Wednesday, 03 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Feature

Cat Show 2018, Dari Hobi Hasilkan Uang Jutaan Hingga Puluhan Juta Rupiah

Minggu, 01 Juli 2018 - 22:10:52 WIB - 1532
Cat Show 2018, Dari Hobi Hasilkan Uang Jutaan Hingga Puluhan Juta Rupiah
Salah seorang peserta Pariaman Cat Show 2018, Minggu (1/7).


FEATURE - Banyak cara seseorang untuk menyalurkan kegemaran, salah satunya dengan memelihara hewan peliharaan, kucing. Menurut Yeti (47) kesenangannya terhadap kucing sudah turun temurun, semua keluarganya sangat sayang dengan kucing.

"Keluarga kami dari dulunya memang sudah sayang dengan kucing, kami sering merawat kucing-kucing yang dibuang oleh orang lain atau kucing yang datang ke rumah dengan sendirinya", ungkapnya ketika mengikuti iven Pariaman Cat Show 2018 di halaman Rumah Tabuik Subarang, Minggu (1/7/2018).

Wanita yang hanya suka dengan kucing lokal ini pernah memelihara hingga 20 ekor kucing sekaligus dirumahnya. "Saya banyak memelihara kucing yang dibuang orang lain, bahkan anak kucing tanpa induknya dibuang oleh orang didekat rumah kemudian saya rawat dan besarkan. Saya sangat sedih bila melihat kucing-kucing yang dibuang oleh orang tersebut, bagaimanapun kucing juga makhluk hidup yang berhak mendapat kasih sayang," ungkapnya.

Mengenai biaya makanan dan pemeliharaan kucing peliharaannya, juara favorit kategori kucing lokal pada tahun lalu ini sudah mengalokasikan dana ratusan ribu hingga satu jutaan rupiah, tergantung banyak kucing dan penyakitnya.

"Biasanya saya beli makanan kucing 550 ribu per karung dan bisa tahan sampai satu bulan, kemudian untuk biaya cek kesehatan ke dokter sekitar 35 ribu per ekor diluar obat-obatannya. Bila ada satu kucing terserang virus maka dengan mudah menyebar, saya pernah membawa lima kucing sekaligus untuk berobat," sambungnya.

Lain halnya dengan Anton (34), pemuda yang datang dari Kota Padang ini datang membawa sepasang kucing ras Persia untuk mengikuti iven Pariaman Cat Show 2018 di Kota Pariaman. Kucingnya bernama Hiro dan Shima ini dipeliharanya untuk mengisi waktu luangnya setelah bekerja di salah satu perusahaan otomotif di Kota Padang.

Anton membeli kucing tersebut dengan harga dibawah 10 juta rupiah. Setiap minggu atau minimal sekali sebulan kucingnya akan di-grooming (perawatan kucing) seperti manusia ke salon. Untuk sekali grooming Anton harus merogoh kocek 100 ribu per ekornya. Kemudian Anton juga harus menyediakan makanan untuk kedua kucing 4kg per bulan dengan harga 270 ribu perkilonya.

Sementara Adi (27) mengaku sebagai pecinta binatang terutama kucing. Pria yang bekerja sebagai apoteker ini memiliki empat ekor kucing ras persia dan satu ekor kucing lokal. Pria yang tergabung ke dalam Indonesian Cat Association (ICA) Sumbar ini memang sering mengikuti iven kontes kucing, bahkan sampai ke Jakarta, Bandung dan kota-kota besar lainnya.

"Hobi saya memelihara kucing ini sejak empat tahun lalu, karena pada dasarnya saya memang pecinta binatang. Selain kucing saya juga memelihara ular dan iguana, namun lebih bayak memelihara kucing," ungkapnya.

Adi dan teman-teman komunitasnya berkumpul sekali sebulan untuk membahas permasalahan seputar perawatan kucing. Adi juga menjelaskan motifasinya mengikuti iven kontes kucing ini disamping menambah pengalaman dan teman juga sekaligus ajang mempromosikan organisasinya kepada pecinta kucing di daerah.

Ia juga mengatakan kalau harga kucing ras berkisar di atas satu jutaan, sedangkan kucing "pedigree" artinya adalah silsilah atau latar belakang dari kucing tersebut yang jelas sehingga ada sertifikatnya bisa mencapai di atas 10 jutaan.

"Sekarang salah satu teman kami sedang menunggu kedatangan kucing "pedigree" seharga 50 juta. Kalau sudah hobi, tidak ada harga yang mahal," ungkapnya santai. (Warman)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: feature,metro,pariaman,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gawat! Kerusuhan di AS Menggila, Jenderal Perang Terganas Ini Mendadak Muncul di Gedung Putih

Gawat! Kerusuhan di AS Menggila, Jenderal Perang Terganas Ini Mendadak Muncul di Gedung Putih

INTERNASIONAL - Sosok paling berpengaruh di militer Amerika dan terkenal paling ganas di dunia mendadak muncul di...

Pemkab Solok Selatan Sumbar Mulai Salurkan BLT dari Dana APBD Kabupaten

Pemkab Solok Selatan Sumbar Mulai Salurkan BLT dari Dana APBD Kabupaten

SOLOK SELATAN - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bekerja sama dengan Bank Nagari setempat, mulai menyalurkan Batuan...

Polres Agam Distribusikan 10 Ton Beras Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Polres Agam Distribusikan 10 Ton Beras Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

AGAM -- Dalam upaya penangulangan dampak Covid-19, Kepolisian Resor (Polres) Agam distribusikan bantuan bahan pokok...

Kabar Baik 1 Juni: Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Bertambah 2

Kabar Baik 1 Juni: Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Bertambah 2

PADANG -- Jumlah pasien sembuh Coronavirus Disease (Covid-19) di Sumatera Barat bertambah dua orang, Senin, ...

Lima Senjata Canggih Bisa Ini Bisa Selamatkan Jepang dari Serangan Nuklir Korea Utara

Lima Senjata Canggih Bisa Ini Bisa Selamatkan Jepang dari Serangan Nuklir Korea Utara

INTERNASIONAL - Sejarah mencatat bahwa Jepang adalah salah satu negara yang pernah jadi korban serangan senjata nuklir....


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu