerjanya.

"Penilaian Kompetensi Camat tahun ini hanya dilakukan terhadap 7 (tujuh) orang camat yang memenuhi syarat untuk dinilai berdasarkan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kompetensi Camat Tingkat Provinsi Sumatera Barat," terang Idarussalam.

Selanjutnya Idarussalam menguraikan bahwa camat berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 selain melaksanakan tugas umum pemerintahan juga melaksanakan tugas pemerintahan umum serta melaksanakan tugas delegatif yang dilimpahkan oleh bupati kepada camat.

Pelaksanaan penilaian kompetensi camat tersebut melibatkan tenaga ahli yang terdiri dari Pamong senior Drs. H. Martias Mahyuddin, M.Sc dan Prof. Dr. H. Duski Samad, MA yang melakukan penilaian dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang dibagi kedalam dua tahap, pertama para peserta camat akan mengekspose kegiatan di depan tim penilai dan tahap kedua dilakukan peninjauan lapangan terhadap Camat yang mendapatkan 3 besar nilai tertinggi.

Prof. Dr. H. Duski Samad, MA menjelaskan sukses atau tidaknya tugas pemerintah dilakukan oleh camat dapat diukur seberapa jauh mereka memahami dan menegakan aturan yang sudah ada. "Aneh dan lucu dan tidak pantas seorang Camat mempertanyakan aturan dan peraturan daerah yang sudah ditetapkan. Untuk itu seorang Camat harus memiliki mentalitas loyal, patuh dan menjadi juru penerjemah kebijakan kepala daerah dan aturan yang berlaku di tingkat atas," ungkapnya pada suatu kesempatan.

Pada kesempatan terpisah Bupati Padang Pariaman menerangkan pentingnya kinerja yang baik dari seorang camat sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat

"Camat harus mampu berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan camat juga harus bisa menterjemahkan setiap kebiajakan daerah untuk di sosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat mengerti dan paham terhadap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Padang Pariaman," tegas Ali Mukhni.

Penilaian kompetensi camat tahun 2018 ini menghasilkan Camat Sungai Limau Defriatos, S.Sos, M.Si sebagai Camat Terbaik I, Suhardi, S.Sos, MM Camat Batang Anai sebagai Camat Terbaik II dan Camat Sintuk Toboh Gadang Elda Husniwar memperoleh Camat Terbaik III.

Pemenang Penilaian Kompetensi Camat Tingkat Kabupaten akan mengikuti kegiatan Penilaian Kompetansi Camat Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. (rel/warman)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,metro,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

4 Anggota PPK di Pasaman di PAW, Ini Sebabnya

4 Anggota PPK di Pasaman di PAW, Ini Sebabnya

PASAMAN - Empat orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Pasaman diganti. Penggantian Antar Waktu...

Bupati Pessel Hendrajoni : Pelaku Pengrusakan Kawasan Wisata Mandeh Saya Penjarakan

Bupati Pessel Hendrajoni : Pelaku Pengrusakan Kawasan Wisata Mandeh Saya Penjarakan

PESSEl - Trekait dengan adanya kebakaran hutan yang terjadi di Pulau Taraju, kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI...

Wabup Pasaman Atos Pratama: Siswa SMK Ilmunya Harus Bertambah Setelah PKL

Wabup Pasaman Atos Pratama: Siswa SMK Ilmunya Harus Bertambah Setelah PKL

PASAMAN - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan ilmu dan wawasannya...

Satpol PP Kota Padang Tertibkan PKL yang Menggunakan Fasilitas Umum

Satpol PP Kota Padang Tertibkan PKL yang Menggunakan Fasilitas Umum

PADANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang kembali melakukan Penertiban terhadap lapak Pedagang Kaki...

Sijago Merah Mengamuk, Satu Unit Rumah Gadang di Tanah Datar Hangus

Sijago Merah Mengamuk, Satu Unit Rumah Gadang di Tanah Datar Hangus

TANAH DATAR - Sijago merah kembali mengamuk, satu unit rumah gadang dan tiga rumah permanen di Nagari Tanjung...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media