Sunday, 24 Feb 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Gempa 6,9 SR Minggu Malam Guncang Lombok, Begini Prediksi Sebaran Kerusakan Menurut BMKG

Senin, 20 Agustus 2018 - 06:25:43 WIB - 506
Gempa 6,9 SR Minggu Malam Guncang Lombok, Begini Prediksi Sebaran Kerusakan Menurut BMKG
Titik gempa Lombok (Foto: BMKG)


NASIONAL - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebaran kerusakan pasca gempa 6,9 yang mengguncang Lombok Timur dan sekitarnya, Ahad (19/8) malam. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, zona yang terdampak guncangan paling parah ditandai dengan warna kuning berada di utara, timur laut dan tenggara wilayah Lombok serta Sumbawa bagian barat laut dan barat.

"Sehingga diperkirakan guncangan terkuat disana dan kerusakan diperkirakan akan terjadi disana, demikian juga di Pulau Sumbawa terlihat warna kuning tersentralkan dan terklaster Sumbawa bagian barat laut dan barat dan disitulah segera yang harus dilakukan pertolongan," ujar Dwikorita dalam keterangan persnya di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (20/8) dini hari dikutip dari laman Republika.co.id.

Menurutnya, daerah zona kuning itu, skala intensitas guncangan mencapai 6 hingga 7 MMI sehingga potensi kerusakan terjadi di daerah tersebut. Menurutnya, bangunan standar dapat mengalami kerusakan, sedangkan bangunan yang tidak standar dan telah terkena gempa sebelumnya akan mengalami kerusakan sedang hingga berat.

"Disitulah segera yang harus dilakukan pertolongan selanjutnya di zona yang berwarna kuning dengan intersitas skala 6-7 mmi," katanya.

Sementara untuk Lombok Barat, Mataram, Praya masuk kategori intensitas skala 5-6 MMI yang tingkat kerusakannya ringan. Begitu juga daerah yang ditandai dengan zona kuning muda hingga hijau yang skalnya 3-4 MMI

"Daerah itu semua merasakan guncangan tapi belum terjadi kerusakan ta Tpi dalam kondisi bangunan terguncang beberapa kali oleh gempa sebelumnya bisa timbukan kerusakan," katanya.

BMKG menyebut gempa yang berpusat di 30 km timut Laut Lombok Timur kedalaman 18 Km ini merupakan jenis gempa baru dan bukan susulan dari gempa sebelumnya. Gempa tersebut juga berbeda dari gempa sebelumnya yang berkekuatan magnitudo 7 pada 5 Agustus lalu.

"Dengan memperhatikan lokasi epicenter gempa bumi magnitido 6,9 yg teletak di ujung timur Pulau Lombok dan diikuti sebaran epicenter gempa susulannya yang membentuk klaster epicenter, dengan sebaran ke arah timur hingga di sebelah utara Sumbara Barat, maka dapat disimpulkan bahwa gempa yang terjadi merupakan aktivitas gempa baru, yang berbeda dengan gempa magnitudo 5 Agustus 2018 lalu," ujarnya.

Dwikorita mengatakan hal itu karena gempa magnitude 6,9 memiiki bidang deformasi batuan berbeda. Meskipun seluruh aktivitas gempa yang terjadi berkaitan geologi patahan naik Folres, tetapi antara gempa magnitudo 7 pada 5 agustus lalu dengan gempa 6,9 yang malam ini terjadi memiiki bidang deformasi batuan berbeda.

Ia mengatakan hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan gempa magnitudo 6,9 Lombok bukanlan gempa susulan dari gempa 5 Agustus lalu.

"Bidang deformasi atau bidang ribekan batuan yang berbeda, hasil analisist mekanisme sumber gempa menunjukkan gempa ini dipicu atau dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik atau patahan naik," ujar Dwikorita. (rep)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Republika.co.id
Tag: gempa,indonesia,metro,nasional,peristiwa

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sijago Merah Mengamuk di Agam, Seorang Nenek Tewas Terbakar

Sijago Merah Mengamuk di Agam, Seorang Nenek Tewas Terbakar

AGAM -- Telah terjadi kebakaran sebuah rumah milik warga Kampuang Pauh, Jorong Pauh Taruko Nagari Koto Malintang,...

Dugaan Pelanggaran Kampenye, Bawaslu Panggil Wakil Bupati Padang Pariaman

Dugaan Pelanggaran Kampenye, Bawaslu Panggil Wakil Bupati Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN - Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Padang Pariaman lakukan pemanggilan terhadap Wakil Bupati...

Anies Bawesdan Kagumi Keramahan dan Keindahan Alam Minangkabau

Anies Bawesdan Kagumi Keramahan dan Keindahan Alam Minangkabau

PADANG -- Kunjungan Gubernur DKI Jakarta ke Padang dalam rangka menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi...

Mahasiswa Asal Pasaman Meninggal Usai Tabrak Lari di Jalur Padang Panjang-Bukittinggi

Mahasiswa Asal Pasaman Meninggal Usai Tabrak Lari di Jalur Padang Panjang-Bukittinggi

PADANG PANJANG - Kecelakaan naas kembali terjadi di jalur lalu lintas Padang Panjang-Bukittinggi. Dimana, seorang...

Untuk Mengukur Angka Kemiskinan, BPS Pasaman Gelar Pelatihan Susenas 2019

Untuk Mengukur Angka Kemiskinan, BPS Pasaman Gelar Pelatihan Susenas 2019

PASAMAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pasaman menggelar Pelatihan bagi petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media