Sunday, 24 Feb 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Gelar Capacity Building, SSR TB HIV Care Aisyiyah Padang Optimalkan Pelayanan kepada Pasien

Jumat, 14 September 2018 - 11:56:55 WIB - 706
Gelar Capacity Building, SSR TB HIV Care Aisyiyah Padang Optimalkan Pelayanan kepada Pasien
Acara Capacity building of CSO 1-2 Advocacy skill and Fundraishing, Media Campaign


PADANG -- SSR-TB HIV Care Aisyiyah Padang menggelar Capacity building of CSO 1-2 Advocacy skill and Fundraishing, Media Campaign di Hotel Ranah Bundo, selama tiga hari tanggal 13-15 September 2018. Capacity building ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris PD Aisyiyah Padang Sarbaitinil.

Kegiatan ini diikuti PD Muhammadiyah, PD Aisyiyah Padang, CSO lokal yang bergerak dalam penanggulangan TB dan HIV, dan perwakilan komunitas peduli TB berjumlah 10 orang. Juga dihadiri Koordinator SR TBHIV Aisyiyah Care Aisyiyah Sumbar Yunita Nazar dan Wakil Ketua PDM Padang Syafriadi Autid. Narasumber terdiri dari Kasi P2M Dinkes Padang dr. Eva Westari, dan Kadis Kominfo Sumbar, Yeflin Luandri.

Koordinator SSR TB-HIV Care Aisyiyah Padang, Ihda Fitria mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk dapat memproses perencanaan dan penganggaran untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para penderita TB-HIV.

"Kita berharap dengan bantuan pengobatan dan makanan tambahan kepada pasien TB, pasien setelah diobati katgori satu saja tidak berlanjut pada kategori selanjutnya," katanya.

Lanjutnya, Untuk meningkatkan penemuan penderita TB, SSR TB-HIV Aisyiyah Care Padang menyiapkan program baru yaitu, Investigasi kontak.investigasi kontak dengan cara memantau pasien TB-HIV ke rumahnya serta menginvestigasi kontak serumah dan lingkungan sekitarnya.

"Kegiatan inovatif ini baru, bahkan di Sumbar, untuk menjawab rendahnya capaian penemuan penderita TB," tuturnya.

"Jadi, masih banyak penderita TB yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan dan pengobatan. Ini tentu akan berpotensi untuk menularkan kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya," ujarnya.

Melalui program baru investigasi kontak Peduli TB ini. Ihda Fitria
berharap akan lebih banyak penderita baru bisa diobati, sehingga akhirnya dapat memutus rantai penularan penyakit.

Selain itu Koordinator SSR TB-HIV care Aisyiyah Kota Padang, Ihda Fitria menambahkan penanggulangan dengan kerjasama apik kader Aisyiyah dengan puskesmas yang berjalan dengan baik dan lapangan. Dimana kader Aisyiyah di lapangan berkolborasi di puskesmas dalam mencari pasien. "Jika ditemukan mengedukasi cara minum obat yang baik dengan program Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) TB," pukasnya.

Data Dinas kesehatan Padang menyatakan untuk kota Padang tahun 2018 Target pasien berjumlah 2800 pasien untuk satu tahun. Yang ditangani hingga juni 2018 1.100 pasien.

Sementara itu, Koordinator SSR TB-HIV Care Aisyiyah, Sarbaitinil mengatakan Capaian Semester I tahun 2018 Suspect 524 orang dan pasien 32 orang. Sedangkan capaian semester II Juli hingga Desember 2018 adalah 1182 dengan capaian pasien 145 orang dan hasil pengobatan 110 orang.

Sarbaitinil yang juga Sekretaris Aisyiyah Padang mengatakan Pentingnya peran Aisyiyah hanya sebatas edukasi pentingnya pemeriksaan HIV bagi penderita TB positif.

Sekretaris PDA Padang Sarbaitinil juga menyampaikan Kader Aisyiyah TB care berperan sebagai penjangkau dan penemu kasus baru di lapangan penderita TB. Kemudian kader kita di lapangan hingga semester II 2018 adalah 99 orang yang terus bergerak mencari pasien TB hingga pelosok Sumbar. (RI)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kesehatan,metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

NTC Sumbar Ggelar Mubes Ke-2, Ketum: Mari Kita Satukan Tekat Untuk Jalin Kebersamaan

NTC Sumbar Ggelar Mubes Ke-2, Ketum: Mari Kita Satukan Tekat Untuk Jalin Kebersamaan

PADANG - Nissan Terrano Club (NTC) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) Kedua, Bertempat...

Jokowi Bawa Cucu Saat Kampanye, Begini Respon KPAI

Jokowi Bawa Cucu Saat Kampanye, Begini Respon KPAI

POLITIK - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengatakan agar orang tua tidak membawa...

Pol PP dan Damkab Pessel Akan Tertibkan Hewan Ternak yang Berkeliaran di Kawasan Objek Wisata

Pol PP dan Damkab Pessel Akan Tertibkan Hewan Ternak yang Berkeliaran di Kawasan Objek Wisata

PESISIR SELATAN - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP dan Damkar) Kabupaten Pesisir Selatan...

40 Sekolah se-Pasbar Siap Berkompetisi Untuk Masuk ke IAIN Batusangkar

40 Sekolah se-Pasbar Siap Berkompetisi Untuk Masuk ke IAIN Batusangkar

BATUSANGKAR - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar mensosialisasikan Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional...

Walikota Padang Panjang: Julukan Kota Serambi Mekkah Akan Dibangkitkan Kembali

Walikota Padang Panjang: Julukan Kota Serambi Mekkah Akan Dibangkitkan Kembali

PADANG PANJANG - Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA meletakkan batu pertama pembangunan TPA/TPSA Mushalla Nurul...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media