Friday, 26 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Dinpar Sumbar: Tidak Hanya Enak, Harga Transparan dan Hyhenis Tapi Juga Menunya Variatif

Senin, 13 Agustus 2018 - 11:27:22 WIB - 685
Dinpar Sumbar: Tidak Hanya Enak, Harga Transparan dan Hyhenis Tapi Juga Menunya Variatif
Pelatihan pengelolaan usaha kuliner 2018


PADANG - Dinas Pariwisata Sumatera Barat menggelar pelatihan pengelolaan usaha kuliner tahun 2018 di Hotel Amaris Padang, Senin, (13/8/2018). Dengan tema "Melalui workshop peningkatan kapasitas pelaku usaha pariwisata kita tingkatkan pelayanan serta kualitas dalam mendorong kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat".

Pelatihan ini diikuti kurang lebih 100 peserta yang berasal dari usaha kuliner. Sementara materi yang diberikan meliputi tata kelola manajemen dan SDM kuliner, pengelolaan keuangan bisnis kuliner, motivasi dan pemahaman hygienitas usaha kuliner, maupun praktek pengelolaan makanan.

Kadis Pariwisata Sumbar diwakili Kabid Destinasi, Doni Hendra mengatakan Kesuksesan usaha kuliner sangat tergantung pada makanan yang enak, bersih dan harga yang transparan. Selain itu usaha kuliner rumah makan mengedepankan ciri khas dan memperkenalkan kearifan lokal daerah masing-masing.

Doni Hendra mengatakan Potensi usaha kuliner di Indonesia belakangan ini kian menjanjikan, orang yang datang ke Sumbar tidak hanya karena destinasi tetapi karena ciri khas kulinernya.

Beberapa kuliner Indonesia juga sudah dikenal dunia di antaranya rendang. CNN Travel dunia pada tahun 2017 merilis 50 makanan terlezat di dunia, rendang yang merupakan makanan khas Indonesia menempati posisi pertama dan nasi goreng di posisi kedua. Penetapan posisi ini merupakan hasil pooling facebook yang divote 35 ribu suara dari seluruh dunia.

"Kami harapkan peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik. Mengapa ini penting karena pelaku-pelaku kecil seperti kuliner kadang-kadang berusaha bisa, tapi manage itu yang belum profesional," ujar Doni.

Doni menjelaskan pelatihan klinik bisnis pelaku usaha kuliner ini bertujuan meningkatkan sinergi instansi pemerintah dalam memberdayakan usaha mikro kecil. Tujuan lain agar bagaimana pelatihan ini mampu mengedukasi, meningkatkan wawasan, dan praktek usaha sehingga tujuan usaha bisa tercapai.

Tambahnya, selain persoalan keenakan makanan juga hygenitas toiletnya. "Jika tidak bersihnya toilet dan kurang capabel pelaku usaha kuliner berarti pariwisata telah gagal," tandas Doni.

"Ini akan berlangsung selama dua hari. Saya berharap bagaimana kita bisa dapat outpout dari unit usaha kita sendiri, dan juga tour ke rumah rendang," tutur Doni.

Ia menambahkan adanya jaminan kualitas makanan tidak hanya hygenis tetapi juga sehat dan menyehatkan serta jaminan halal.

Di tengah melejitnya kuliner Indonesia ke pasar dunia, Narasumber akademisi pariwisata, Tatang menekankan agar pelaku usaha kuliner memperbaiki tata kelola kegiatan usahanya secara profesional, baik dari sisi manajemen keuangan, kemasan hingga sumber daya manusia. Tatang berharap melalui pelatihan semacam inilah pelaku usaha bisa menjawab tantangan tersebut.

Banyaknya kunjungan ke Sumbar dan penambahan rute penerbangan dalam dan ke luar Sumbar, Kapasitas pelaku usaha kuliner harus digiatkan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Sumatera Barat memiliki potensi yang luar biasa seperti Tanah Datar dengan istano Pagaruyung dan Mentawai menjadi sorga surfing wisatawan ini potensi perlu terus dikelolah dengan optimal," tutup Narasumber kedua Tito Loho. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Urai Sampah Organik, Warga Pariaman Manfaatkan Belatung

Urai Sampah Organik, Warga Pariaman Manfaatkan Belatung

PARIAMAN - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Jawi-Jawi II, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman...

Polres Mentawai Bekerja Sama Dengan RSUD Untuk Periksa Kesehatan Petugas PPK

Polres Mentawai Bekerja Sama Dengan RSUD Untuk Periksa Kesehatan Petugas PPK

MENTAWAI - Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), lakukan pengecekan...

14.487 Surat Suara Rusak di Pariaman dan Padang Pariaman Dimusnahkan

14.487 Surat Suara Rusak di Pariaman dan Padang Pariaman Dimusnahkan

PARIAMAN - Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman musnahkan 5.637 surat suara rusak dengan cara dibakar pada...

Piaman Balari Basamo, 250 Orang Lintasi BIM

Piaman Balari Basamo, 250 Orang Lintasi BIM

PADANG PARIAMAN - Iven Piaman Balari Basamo yang digagas Komunitas Pariaman Berlari, berlangsung sukses dan meriah....

Seorang Warga di Tanah Datar Tidak Dibolehkan Memilih Oleh KPPS, Ini Alasannya

Seorang Warga di Tanah Datar Tidak Dibolehkan Memilih Oleh KPPS, Ini Alasannya

TANAH DATAR - Dari media sosial telah banyak beredar bahwa masyarakat bisa menggunakan hak pilih nya dengan hanya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media