Friday, 19 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Dukung Pengembangan Pariwisata, 50 Pengelolah Homestay di Sumbar Dilatih

Rabu, 11 Juli 2018 - 15:27:10 WIB - 827
Dukung Pengembangan Pariwisata, 50 Pengelolah Homestay di Sumbar Dilatih
Narasumber workshop peningkatan kapasitas pelaku usaha Homestay, Rabu (10/7)


PADANG - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera diwakili Kabid Destinasi Donni Hendra membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kapasitas pelaku Usaha pariwisata bagi 50 Pengelola Homestay Tahun 2018 se-Sumbar Di Hotel Daima Padang, Sumatera Barat Rabu, (11/7/2018). Dengan tema Melalui workshop peningkatan kapasitas pelaku usaha pariwisata kita tingkatkan pelayanan serta kualitas dalam mendorong kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat.

Dalam sambutan Kadis Pariwisata yang dibacakan Doni Hendra,
Ia menyampaikan strategi pengembangan destinasi pariwisata Sumbar mencakup pembenahan infrastruktur penunjang, peningkatan SDM, dan pembenahan aksesibilitas menuju destinasi pariwisata, serta pengembangan destinasi pariwisata yang berkelanjutan.

"Saya harapkan, pengelolah homestay juga dapat memberikan penyadaran pariwisata agar tidak ada pungli dan pemalakan di lokasi homestay dan obyek wisata," tegasnya.

Di akhir sambutannya Doni mengajak seluruh peserta pelatihan ke depannya dapat berperan menjadi agent-agent pariwisata yang dapat memberikan informasi terhadap kekayaan destinasi pariwisata Provinsi Sumbar.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Sumbar Doni Hendra juga mengungkapkan dengan pelatihan ini para pelaku usaha di tempat wisata bisa dengan gamblang mengetahui sebenarnya apa itu homestay, meskipun sebagian masyarakat sudah tahu. "Dari Dinas Pariwisata inilah warga di destinasi wisata secara detail contoh bagaimana pengelolaan homestay," katanya.

Tentu harapannya, kata dia, dengan pelatihan ini masyarakat di destinasi wisata bisa berperan aktif menyiapkan homestay yang lebih nyaman ditempati wisatawan. "Dan setiap homestay yang ada terdaftar ke Dispar, sehingga nantinya memudahkan promosi ke wisatawan, sehingga jika kamar hotel penuh karena ada even wisata maka wisatawan bisa menggunakan homestay," pungkasnya.

Dalam pelatihan tersebut Dinpar langsung mendatangkan pakar pariwisata dari Staipik Jakarta, Ananta Budi yang seorang akademisi. Dalam materi yang disampaikan, kata Ananta, banyak aspek yang mengedepankan sapta pesona pariwisata Indonesia. "Yang jelas homestay yang baik memperhatikan aspek-aspek pengelolaan homestay seperti aspek produk, aspek pelayanan dan aspek pengelolaan itu sendiri," katanya.

Aspek produk misalkan terkait fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang tamu serta sarana fasilitas pendukung lainnya. Termasuk soal listrik, pasokan air, dan sarana komunikasi,. Sedangkan pada aspek pelayanan bagaimana penerimaan tamu, penataan kamar dan ruangan, pelayanan makanan dan minuman, serta layanan tuan rumah. Kemudian aspek pengelolaan meliputi rumah tinggal, fisik bangunan dan SDM itu sendiri. (RI)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bebas Memilih dengan Nurani

Bebas Memilih dengan Nurani

Oleh: Hardisman, MD, PhD Tinggal tiga hari lagi kita akan melaksanakan pemilihan umum serentak tahun 2019 ini. Kita...

Ibuk Mufida JK Kagumi Muslim Penenun Sarung Bugis dan Mengajak Kaula Muda Untuk Melestarikan Tenun

Ibuk Mufida JK Kagumi Muslim Penenun Sarung Bugis dan Mengajak Kaula Muda Untuk Melestarikan Tenun

TANAH DATAR - Hari yang membahagiakan bagi Bapak Muslim (85 tahun), pasalnya saat Ia sedang asyik menenun kain sarung...

PW Muhammadiyah DKI Jakarta Beri Sinyal Dukung Capres Prabowo-Sandi

PW Muhammadiyah DKI Jakarta Beri Sinyal Dukung Capres Prabowo-Sandi

JAKARTA -- Unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta tampak antusias berfose dua jari di ruang rapat PW...

Sekda Pasaman: Kepala OPD Harus Punya Cara Pandang Positif Tentang Isu Gender

Sekda Pasaman: Kepala OPD Harus Punya Cara Pandang Positif Tentang Isu Gender

...

Tarliasman Tutup Usia, Muhammadiyah Sumbar Kehilangan Mujahid Dakwah

Tarliasman Tutup Usia, Muhammadiyah Sumbar Kehilangan Mujahid Dakwah

PADANG - Kabar duka datang dari Tokoh Muda Muhammadiyah Tarliasman, meninggal dunia di UGD Rumah Sakit Stroke...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media