Monday, 10 Dec 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Dinpar Sumbar: Tidak Hanya Enak, Harga Transparan dan Hyhenis Tapi Juga Menunya Variatif

Senin, 13 Agustus 2018 - 11:27:22 WIB - 501
Dinpar Sumbar: Tidak Hanya Enak, Harga Transparan dan Hyhenis Tapi Juga Menunya Variatif
Pelatihan pengelolaan usaha kuliner 2018


PADANG - Dinas Pariwisata Sumatera Barat menggelar pelatihan pengelolaan usaha kuliner tahun 2018 di Hotel Amaris Padang, Senin, (13/8/2018). Dengan tema "Melalui workshop peningkatan kapasitas pelaku usaha pariwisata kita tingkatkan pelayanan serta kualitas dalam mendorong kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat".

Pelatihan ini diikuti kurang lebih 100 peserta yang berasal dari usaha kuliner. Sementara materi yang diberikan meliputi tata kelola manajemen dan SDM kuliner, pengelolaan keuangan bisnis kuliner, motivasi dan pemahaman hygienitas usaha kuliner, maupun praktek pengelolaan makanan.

Kadis Pariwisata Sumbar diwakili Kabid Destinasi, Doni Hendra mengatakan Kesuksesan usaha kuliner sangat tergantung pada makanan yang enak, bersih dan harga yang transparan. Selain itu usaha kuliner rumah makan mengedepankan ciri khas dan memperkenalkan kearifan lokal daerah masing-masing.

Doni Hendra mengatakan Potensi usaha kuliner di Indonesia belakangan ini kian menjanjikan, orang yang datang ke Sumbar tidak hanya karena destinasi tetapi karena ciri khas kulinernya.

Beberapa kuliner Indonesia juga sudah dikenal dunia di antaranya rendang. CNN Travel dunia pada tahun 2017 merilis 50 makanan terlezat di dunia, rendang yang merupakan makanan khas Indonesia menempati posisi pertama dan nasi goreng di posisi kedua. Penetapan posisi ini merupakan hasil pooling facebook yang divote 35 ribu suara dari seluruh dunia.

"Kami harapkan peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Mengapa ini penting karena pelaku-pelaku kecil seperti kuliner kadang-kadang berusaha bisa, tapi manage itu yang belum profesional," ujar Doni.

Doni menjelaskan pelatihan klinik bisnis pelaku usaha kuliner ini bertujuan meningkatkan sinergi instansi pemerintah dalam memberdayakan usaha mikro kecil. Tujuan lain agar bagaimana pelatihan ini mampu mengedukasi, meningkatkan wawasan, dan praktek usaha sehingga tujuan usaha bisa tercapai.

Tambahnya, selain persoalan keenakan makanan juga hygenitas toiletnya. "Jika tidak bersihnya toilet dan kurang capabel pelaku usaha kuliner berarti pariwisata telah gagal," tandas Doni.

"Ini akan berlangsung selama dua hari. Saya berharap bagaimana kita bisa dapat outpout dari unit usaha kita sendiri, dan juga tour ke rumah rendang," tutur Doni.

Ia menambahkan adanya jaminan kualitas makanan tidak hanya hygenis tetapi juga sehat dan menyehatkan serta jaminan halal.

Di tengah melejitnya kuliner Indonesia ke pasar dunia, Narasumber akademisi pariwisata, Tatang menekankan agar pelaku usaha kuliner memperbaiki tata kelola kegiatan usahanya secara profesional, baik dari sisi manajemen keuangan, kemasan hingga sumber daya manusia. Tatang berharap melalui pelatihan semacam inilah pelaku usaha bisa menjawab tantangan tersebut.

Banyaknya kunjungan ke Sumbar dan penambahan rute penerbangan dalam dan ke luar Sumbar, Kapasitas pelaku usaha kuliner harus digiatkan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Sumatera Barat memiliki potensi yang luar biasa seperti Tanah Datar dengan istano Pagaruyung dan Mentawai menjadi sorga surfing wisatawan ini potensi perlu terus dikelolah dengan optimal," tutup Narasumber kedua Tito Loho. (RI)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Istri Rektor Universitas Ekasakti Padang Bertarung di Subang Jawa Barat, Ini Sepak Terjang Teh Neng

Istri Rektor Universitas Ekasakti Padang Bertarung di Subang Jawa Barat, Ini Sepak Terjang Teh Neng

TOKOH -- Sunengsih,ST panggilan akrabnya Teh Neng Lahir di Pilang Sari Desa Pamanukan Udik, kini Desa Pamanukan...

Pokdarwis Jadi ujung Tombak Pariwisata Di Pasbar

Pokdarwis Jadi ujung Tombak Pariwisata Di Pasbar

PASAMAN BARAT - Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) merupakan ujung tombak dari pariwisata karena dapat meningkatkan...

Emak-emak Komplek Jadi Sasaran KPU Pasaman

Emak-emak Komplek Jadi Sasaran KPU Pasaman

PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman gelar Sosialisasi Pendidikan dan Penyadaran Pemilih dalam rangka...

Ini Sikap KPAI Terhadap Pelibatan Anak pada Reuni Akbar 212

Ini Sikap KPAI Terhadap Pelibatan Anak pada Reuni Akbar 212

JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyoroti reuni akbar 212 di Jakarta, Ahad (2/12/2018) besok pagi....

Etalase Pahala Di Lubuk Sikaping, Sediakan Makanan Dan Minuman Gratis

Etalase Pahala Di Lubuk Sikaping, Sediakan Makanan Dan Minuman Gratis

PASAMAN - Sebuah etalase sederhana, berada di tepi jalan pusat Kota Lubuk Sikaping yang bersahaja. Etalase itu seolah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media