Friday, 24 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Unik, Balapan Sapi Tradisional Indonesia Ternyata Bukan Cuma di Madura

Rabu, 27 Juni 2018 - 01:17:51 WIB - 807
Unik, Balapan Sapi Tradisional Indonesia Ternyata Bukan Cuma di Madura
foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Koz/pd/13


TRAVELLING --Kekayaan alam negeri kita memang tidak ada duanya. Dikenal sebagai negara pertanian sejak didirikan, Indonesia memiliki ciri khas cara bertani dengan sapi untuk membajak jutaan hektar tanah sawahnya sebelum teknologi lebih modern ditemukan. Selain sapi, kerbau juga menjadi andalan untuk dimanfaatkan tenaganya sekaligus berperan serta dalam berbagai perayaan penyambutan musim tanam seperti karapan sapi yang bisa kamu tonton langsung dengan naik bus ALS ke Surabaya lalu menyeberang ke Madura. Keunikannya sudah mendunia lho! Tapi jangan salah, Indonesia punya sederet balapan sapi tradisional dari berbagai daerah lainnya.

Mengenal Kembali Karapan Sapi Madura

Bagi masyarakat Madura, balapan sapi yang disebut dengan karapan sapi tidak hanya acara tahunan saja. Karapain sapi bagi masyarakat setempat adalah simbol strata sosial karena sapi yang berlaga di pertandingan adalah sapi berkualitas sangat baik yang dirawat dengan istimewa. Karapan sapi biasanya diadakan sekali dalam setahun setelah melalui beberapa tahapan kualifikasi untuk merayakan Presiden Cup dan Bupati Cup. Dalam setiap gelaran, suasana pertandingan dimeriahkan oleh ritual arak-arakan sapi diiringi alat musik seronen yang membuat acara semakin meriah.

Berkejar-Kejaran Sapi Makepung di Jembrana

Tidak jauh dari Madura, di Pulau Bali juga ada tradisi lomba pacu binatang yang dinamakan Makepung. Bedanya dalam Makepung adalah kerbau yang dipacu berlomba beradu cepat yang membawa gerobak dan dikendalikan oleh seorang joki. Konon awalnya tradisi ini dimulai dari keisengan warga lalu makin diminati banyak kalangan. Saat ini Makepung menjadi salah satu atraksi khas Jembrana dan masuk dalam agenda tahunan wisata di Bali.

Kamu bisa mencapai Jembrana dengan bus ALS ke terminal terdekat ke lokasi acara untuk merasakan sendiri kemeriahan acaranya. Apalagi pada sebuah pertandingan besar jumlah pesertanya bisa mencapai ratusan pasang ekor kerbau lho! Suasananya pun tidak kalah meriah dengan iringan musik khas jegog yang bertalu-talu sepanjang kerbau-kerbau berpacu menuju garis finishnya.

Pacu Jawi Rayakan Selesai Masa Panen di Sumatera Barat

Berpindah ke barat gugusan kepulauan Indonesia, kalau kamu sedang melakukan perjalanan dengan bus ALS ke Sumatera Barat jangan lupa tepatkan waktunya dengan pertandingan Pacu Jawi di Tanah Datar. Balapan sapi yang menggunakan area sawah yang sudah basah ini memang berbeda dengan karapan sapi di Madura yang menggunakan tanah berkontur datar sebagai area pacu.

Pacu Jawi memakai dua ekor sapi untuk bertanding. Uniknya, pemenang balapan tidak ditentukan dari siapa yang tercepat tetapi pasangan sapi mana yang bisa berlari lurus di trek tanah sawah yang basah. Pasangan yang berhasil melaju lurus akan mendapat nilai lebih tinggi. Balapan sapi ini juga merupakan salah satu penanda kelihaian joki memijakkan kaki di alat bajak sawah selama berlari di lintasan tanah sawah.

Siapapun bisa kok melihat keunikan Pacu Jawi di Sumatera Barat ini. Kamu cukup membeli tiket bus ALS ke Medan lalu menuju lokasi balapan dengan kendaraan umum lokal di daerah setempat. Gampang kan? (***)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,nasional,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat,tanah-datar,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

FPL Kota Padang Panjang Berbuka Bersama di Rumah Warga Kurang Mampu

FPL Kota Padang Panjang Berbuka Bersama di Rumah Warga Kurang Mampu

PADANG PANJANG - Memasuki hari ke 8 di bulan Puasa, Tim dari Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang kembali...

Jasriman Terpilih Menjadi Ketua PWI Kota Padang Panjang Masa Jabatan 2019 - 2022

Jasriman Terpilih Menjadi Ketua PWI Kota Padang Panjang Masa Jabatan 2019 - 2022

PADANG PANJANG - Konfercab PWI Kota Padang Panjang dalam rangka Pemilihan Ketua PWI tetapkan Jasriman sebagai Ketua PWI...

Jaga Kesucian Bulan Ramadhan, Satpol PP Pasaman Gencarkan Razia Pekat dan Kafe Remang-remang

Jaga Kesucian Bulan Ramadhan, Satpol PP Pasaman Gencarkan Razia Pekat dan Kafe Remang-remang

PASAMAN -- Dalam rangka menjaga kesucian bulan Ramadhan 1440 H, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)...

BPJS Kabupaten Pasaman Siap Biayai Pengobatan Caleg Stres Akibat Gagal Pemilu

BPJS Kabupaten Pasaman Siap Biayai Pengobatan Caleg Stres Akibat Gagal Pemilu

PASAMAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Pasaman, menyatakan kesiapannya dalam...

Pemkab Pessel Akan Bangun Masjid Terapung di Objek Wisata Pantai Carocok Painan

Pemkab Pessel Akan Bangun Masjid Terapung di Objek Wisata Pantai Carocok Painan

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media