Monday, 16 Jul 2018
Minangkabaunews
headline
Pemko Padang Panjang home berita Padang Panjang

Berbekal Silet, Dua Induak-induak ini Mencopet di Pasar Padang Panjang

Jumat, 06 Juli 2018 - 17:38:10 WIB - 11491
Berbekal Silet, Dua Induak-induak ini Mencopet di Pasar Padang Panjang
Kedua pelaku DB (55) dan LSB (40) saat diamankan di Polres Padang Panjang, Jumat (6/7/2018)


PADANG PANJANG - Jajaran Reskrim Polres Padang Panjang bersama Sat Intelkam, amankan dua wanita paruh baya pelaku copet asal solok di pasar Padang Panjang, Jumat (6/7) sekira pukul 13.09 WIB.

Dari tangan kedua tersangka polisi berhasil menyita barang bukti uang sejumlah Rp. 10.700.000 dan satu unit HP.

Belum sampai satu jam, berdasarkan laporan dari Dasmaniar (48) warga malalo Kabupaten Tanah Datar korban pencopetan di pasar Padang Panjang, jajaran Reskrim dan Sat Intelkam Polres setempat berhasil menangkap dua wanita paruh baya yang sedang menciba melakukan aksinya kepada korban lain, dimana pada saat yang bersamaan semua umat muslim sedang melakukan ibadah sholat Jumat.

Adapun kedua pelaku yang berhasil ditangkap DB (55) dan LSB (40), diketahui keduanya asal Solok, jelas Kapolres Padang Panjang AKBP. Cepi Noval melalui Kasat Reskrim AKP. Julianson, SH.

"Setelah mendapatkan laporan dan informasi dari korban pencopetan di lapangan serta hasil dari pantauan CCTV di Pasar, jajaran Reskrim dan Intelkam langsung turun ke pasar Padang Panjang untuk menindaklanjuti laporan," kata Julianson.

"Berdasarkan ciri-ciri yang disampaikan korban, akhirnya kedua pelaku berhasil ditangkap bersama barang bukti uang Rp 900 ribu dan Rp.500 ribu dan 1 unit HP. Namun dari hasil pengembangan, Polisi berhasil mengumpulkan barang bukti dari tangan pelaku Uang dengan total Rp.10.700.000 dan 1 buah Hp, dari total jumlah tersebut saat ini kita masih melakukan pengembangan dan Penyelidikan apakah masih ada korban pencopetan yang lain," jelas Kasat Reskrim AKP. Julianson yang di dampingi Kasat Intelkam AKP. Hariman Fujianto.

Julianson menambahkan, dari hasil pengembangan di lapangan selain barang bukti uang dan Hp, juga berhasil di sita satu buah pisau silet yang dipergunakan untuk melancarkan aksinya. Saat ini kedua tersangka telah diamankan di Polres Padang Panjang untuk dimintai keterangan.

Lebih lanjut Julianson mengatakan, dari perbuatan tersangka dikenakan pasal 365 ayat 1, mengenai curas dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Sementara itu DB (55) saat dimintai keterangan mengatakan, baru pertama kali melakukan aksinya di pasar Padang Panjang bersama rekannya LSB (40) ibu empat orang anak.

"Saya baru pertamakali melakukan aksi saya ini di Pasar Padang Panjang, dan saya datang ke Padang Panjang dengan menggunakan mobil minibus dari Solok. Di sini saya berperan sebagai penerima hasil copetan dari LSB sebagai tukang robek tas korban," jelas DB mengakuinya di hadapan Polisi dan awak media.

"Rencananya hasil dari mencopet ini akan kita bagi dua setelah itu akan saya pergunakan untuk biaya sekolah anak dan kebutuhan rumah tangga," jelas DB ibu delapan anak itu.

Setelah kedua tersangka berhasil di tangkap ternyata masih banyak warga lain yang melapor kehilangan Hp dan uang, diduga kedua pelaku yang tertangkap masih memiliki kawan lainnya yang masih beraksi di sekitar pasar Padang Panjang.

Hingga berita ini diturunkan jajaran Satreskrim dan Sat Intelkam Polres Padang Panjang masih melakukan pencarian dan Pengembangan pelaku lainnya. (Putra/AMOI)

Editor/Sumber: Romeo/AMOI/Pasbana
Tag: daerah,hukum,kriminal,metro,padang-panjang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pro Kontra 51 Persen Saham Freeport, Berapa Potensi Pendapatan Indonesia?

Pro Kontra 51 Persen Saham Freeport, Berapa Potensi Pendapatan Indonesia?

POLITIK - Salah satu dampak positif dari divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) 51 persen adalah bertambahnya...

KPU Sumbar Tegaskan Mantan Terpidana Korupsi Dianggap Tidak Penuhi Syarat Nyaleg

KPU Sumbar Tegaskan Mantan Terpidana Korupsi Dianggap Tidak Penuhi Syarat Nyaleg

PADANG - Komisioner KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani mengungkapkan bahwa sikap KPU Sumbar terkait dengan persyaratan Bukan...

Pasca Lebaran 1439 H, Pemko dan Kodim 0308 Giatkan Kembali Gerakan Shubuh Berjamaah

Pasca Lebaran 1439 H, Pemko dan Kodim 0308 Giatkan Kembali Gerakan Shubuh Berjamaah

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman bersama Kodim 0308 Pariaman menggerakkan kembali kegiatan keagamaan Subuh Berjamaah...

Gelaran Halal Bi Halal, Ny.Genius: Mari Rajut Persaudaraan Sesudah Pilkada

Gelaran Halal Bi Halal, Ny.Genius: Mari Rajut Persaudaraan Sesudah Pilkada

PARIAMAN - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Pariaman menggelar kegiatan Halal Bi Halal bersama Organisasi wanita...

Ketum Perbasi Danny Kosasi Turun ke Sumbar Cari Atlit Potensial Bola Basket

Ketum Perbasi Danny Kosasi Turun ke Sumbar Cari Atlit Potensial Bola Basket

PADANG - Pekan Olahrga Permaianan Daerah (Pormenda) resmi dihelat di GOR HTT, Padang pada 11-16 Juli 2018. Acara juga...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media