Thursday, 14 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Pramuwisata Garda Terdepan Pariwisata Harus Mempunyai Citra Budaya Lokal

Minggu, 26 Agustus 2018 - 17:44:25 WIB - 602
Pramuwisata Garda Terdepan Pariwisata Harus Mempunyai Citra Budaya Lokal
Pelatihan peningkatan kapasitas pemandu wisata sumatera barat di hotel pusako


BUKITTINGGI -- Arah kebijakan pembangunan kepariwisataan Provinsi Sumatera Barat salah satunya adalah pengembangan sumberdaya pariwisata dengan meningkatkan kapasitas bagi pemangku kepentingan pariwisata lokal, meningkatkan kualitas kepariwisataan termasuk juga mengutamakan pelayanan prima pariwisata.

Demikian disampaikan Plh.Kepala Dinas Pariwasata Provinsi Sumatera Barat, Dr.Didit P Santoso,Msi yang dibacakan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Atraksi dan Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Drs. Doni Hendra,MM dalam pembukaan acara Peningkatan Kapasaitas Pemandu Wisata, Jumat (24/8/2018) di hotel Pusako, yang diikuti sebanyak 50 orang pemandu wisata se Sumatera Barat. Dan narasumber adalah pemandu wisata Sumatera Barat, Ridwan Tulus, sekertaris HPI Kota Bukittinggi, Ikbal, serta modelator sekertaris dinas pariwisata Kota Bukittinggi, Linda Feroza.

Plh. Kadis Pariwisata Sumbar Didit menjelaskan, seiring kemajuan di bidang kepariwisataan, maka harus diikuti kesiapan daerah khususnya dalam penyediaan tenaga pramuwisata (guide). Mereka itu memberikan bimbingan, petunjuk dan informasi kepada wisatawan yang akan melakukan perjalanan wisata dengan menggali sejarah yang ada di setiap objek wisata di daerah setempat.

Salahsatu upaya Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata melalui Deputi Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga untuk mewujudkan daerah kunjungan wisata yang lebih baik adalah melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemandu Wisata yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memahami arti pentingnya pelayanan prima kepada wisatawan, sehingga wisatawan yang berkunjung ke ranah Minang merasa senang dan nyaman selama berada di destinasi dan kawasan objek wisata, ucap Didit P Santoso.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Atraksi dan Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Doni Hendra mengatakan seorang pemandu wisata atau lebih dikenal sebagai pramuwisata, adalah sebagai garda terdepan dalam pariwisata, harus mengusai tentang sejarah objek wisata dan lainnya yang akan disampaikan kepada pengunjung dan juga mengusai bahasa asing. Mereka ini harus siap membuat pariwisata Sumatera Barat menjadi bagus dan terkesan bagi wisatawan yang nantinya akan mengulang kembali ke daerah wisata setempat, disamping itu pemandu wisata harus dapat mengedepankan citra budaya lokal.

Etika dalam memberikan informasi berlandas pada sapta pesona, ini sangat utama yang harus ada pada pramuwisata, bagaimana mereka menjelaskan tentang objek wisata dengan jelas dan benar, tidak boleh asal jadi saja menyampaikannya, bersikaplah sebagai pramuwisata yang profesional, maka dari itu pada acara ini disampaikan kepada pemandu wisata untuk membuka cakrawala kepariwisataan, ungkap Doni Hendra.

Dipesankan kepada peserta pelatihan, buatlah kenangan tersendiri kepada wisatawan agar wisatawan tersebut terkesan dan juga dapat menghubungi kembali untuk mengulang berwisata, disinilah peran pramuwisata sangat penting bagi pariwisata Sumatera Barat. Secara legiltas yang diakui adalah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), untuk Provinsi Sumatera Barat tentu HPI Sumatera Barat, pungkas Doni Hendra. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Awasi Tahapan Pilkada, Bawaslu 50 Kota Segera Bentuk Panitia Pengawas Kecamatan

Awasi Tahapan Pilkada, Bawaslu 50 Kota Segera Bentuk Panitia Pengawas Kecamatan

LIMAPULUH KOTA - Dalam rangka melaksanakan tugas fungsi pengawasan tahapan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada)...

Kepala BNPB Kunjungi Monumen Merpati Perdamaian yang Terancam Abrasi

Kepala BNPB Kunjungi Monumen Merpati Perdamaian yang Terancam Abrasi

PADANG -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (TNI) Doni Monardo mengunjungi Monumen Merpati...

Ayo Kenali Masalah Dampak Kesehatan Akibat Dari Kabut Asap Terhadap Kesehatan Tubuh

Ayo Kenali Masalah Dampak Kesehatan Akibat Dari Kabut Asap Terhadap Kesehatan Tubuh

Oleh: Lediya Ayusela Setiap tahun Indonesia dilanda kebakaran hutan dan kabut asap. Pada tahun 1997, Indonesia...

Tingkatkan Sarana dan Prasarana Dengan Baik, SMKN 1 Sutera Pessel Terus Berbenah

Tingkatkan Sarana dan Prasarana Dengan Baik, SMKN 1 Sutera Pessel Terus Berbenah

PESISIR SELATAN -- Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus berbenah,...

Kunjungi Jorong Koto, Wabub Tanah Datar Zuldafri Apresiasi Wirid Bulanan yang Digagas Warga

Kunjungi Jorong Koto, Wabub Tanah Datar Zuldafri Apresiasi Wirid Bulanan yang Digagas Warga

TANAH DATAR - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengapresiasi kegiatan wirid bulanan yang secara terus menerus...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media