Tuesday, 11 Dec 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

PMI Bukittinggi Dirikan Posko Pertolongan Pertama di Jam Gadang

Kamis, 14 Juni 2018 - 01:47:42 WIB - 569
PMI Bukittinggi Dirikan Posko Pertolongan Pertama  di Jam Gadang
Kepala markas PMI Kota Bukittinggi serta staf dan relawan fot bersama Walikota, Wakil Walikota dan forkopimda Bukittinggi di depan pos kesehatan, Rabu (13/6)


BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bukittinggi menyiapkan posko Pertolongan Pertama kepada masyarakat di area Jam Gadang, Kamis (13/6/2018).

Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas mengatakan, Keterlibatan relawan PMI Kota Bukittinggi adalah suatu kewajiban dari organisasi kepalangmerahan, karena dalam setiap kegiatan yang memerlukan pertolongan pertama, relawan PMI Kota Bukittinggi langsung turun dibawah komando kepala markas, Ahmad Jais. Sesuai dengan motto PMI Kota Bukittinggi "Siap Bantu" dan PMI Bersama Untuk Kemanusiaan, dalam artian PMI tidak dikenal sebagai transfusi dan donor darah saja, tetapi juga menolong sesama manusia.

Ditambahkannya, dalam posko Hari Raya Idul Fitri 1439 H di Jam Gadang PMI Kota Bukittinggi dilengkapi dengan ruang ibu menyusui dan unit kendaraan ambulance berikut tenaga media yang siap menolong, ucap Chairunnas.

Dalam penempatan posko kesehatan, PMI Kota Bukittinggi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota, sengaja PMI Kota Bukittinggi mendirikan posko kesehatan menyebar disegala arah di tempat keramaian pengunjung. Tenaga relawan berikut tenaga medis siap bantu dalam pertolongan nantinya, mengenai kendaraan ambulance baru, lengkap dengan peralatan medisnya untuk PMI Kota Bukittinggi, yang mana didapat dana hibah dari Pemerintah Kota Bukittinggi.

"Kendaraan ambulance yang baru ini, pada bulan Juli 2018 baru bisa dioperasikan, karena kita sengaja memesan kendaraan ambulance modern yang bisa langsung menjemput pasien dari tangga pesawat. PMI Kota Bukittinggi siap menjemput dari rumah dan mengantar pasien ke rumah sakit secara gratis tanpa dipungut biaya, program ini sudah berjalan sejak kepengurusan periode ini," terangnya

"Dengan akan dibangunnya rumah sakit umum daerah, PMI Kota Bukittinggi siap membantu melaksanakan program Pemerintah Kota dalam menjemput dan mengantar pasien ke rumah sakit. Target kita bagaimana masyarakat Kota Bukittinggi bisa terayomi dan terbantu masalah kesehatan terhadap pertolongan pertamanya," ucap Chairunnas.

Sementara itu, Kepala markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais, menjelaskan, PMI Kota Bukittinggi akan menyiapkan 25 sampai 35 relawan tenaga medis yang akan ditempatkan dibeberapa titik untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi petugas dan masyarakat pengguna jalan ataupun yang memang yang akan berliburan ke Kota Bukittinggi, terutama di H+2 dan H+3 kemungkinan masyarakat akan ramai di Kota Bukittinggi.

Adapun posko induk berada di Markas PMI Kota Bukittinggi, sedangkan posko kesehatan lainnya berada berada di depan Jam Gadang, posko ini lengkap dengan peralatan medis dan juga ruangan ibu menyusui dan unit kendaraan ambulance.

Selain itu PMI Kota Bukittinggi juga menempatkan posko kesehatan di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau yang lazimnya disebut objek wisata kebun binatang, dan juga posko kesehatan ditempatkan di pasar Aur Kuning, Birugo, dan halaman polsek Bukittinggi simpang mandiangin.

PMI Kota Bukittinggi dalam keterlibatannya di lapangan, lengkap dengan relawan yang telah terlatih dalam memberikan pertolongan pertama, unit kendaraan ambulance, serta unit kendaraan lapangan yang digunakan staf markas PMI Kota Bukittinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Selasa (14/6/2018) Walikota, Wakil Walikota serta Forkopimda Kota Bukittinggi mengunjungi Pos Kesehatan PMI Kota Bukittinggi dan juga di tempat wisata yang ada di wilayah kota Bukittinggi.

Rombongan Forkopimda terdiri dari Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmartias, SH, Wakil Walikota Bukittinggi, H.Irwandi, SH, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, SIK,MH, Dandim 0304 Agam Letkol Salim, Ketua DPRD Bukittinggi Beni Yusrial, SIP, Sekda Bukittinggi H. Yuen Karnova ,SE.ME dan Asisten 3 Pemko Bukittinggi Ir. H .Zet berkunjung ke Pos Yan Jam Gadang, Pos Pam Mandiangin, Pos Pantau Aur Kuning dan Pos Pantau Simpang DPRD.

Walikota dalam kunjungan ke posko 1 di depan Jam Gadang, sangat apresiasi dengan inovasi PMI Kota Bukittinggi menyediakan ruagan LAKTASI, dan Walikota Ramlan Nurmatias berpesan, semagat terus jaga kesehatan karena kegiatan masih kita panjang harinya, pesan Walikota Ramlan Nurmatias. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Begini Kondisi Pancasila di Tengah Kampanye Politik

Begini Kondisi Pancasila di Tengah Kampanye Politik

Oleh : Ikhwan Arif Kondisi Pancasila ditengah Kampanye Politik Pada masa kampanye politik kita melihat sering...

Insinyur Asing Mendominasi, Ini Respon Wapres Jusuf Kalla

Insinyur Asing Mendominasi, Ini Respon Wapres Jusuf Kalla

PADANG -- Wakil Presiden Republik Indonesian H. Jusuf Kalla menghadiri dan membuka Kongres Persatuan Insinyur Indonesia...

Seperti Apakah Fenomenanya Generasi Milenial, Berikut Ulasannya

Seperti Apakah Fenomenanya Generasi Milenial, Berikut Ulasannya

Oleh : Dhiyaa Safira Putri Fenomena Generasi Milenial OPINI - Kalimat yang sering kita dengar mengenai generasi...

 Festival Batang Sinuruik II 2018, Merajut Asa Di Ujung Pasaman Barat, Ayo Ke Sinuruik

Festival Batang Sinuruik II 2018, Merajut Asa Di Ujung Pasaman Barat, Ayo Ke Sinuruik

PARIWARA PASAMAN BARAT -- Membangun kreatifitas yang bernilai dan bermanfaat bagi pembangunan memerlukan sarana untuk...

Triathlon 2018: 8 Negara Lintasi Destinasi Wisata Kota Pariaman

Triathlon 2018: 8 Negara Lintasi Destinasi Wisata Kota Pariaman

PARIAMAN - Hari pertama gelaran Pariaman international Triathlon 2018 berlangsung semarak. Walikota Pariaman Genius...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media