Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Gelar Bimtek Darwis, Kadispar Sumbar: Peran Masyarakat Jadi Tuan Rumah yang Baik di Obyek Wisata

Senin, 16 Juli 2018 - 11:00:28 WIB - 736
Gelar Bimtek Darwis, Kadispar Sumbar: Peran Masyarakat Jadi Tuan Rumah yang Baik di Obyek Wisata
Bimbingan Tekhnis peningkatan sadar wisata bagi 50 Pokdarwis Pessel di Hotel Fave Padang, Senin (16/7).


PADANG - Dinas Pariwisata Sumbar menggelar Bimbingan Tekhnis peningkatan dan pengembangan garakan sadar wisata bagi 50 Pokdarwis Pessel di Hotel Fave Padang, Senin (16/7/2018). Hadir juga Tim percepatan pengembangan kuliner Kemenpar RI, Ismayanti. Dengan tema Melalui bimtek gerakan sadar wisata kita

Peranan Kelompok Sadar Wisata merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang memiliki peranan dan kontribusi penting dalam pengembangan pariwisata, karena itu keberadaannya harus selalu dibina dan didukung terus sehingga bisa lebih berperan, efektif dalam mengerakan partisipasi masyarkaat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi pertumbuhan kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Sumbar, Doni Hendra mengatakan "Pokdarwis yang sudah ada harus bisa menyatu dengan masyarakat karena nantinya merekalah yang akan membantu pengembangan pariwisata, " kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar diwakili Kabid Destinasi, di Hotel Fave Padang, Senin (16/7/2018)

"Masyarakat jadi tuan rumah didaerah obyek wisatanya, sehingga mereka menjadi agent promosi di obyek wisata setempat," tegasnya.

Doni mengatakan para peserta pelatihan merupakan warga yang berdomisili di sekitar objek wisata dan mereka yang sudah membentuk kelompok sadar wisata.

"Maju mundurnya pariwisata Sumbar sangat tergantung pada pemerintah, swasta dan masyarakat. Oleh sebab itu Pokdarwis harus bisa memberdayakan masyarakat disekitar destinasi wisata. Mereka memberikan penjelasan bahwa dengan pariwisata ini akan berdampak pada majunya perekonomian," tegasnya.

Doni menambahkan bahwa keberadaan Pokdarwis penting dalam memajukan sektor pariwisata di mana masyarakat berperan menciptakan gerakan sadar wisata dan kondisi yang kondusif menyambut wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat.

Masyarakat lanjut Doni merupakan ujung tombak kemajuan sektor pariwisata melalui program pemerintah dalam menyediakan infrastruktur perlu dukungan partisipasi masyarakat yang kuat.

"Kami memperkuat masyarakat yang bergabung dalam Pokdarwis ini untuk meningkatkan kapasitas dan kemandirian, untuk memajukan pariwisata berbasis agama dan budaya di Sumbar," ucapnya.

Doni mengharapkan para peserta pelatihan dapat mengajak masyarakat sekitar untuk menanamkan kesadaran tentang arti penting parwisata dan bersama-sama memajukan pariwisata daerah sehingga akan tercipta sapta pesona wisata, pungkas Doni.

Dikatakannya, masyarakat adalah salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama sama dengan pemerintah dan kalangan usaha atau swata bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan.

"Pentingnya peran serta masyarakat dalam pengembangan sadar wisata agar pengunjung nyaman berkunjung di obyek wisata yang merupakan implementasi tujuh unsur Sapta Pesona," tuturnya.

Tambahnya, kegiatan pemberdayaan destinasi memainkan peran penting guna mewujudkan masyarakat destinasi pariwisata yang sadar wisata. "Dengan sadar wisata akan tercipta kondisi yang kondusif bagi wisatawan untuk berwisata. Diharapkan juga dengan sektor pariwisata ini dapat menunjang kesejateraan masyarakat disekitar destinasi pariwisata," pungkasnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Bantu Warga Musibah Kebakaran

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Bantu Warga Musibah Kebakaran

BENGKALIS -- Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam bersama asistennya H Sutan Marajo dan pemuka masyarakat...

GP Ansor Nilai Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan dari Jaringan JAD ISIS

GP Ansor Nilai Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan dari Jaringan JAD ISIS

NASIONAL - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor mengutuk aksi bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan,...

Mendulang Pahala Dengan Sebar Konten Positif Demi Wujudkan Indonesia Maju

Mendulang Pahala Dengan Sebar Konten Positif Demi Wujudkan Indonesia Maju

Oleh : Amalia Hasti Dunia maya kita sedang dilanda penyakit hati. Sampah informasi bertebaran secara masif tanpa...

Kejari Bukittinggi Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Kosmetik Ilegal

Kejari Bukittinggi Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Kosmetik Ilegal

BUKITTINGGI -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi musnahkan barang bukti narkotika, kosmetik tanpa izin edar,...

Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat, Polres Pessel Tertibkan Tambang Batu Ilegal

Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat, Polres Pessel Tertibkan Tambang Batu Ilegal

PESISIR SELATAN -- Kepolisian Resor Pesisir Selatan menertibkan penambang batu atau galian C di Kenagarian Lakitan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media