Friday, 19 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Olahraga

Menilik Lebih Dekat Media Center Asian Games Jakarta

Senin, 03 September 2018 - 18:10:42 WIB - 531
Menilik Lebih Dekat Media Center Asian Games Jakarta
Ikhlas bakri di media center Asian Games


Oleh Ikhlas Bakri

Seiring akan diselenggarakannya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat di Padang Pariaman November mendatang, rombongan KONI setempat melakukan ovserfasi pada penyelenggaraan Asian Games 18 yang terpusat di Jakarta dan Palembang 18 Agustus-2 September 2018 lalu.

Rombongan dipimpin Ketua KONI Aprinaldi dengan sejumlah pengurus. Kami berpencar, ada yang kebagian tugas mengunjungi sekaligus memberikan motivasi kepada atlet pembela merah putih yang berasal dari Padang Pariaman. Saya dan Syamsul Bahri yang membidangi komunikasi dan informasi KONI melihat dari dekat media center, tempat bertugasnya awak media yang akan menyajikan laporan kepada publik di seluruh dunia.

Bertempat dekat Pintu 9 Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK) Jakarta Selatan, media center berada di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan yang posisinya tidak begitu jauh dari jalan tol Gatot Subroto, jalan tol dalam kota. Di samping tol juga ada jalan dengan nama yang sama. Ada empat ruas jalan seiring.

Memasuki gerbang, sejumlah polisi berpakaian dinas dan bebas menyambut kedatangan kami. Mereka menanyakan maksud dan tujuan. Kami kemudian diantar ke sekretariat untuk diregistrasi, karena kami tamu, bukan anggota tetap yang sudah tercatat. Kami dipersilakan mengelilingi JCC sampai pukul 22.00 WIB. Saat itu waktu baru menunjukkan pukul 10 pagi.

Langkah kami tertuju ke sudut belakang bagian Selatan gedung JCC. Dalam ruangan berukuran sekitar 70x70m itu dipenuhi awak media. Diperkirakan ribuan jumlah mereka yang berasal dari berbagai media dan negara berkantor di sana setiap hari. Sehabis meliput diberbagai venue, kemudian mereka ke media center untuk menulis dan mengirimkannya ke redaksi masing-masing sebelum ditayangkan.

Pada sisi bagian Selatan ruangan terdapat sekat. Ruangan sepanjang 70x5 meter itu sepertinya dijadikan ruangan pengiriman berita. Sementara pada sisi bagian Timur yang tanpa sekat adalah ruang makan bebas bagi awak media. Bebas untuk jumlah porsi dan berulang kali. Juga tersedia kopi, teh, gula dan kreamer, plus air panas pada beberapa dispenser.

Sedangkan sisi bagian Utara yang merupakan gerbang masuk, usai melewati pintu lansung disambut petugas yang merupakan relawan beberapa orang. Tak berapa jauh dari hadapan mereka terdapat 30 unit computer yang sudah terprogram. Di antara program berisikan biografi atlit, pelatih dan wasit, panitia Asian Games, jadwal dan nomor pertandingan, perolehan medali, serta pemondokan atlit.

Tak hanya itu, program juga terinteraksi dengan seluruh venue yang menayangkan pertandingan sedang berlansung secara live. Kita tinggal klik cabang olahraga yang ingin disaksikan. Artinya, segala kebutuhan awak media sebagai bahan pemberitaan tersaji sedemikian rupa. Pemanfaatan teknologi yang betul-betul sempurna.

Di luar bangunan JCC, puluhan kelompok awak media plus kameramen dan asistennya juga terlihat sibuk. Mereka tidak peduli dengan orang yang lalu lalang di sekelilingnya. Karena mereka tengah melaporkan kepada pemirsanya secara live.

Diresmikan Wapres Jusuf Kalla
Media center dunia yang dalam bahasa kerennya disebut International Broadcast Center (IBC) di JCC ini diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Kamis (16/8), dua hari sebelum pembukaan yang lumayan spektakuler di Gelora Bung Karno (GBK). Media Center ini dipersiapkan untuk memfasilitasi sekitar 10.000 wartawan dalam negeri dan internasional demi kepentingan peliputan Asian Games, pesta olahraga terakbar di belahan Benua Asia.

Dalam sambutannya Wapres Jusuf Kalla menandaskan betapa pentingnya fungsi dan peran media dalam memupblikasikan setiap pertandingan dan juga hasilnya kepada seluruh lapisan masyarakat. Tak hanya Indonesia sebagai tuan rumah, juga asia dan dunia. Peresmian ini ditandai dengan pemukulan gong. Wapres didampingi Menkominfo Rudiantara dan panitia Asian Games.

Sumando Minangkabau ini pun meminta penanggungjawab media center untuk memperhatikan dengan baik setiap kebutuhan awak media yang hadir di sana. Terutama terkait sistim pelayanan dan ketersediaan tenaga listrik, mengingat semua perangkat yang digunakan menggunakan energi tersebut.

Si Meha Segera Diluncurkan

Jauh sebelum Asian Games berlansung, Bidang Kominfo Panitia Porprov yang dipimpin Kepala Dinas Kominfo Zahirman, ternyata juga sudah mempersiapkan hal yang tak jauh berbeda. Secara umum fungsi dan tujuan sama, tapi berbeda kalau sudah berbicara mengenai fasilitas yang berhulu kepada anggaran.

Bidang Kominfo sudah mempersiapkan aplikasi yang diberi nama Si Meha, singkatan dari sistim informasi medali dan hasil (pertandingan) yang akan diluncurkan serta disosialisasikan dalam waktu dekat. Aplikasi akan disiapkan secara Cuma-cuma yang diperuntukkan bagi awak media.

Direncanakan, aplikasi yang disertai perangkat ini akan ditempatkan di kawasan ibu kabupaten Parikmalintang sebagai posko utama , GOR Sungaisarik, lokasi pembukaan dan penutupan, serta kawasan kantor bupati lama di lapangan merdeka sebagai penghubung dengan venue yang berada di Utara Padang Pariaman.

Untuk mengisi aplikasi, Bidang Kominfo akan bekerjasama dengan PWI Padang Pariaman dengan menempatkan personel di setiap venue, dan melaporkan hasilnya sesaat setelah pertandingan usai. Sejak babak penyisihan hingga perolehan medali.

Jelang berakhir Asian Games, kami sempat berdiskusi di sebuah bilangan perbatasan Jakarta Barat, Pusat dan Utara, tak berapa jauh dari kawasan istana, membulatkan tekad bahwa Padang Pariaman siap memberikan yang masksimal dan terbaik pada penyelenggaraan Porprov kali ini, setelah Padang Pariaman menjadi tuan rumah pada 1994, dua puluh empat tahun silam. Marena ini adalah menyangkut marwah daerah.

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,metro,nasional,sport

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

PW Muhammadiyah DKI Jakarta Beri Sinyal Dukung Capres Prabowo-Sandi

PW Muhammadiyah DKI Jakarta Beri Sinyal Dukung Capres Prabowo-Sandi

JAKARTA -- Unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta tampak antusias berfose dua jari di ruang rapat PW...

Untuk Mempercepat Proses Integrasi Keilmuan, UIN IB Gelar FPT Se- Sumbar

Untuk Mempercepat Proses Integrasi Keilmuan, UIN IB Gelar FPT Se- Sumbar

PADANG - Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, menggelar pertemuan Forum Perguruan Tinggi (FPT) Se-...

Polres Padang Panjang Tangkap 5 Pelaku Curanmor, 4 Orang di Antaranya Masih di Bawah Umur

Polres Padang Panjang Tangkap 5 Pelaku Curanmor, 4 Orang di Antaranya Masih di Bawah Umur

PADANG PANJANG - Jajaran Satuan Reskrim Polres Padang Panjang berhasil meringkus 5 pelaku curanmor yang meresahkan...

Kampanye Nasional Terakhir Capres 01 di GBK, KPAI Temukan Kembali Ramai Anak Pakai Atribut Partai

Kampanye Nasional Terakhir Capres 01 di GBK, KPAI Temukan Kembali Ramai Anak Pakai Atribut Partai

JAKARTA --Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengatakan, pihaknya menyayangkan banyak...

Lanjutkan Program, Saedar Siti ke Rumah Nan Tumpah Pada 6 April 2019

Lanjutkan Program, Saedar Siti ke Rumah Nan Tumpah Pada 6 April 2019

PADANG PARIAMAN - Melanjutkan beberapa program tahun ini yang sudah berjalan, Komunitas Seni Nan Tumpah akan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media