Monday, 20 Aug 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Feature

Senyum Dibalik Bencana, Lelaki Tua dengan Keringat Mengucur Deras Manfaatkan Sisa Banjir

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 21:22:39 WIB - 646
Senyum Dibalik Bencana, Lelaki Tua dengan Keringat Mengucur Deras Manfaatkan Sisa Banjir
Pak tua ubah bencana jadi rahmat


FEATURE -- Hangatnya Mentari Pagi sambut cerahnya akhir pekan pada Sabtu, 11 Agustus 2018 di kota kecil Lubuk Sikaping, cuaca seperti ini sangat cocok untuk pergi liburan lepas penat dan bertamasya ke tempat wisata seperti Puncak tonang dan beberapa wahana indah lainnya. Namun, dibeberapa sudut kota seperti ditepi jalan dekat Jembatan Kampung Lintang bentaran sungai paninggalan masih tersisa material tumpukan kayu dan pasir, hal ini disebabkan oleh Bencana Banjir Bandang meluapnya sungai Paninggalan dan Sungai Batang Pakau pada Sabtu sore tanggal 4 Agustus 2018 yang lalu.

Hentakan Kampak seorang lelaki tua terlihat serius menghantam bungkahan kayu kayu yang terdampar dipinggiran sungai Paninggalan, peluhnya nan bercucuran seolah membaur dengan gemercik air sungai yang mengalir jernih. Siapa nyana jika ternyata bencana Banjir Bandang yang terjadi di Lubuk Sikaping justru di satu sisi membawa berkah tersendiri bagi Sarman (73) sebagai salah seorang warga sekitaran sungai Paninggalan di Kampung Lintang, Lubuk Sikaping.

Usianya sama persis dengan dirgahayu Republik Indonesia tercinta ini, semestinya beliau sudah cukup mencari rezeki untuk penghidupan dan beristirahat dirumah untuk menikmati hari tua dengan rasa gembira bersama anak dan cucunya. Akan tetapi deraan ekonomi yang menghimpit membuat Beliau tetap bersemangat walau nafasnya terkadang terengah engah.

Biasanya sungai ini dikeruk dalam jangka waktu yang dekat oleh pihak terkait agar musibah bencana air sungai meluap ini dapat diredam," ungkap Sarman sambil mulutnya mengucah pinang muda saat dihampiri oleh MinangkabauNews, Sabtu pagi (11/08/2018).

Tambahnya lagi, Kayu yang dipotong potong kecil ini dapat dijadikan untuk bahan bakar memasak sehari-hari dirumah dan juga bisa dijual dengan satu ikatnya seharga sepuluh ribu rupiah," ujar Sarman.

Sebahagian besar warga masih trauma, beberapa waktu belakangan ini Kabupaten Pasaman dilanda musibah, selain banjir bandang dilubuksikaping ini, kampung Lundar dan kampung Landak Nagari timur Kecamatan Panti juga dilanda angin puting beliung serta banjir bandang yang menerjang perkampungan warga. Namun dibalik bencana alam serta musibah banjir bandang yang diduga kuat sebagai akibatkan dari ulah sebagian oknum yang tidak bertangung jawab membuka lahan kebun dengan membabat hutan di sekitarnya justru membawa rejeki bagi Sarman.

Apapun bentuk musibah atau bencana yang melanda, pada hakikatnya memiliki peran besar dalam mendidik jiwa. Jiwa perlu dilatih untuk memiliki keteguhan hati, keteguhan sikap, terlatih dan senantiasa waspada terhadap sekitar.
Musibah merupakan proses sebab akibat dari tindakan seseorang. Musibah juga merupakan peringatan dari Allah SWT sebagai ujian keimanan dan musibah tidak selamanya tanda kemurkaan Allah SWT.

Saat musibah datang, manusia akan menyadari bahwa tidak ada Perlindungan diri kecuali kepada Allah SWT saja, ketika tidak ada tempat bergantung selain kepada-Nya, tidak ada pertolongan kecuali dari pada-Nya. Allah SWT berfirman: "Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah dan barang siapa yang beriman kepada Allah, nescaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya".(Surah At-Taghabun: 11). (M. AFRIZAL)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wakil Bupati Pasaman Jadi Nara Sumber Acara PKMB di Politeknik Negeri Padang

Wakil Bupati Pasaman Jadi Nara Sumber Acara PKMB di Politeknik Negeri Padang

PASAMAN - Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menjadi nara sumber dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru...

BKPSDM Akui Padang Krisis ASN, Sementara Rekruitmen CPNS Belum Pasti

BKPSDM Akui Padang Krisis ASN, Sementara Rekruitmen CPNS Belum Pasti

PADANG -- Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat saat ini kekurangan sekitar 650 aparatur sipil negara untuk...

Jelang Idul Adha, Dinas DTPHP Pasbar Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

Jelang Idul Adha, Dinas DTPHP Pasbar Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

PASAMAN BARAT - Untuk Memastikan kesehatan hewan Qurban, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten...

Jelang Tes Kesehatan Capres dan Cawapres, Ini yang Dilakukan Prabowo-Sandiaga

Jelang Tes Kesehatan Capres dan Cawapres, Ini yang Dilakukan Prabowo-Sandiaga

POLITIK - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan maju pada Pilpres 2019 sudah...

419 Napi Lapas Muaro Padang Peroleh Remisi Kemerdekaan, Dua Langsung Bebas

419 Napi Lapas Muaro Padang Peroleh Remisi Kemerdekaan, Dua Langsung Bebas

PADANG -- Sebanyak 419 narapidana di Kota Padang mendapat potongan masa tahanan atau remisi Hari Ulang Tahun (HUT)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media