Tuesday, 25 Sep 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Gempa 6,9 SR Minggu Malam Guncang Lombok, Begini Prediksi Sebaran Kerusakan Menurut BMKG

Senin, 20 Agustus 2018 - 06:25:43 WIB - 266
Gempa 6,9 SR Minggu Malam Guncang Lombok, Begini Prediksi Sebaran Kerusakan Menurut BMKG
Titik gempa Lombok (Foto: BMKG)


NASIONAL - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebaran kerusakan pasca gempa 6,9 yang mengguncang Lombok Timur dan sekitarnya, Ahad (19/8) malam. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, zona yang terdampak guncangan paling parah ditandai dengan warna kuning berada di utara, timur laut dan tenggara wilayah Lombok serta Sumbawa bagian barat laut dan barat.

"Sehingga diperkirakan guncangan terkuat disana dan kerusakan diperkirakan akan terjadi disana, demikian juga di Pulau Sumbawa terlihat warna kuning tersentralkan dan terklaster Sumbawa bagian barat laut dan barat dan disitulah segera yang harus dilakukan pertolongan," ujar Dwikorita dalam keterangan persnya di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (20/8) dini hari dikutip dari laman Republika.co.id.

Menurutnya, daerah zona kuning itu, skala intensitas guncangan mencapai 6 hingga 7 MMI sehingga potensi kerusakan terjadi di daerah tersebut. Menurutnya, bangunan standar dapat mengalami kerusakan, sedangkan bangunan yang tidak standar dan telah terkena gempa sebelumnya akan mengalami kerusakan sedang hingga berat.

"Disitulah segera yang harus dilakukan pertolongan selanjutnya di zona yang berwarna kuning dengan intersitas skala 6-7 mmi," katanya.

Sementara untuk Lombok Barat, Mataram, Praya masuk kategori intensitas skala 5-6 MMI yang tingkat kerusakannya ringan. Begitu juga daerah yang ditandai dengan zona kuning muda hingga hijau yang skalnya 3-4 MMI

"Daerah itu semua merasakan guncangan tapi belum terjadi kerusakan ta Tpi dalam kondisi bangunan terguncang beberapa kali oleh gempa sebelumnya bisa timbukan kerusakan," katanya.

BMKG menyebut gempa yang berpusat di 30 km timut Laut Lombok Timur kedalaman 18 Km ini merupakan jenis gempa baru dan bukan susulan dari gempa sebelumnya. Gempa tersebut juga berbeda dari gempa sebelumnya yang berkekuatan magnitudo 7 pada 5 Agustus lalu.

"Dengan memperhatikan lokasi epicenter gempa bumi magnitido 6,9 yg teletak di ujung timur Pulau Lombok dan diikuti sebaran epicenter gempa susulannya yang membentuk klaster epicenter, dengan sebaran ke arah timur hingga di sebelah utara Sumbara Barat, maka dapat disimpulkan bahwa gempa yang terjadi merupakan aktivitas gempa baru, yang berbeda dengan gempa magnitudo 5 Agustus 2018 lalu," ujarnya.

Dwikorita mengatakan hal itu karena gempa magnitude 6,9 memiiki bidang deformasi batuan berbeda. Meskipun seluruh aktivitas gempa yang terjadi berkaitan geologi patahan naik Folres, tetapi antara gempa magnitudo 7 pada 5 agustus lalu dengan gempa 6,9 yang malam ini terjadi memiiki bidang deformasi batuan berbeda.

Ia mengatakan hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan gempa magnitudo 6,9 Lombok bukanlan gempa susulan dari gempa 5 Agustus lalu.

"Bidang deformasi atau bidang ribekan batuan yang berbeda, hasil analisist mekanisme sumber gempa menunjukkan gempa ini dipicu atau dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik atau patahan naik," ujar Dwikorita. (rep)


Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Republika.co.id
Tag: gempa,indonesia,metro,nasional,peristiwa

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bimtek Kodefikasi Barang Milik Daerah Diikuti 150 Pengurus Barang Pemko Pariaman

Bimtek Kodefikasi Barang Milik Daerah Diikuti 150 Pengurus Barang Pemko Pariaman

PARIAMAN - 150 pengurus barang Organisasi Perangkat Daerah (OPD), UPT dan Sekolah di lingkungan Pemerintah Kota...

Jadwal Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam di Piala AFC 2018

Jadwal Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam di Piala AFC 2018

BOLA - Timnas U-16 Indonesia telah melupakan kemenangan gemilang 2-0 atas Iran di laga pertama Piala AFC 2018. Kini,...

Banjir Bandang Terjang Kabupaten Solok, Satu Orang Meninggal Dunia

Banjir Bandang Terjang Kabupaten Solok, Satu Orang Meninggal Dunia

SOLOK -- Banjir bandang melanda sejumlah Nagari, di Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada Kamis (6/9/2018) malam. Satu...

Pemuda Lajang dengan Luka Bakar Ditemukan tak Bernyawa di Kamar Tidur, Warga Pariaman Buncah

Pemuda Lajang dengan Luka Bakar Ditemukan tak Bernyawa di Kamar Tidur, Warga Pariaman Buncah

PARIAMAN - Pemuda lajang ditemukan tak bernyawa di kamar tidurnya RT V Kelurahan Jawi-Jawi Dua, Kecamatan Pariaman...

KPU Pasaman Sosialisasikan Kampanye Pemilu Tahun 2019

KPU Pasaman Sosialisasikan Kampanye Pemilu Tahun 2019

PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menggelar sosialisasi kampanye pada pemilu 2019 di Media Center...


KOMENTAR ANDA



Polling Capres cawapres 2019-2024 kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media