Tuesday, 22 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Dinpar Sumbar Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Homestay

Jumat, 17 Agustus 2018 - 09:50:52 WIB - 357
Dinpar Sumbar Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Homestay
Foto bersama setelah penyematan tanda peserta bimtek peningkatan kapasitas pengelola homestay


BUKITTINGGI -- Pariwisata mempunyai multiplier effect yang memberikan pengaruh yang kuat pada lingkungan sekitarnya dengan menjaga kearifan lokal agar memiliki nilai bagi kesejahteraan masyarakat, pelayanan yang prima didasari sapta pesona sangat dibutuhkan setiap usaha pariwisata terutama bagi pengelola homestay.

Untuk itu dinas pariwisata provinsi Sumatera Barat mengadakan bimbingan teknis guna peningkatan kapasitas pengelolaan homestay, di hotel Pusako Kota Bukittinggi, Kamis, (16/8/2018). Diikuti sebanyak 50 orang pengelola homestay dari 13 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, diantaranya dari Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi dan daerah lainnya. Kegiatan ini dibuka langsung Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kota Bukittinggi, Linda Feroza.

Plh. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Drs. Didit P. Santoso,MM melalui Kasi Pengembangan Kerjasama dan Usaha Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Megarina,SE mengatakan, tujuan diadakan acara ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari SDM pariwisata khusus bidang pengelolaan homestay agar lebih mengerti dan mengetahui tentang kepariwisataan.

Peserta bimtek ini, lanjut Megarina, adalah pengelola homestay yang baru tumbuh, agar dapat mengerti bagaimana cara pelayanan yang benar dan prima kepada pengunjung. Pelayanan sesuai dengan kearifan lokal dan budaya yang ada di objek-objek wisata di daerah setempat dan tidak mengurangi arti dari falsafah Minangkabau "Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah," ucap Megarina.

Diharapkannya, peserta pengelola homestay yang mengikuti bimtek ini, agar nantinya dapat mandiri dan dapat mengembangkan usahanya sesuai dengan kearifan lokal serta sesuai budaya yang ada di Sumatera Barat, sehingga nanti bisa dijual berupa paket wisata keluar Sumatera Barat, harap Megarina.

Sementara itu kepala dinas pariwisata pemuda olahraga Kota Bukittinggi, Erwin Umar melalui Sekretaris disparpora, Linda Feroza menjelaskan, disebabkan kekurangan hotel, maka di Kota Bukittinggi memang sangat dibutuhkan homestay, jadi homestay-homestay yang ada ini harus kita tingkatkan. Mengingat homestay ini adalah rumah pribadi yang disewakan, di Kota Bukittinggi sendiri homestay yang terdaftar sebanyak 24 homestay.

Kunjungan wisatawan ke Kota Bukittinggi semakin meningkat, jadi dengan banyak tumbuh homestay bisa menampung pengunjung wisatawan ke Kota ini. Pengelola Homestay sendiri harus dapat melakukan pelayanan prima terhadap pengunjung, sehingga nantinya tingkat kunjungan ke homestay tersebut akan bertambah.

"Dan juga harus dijaga rasa aman dan nyaman kepada pengunjung yang nantinya akan menimbulkan kesan yang baik bagi pengelola homestay itu sendiri dan juga Kota Bukittinggi, disamping itu juga akan menambah penghasilan pendapatan perekonomian masyarakat sekitar homestay itu, seperti penjualan handicraft, kerajinan dan juga makanan," pungkas Linda Feroza. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

MDMC Kembali Turunkan Tim Relawan Bantu Recovery Pengungsi Tsunami Selat Sunda

MDMC Kembali Turunkan Tim Relawan Bantu Recovery Pengungsi Tsunami Selat Sunda

LAMPUNG -- MDMC-Lazismu Sumbar turut membantu penanganan pasca-bencana tsunami Selat Sunda yang melanda sejumlah...

Memasuki Tahun 2019, Alumni SMAN 10 Jakarta Angkatan 85 Gelar Khitanan Massal

Memasuki Tahun 2019, Alumni SMAN 10 Jakarta Angkatan 85 Gelar Khitanan Massal

JAKARTA - Membuka lembaran awal tahun 2019, alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Jakarta Pusat angkatan tahun...

Kanstin Jalan di Padang Nyaris Makan Korban, Masyarakat Minta Perhatian Dishub

Kanstin Jalan di Padang Nyaris Makan Korban, Masyarakat Minta Perhatian Dishub

PADANG - Peningkatan volume kendaraan kian hari kian bertambah secara signifikan, hal ini cukup terasa di ruas jalan...

Objek Wisata Puncak Gaduang Agam, Sukses Mencuri Perhatian Masyarakat

Objek Wisata Puncak Gaduang Agam, Sukses Mencuri Perhatian Masyarakat

AGAM - Objek wisata puncak gaduang Agam telah sukses mencuri perhatian masyarakat sehingga membuat viral di media...

Atos Pratama : Kemenag Pasaman Harus Wujudkan Supremasi Nilai Ketuhanan

Atos Pratama : Kemenag Pasaman Harus Wujudkan Supremasi Nilai Ketuhanan

PASAMAN - Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, mengajak segenap jajaran Kementerian Agama Kabupaten Pasaman untuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media