Sunday, 24 Jun 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pilkada

Jelang Pilkada, Kesbangpol Pastikan Kota Padang Aman

Rabu, 23 Mei 2018 - 17:54:35 WIB - 156
Jelang Pilkada, Kesbangpol Pastikan Kota Padang Aman
Kepala Kesbangpol Mursalim beri keterangan pers di media center, Rabu (23/5)


Pilwako Kota Padang 2018

PADANG - Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Padangpada 2018 ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang menyatakan bahwa situasi keamanan masih kondusif.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang Mursalim mengatakan kedewasaan masyarakat Padang dalam berpolitik sudah teruji dalam beberapa pelaksanaan. Hal itu menjadi modal dasar dalam pelaksanaan pilkada di wilayah Kota Padang selanjutnya.

"Saya melihat masih aman, kondusif dan masyarakat kita semakin dewasa dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini," kata Mursalim kepada wartawan di Media Center Pemko Padang, Rabu (23/5/2018).

Mursalim menegaskan sejarah mencatat bahwa selama ini penyelenggaran Pilkada di Kota Padang belum terjadi konflik yang menimbulkam keresahan di masyarakat.

Ada tiga tipikal pemilih yakni partisipatif, parokial dan apatis, lanjutnya Kota Padang adalah tipikal partisipatif.

"Selama Pilkada di Padang belum pernah terjadi konflik sampai bakar-bakaran. Itu membuktikan sebetulnya kita aman," tegas Mursalim.

Meskipun Kota Bingkuang selama ini terbilang aman dalam pelaksanaan Pilkada. Namun, kata Mursalim, Kesbangpol bersama KPU dan Panwaslu akan tetap mengantisipasi terjadinya konflik dengan melakukan monitoring secara berkala bersama aparat penegak hukum Polri, dan TNI.

"Kita sudah mengantisipasinya dan akan kita buktikan bahwa Pilkada Padang 2018 berlangsung aman," ujar Mursalim.

Dia menambahkan masyarakat di Kota Padang Sumatera Barat sudah dewasa dalam menghadapi Pilkada Padang termasuk para pasangan calon Walikota maupun Wakil Walikota Padang.

Sedangkan, untuk kondisi masyarakat di pelosok Kota Padang. Ia menyebutkan di setiap wilayah tersebut memiliki Porkopimda masing-masing sehingga berbagai bentuk rawan konfik yang diprediksi akan terjadi menimbulkan permasalahan akan segera teratasi dengan baik.

"Alhamdulillah, semua pihak ingin membuktikan bahwa ingin menampilkan yang terbaik dalam penyelenggaran pilkada Padang ini termasuk timses para paslon," jelas Mursalim.

Berkenaan dengan antisipasi saling menjelekan antara paslon di media sosial atau lebih dikenal dengan istilah hate spech. Mursalim menilai, jika terjadi pelanggaran maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

"Kalau saling serang di media sosial saya pikir sudah ada sanksinya akan tetapi terlebih dahulu kita ingatkan sehingga meminimalkan konflik," pungkasnya.

Mursalim juga menargetkan untuk Pilkada tahun 2018 ini meningkat partisipasi pemilih naik dari pilgub lalu 53% bisa mencapai 70%. Termasuk para pemilih pemula, yakni kalangan pelajar yang sudah memiliki KTP.

Dengan harapan seluruh pemilih pemula yang terdiri dari kalangan pelajar dapat menggunakan hak pilihnya secara baik. Tidak menjadi golongan putih (golput).

Selain itu, sosialisasi pilkada juga dilakukan dengan poster ajakan mendatangi TPS terdekat di tempel pada mobil Transpadang. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: metro,padang,pilkada,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tabrakan Sesama Sepeda Motor di Padang Panjang, Satu Meninggal di Tempat

Tabrakan Sesama Sepeda Motor di Padang Panjang, Satu Meninggal di Tempat

PADANG PANJANG - Lagi-lagi, kecelakaan lalu lintas di Wilayah Hukum Polres Padang Panjang kembali memakan korban. Satu...

Kisah Haru Kapal Ramadhan ACT Sumbar Lintasi Laut Mentawai Antarkan Bantuan

Kisah Haru Kapal Ramadhan ACT Sumbar Lintasi Laut Mentawai Antarkan Bantuan

FEATURE - Di Jumat (8/6/2018) pagi yang cerah, tim ACT Sumbar setelah Subuh meluncur ke Kantor dengan penuh semangat...

Berbagi Itu Indah, Lazismu dan Dikdasmen Antarkan Kado Lebaran kepada 800 Guru Honor

Berbagi Itu Indah, Lazismu dan Dikdasmen Antarkan Kado Lebaran kepada 800 Guru Honor

...

Pohon Tumbang Akibatkan Kemacetan Panjang Jalur Mudik Sumbar-Sumut di Pasaman

Pohon Tumbang Akibatkan Kemacetan Panjang Jalur Mudik Sumbar-Sumut di Pasaman

PASAMAN - Pohon Tumbang di kawasan Lurah Berangin, Kecamatan Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) menutup permukaan...

Jelang Lebaran, Kodim 0308/Pariaman I Gelar Aksi Bersih Masjid

Jelang Lebaran, Kodim 0308/Pariaman I Gelar Aksi Bersih Masjid

PADANG PARIAMAN - Lebaran tinggal menghitung hari Anggota Kodim (Komando Distrik Militer) 0308 Pariaman l menggelar...


KOMENTAR ANDA



Pilwako Kota Padang 2018 kaos minang unik dan lucu Polling Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Padang 2018-2023
close
Emzalmi Desri
close
Mahyeldi Hendri
minangkabaunews social media