Tuesday, 25 Sep 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Pemerataan Pembangunan Hingga Revolusi Mental Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Limapuluh Kota

Sabtu, 15 September 2018 - 17:56:37 WIB - 157
Pemerataan Pembangunan Hingga Revolusi Mental Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Limapuluh Kota
Pemerataan Pembangunan Nagari wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab dan DPRD Tandatangani kesepakatan



LIMAPULUH KOTA - Dalam upaya mewujudkan Misi V dalam RPJMD Tahun 2016-2021 dalam memperkuat kelembagaan nagari untuk melaksanakan pembangunan berbasis jorong, tata kelola Pemerintahan Nagari yang berkualitas. Dan, mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Nagari, dengan sasaran meningkatnya pembangunan Nagari. Maka terhadap alokasi dana desa / nagari untuk tahun 2019 DPRD Limapuluh Kota berkomitmen agar dipenuhi sebesar 10% dari dana perimbangan setelah dikurangi dana alokasi khusus.

"Dalam upaya mempercepat pemerataan pembangunan di Nagari DPRD Limapuluh Kota untuk tahun 2019 tetap berkomitmen memenuhi 10% APBD Limapuluh Kota untuk Nagari yang bersumber dari dana perimbangan setelah dikurangi dana alokasi khusus. Prioritas Penggunaan Dana Desa/Nagari untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Nagari dan pemberdayaan masyarakat Nagari. Prioritas penggunaan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang dengan kegiatan produk unggulan Nagari atau kawasan perdesaan, BUM Nagari atau BUM Nagari Bersama, embung, dan sarana olahraga sesuai dengan kewenangan Nagari," ujar Deni Asra S.Si Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Gerindra.

Dikatakannya, semua alokasi bisa dimanfaatkan oleh setiap nagari secara merata dan berkeadilan. Diharapkan pembangunan nagari dapat ditingkatkan sehingga bisa melakukan pemberdayaan ekonomi lokal, penciptaan akses transportasi lokal ke wilayah pertumbuhan, dan mempercepat pemenuhan infrastruktur dasar. Hingga pada akhirnya semua tujuan pembangunan kawasan pedesaan/nagari seperti mewujudkan kemandirian masyarakat dan menciptakan nagari mandiri dan berkelanjutan bisa menjadi kenyataan sehingga martabat, kehidupan dan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik dan terangkat." Kata politisi muda yang energik itu.

Sementara itu Ketua Komisi I membidangi Pemerintahan, Politik, Keamanan dan Pendidikan Hemmy Setiawan mengatakan, kunci pokok keberhasilan suatu pembangunan terletak pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), semakin tinggi kualitas SDM suatu daerah maka akan semakin tinggi tingkat pencapaian pembangunan daerah tersebut. Sedangkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam pembangunan adalah terjadinya perubahan-perubahan kearah peningkatan SDM dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Keberhasilan pembangunan sumberdaya manusia dapat dilihat dari gambaran kualitas fisik dan non-fisik dimana di dalamnya termasuk karakter atau menurut kearifan lokal daerah adalah kualitas moral spiritual. Kualitas fisik sangat erat kaitannya dengan pemenuhan pelayanan pendidikan dan kesehatan, serta penciptaan kondisi yang baik bagi kehidupan sosial kemasyarakatan." ujar Hemmy Setiawan.

Lebih lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjelaskan, Dalam menjawab persoalan diatas perlu dilakukan suatu program dan terobosan baru melalui revolusi mental dan reformasi birokrasi sebagaimana yang telah menjadi prioritas dalam RPJMD 2016-2021. Terkait dengan pemenuhan harapan kualitas sumber daya manusia, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lima Puluh Kota.

IPM itu sendiri merupakan komposit dari beberapa komponen yaitu angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran per-kapita .

"Harus menyelesaikan permasalahan utama dibidang pendidikan yaitu meningkatkan mutu guru yang professional, dimana guru propesional yang memenuhi indeks pendidikan di Kabupaten Lima Puluh Kota, sampai saat ini baru sekitar 75 %, sehingga hal ini cukup berpengaruh terhadap pencapaian IPM bidang pendidikan." Pungkas Hemmy. (Rino)


Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: limapuluh-kota

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Banjir Bandang Landa Padang Pariaman, 8 Kerbau Warga Hanyut Terbawa Arus

Banjir Bandang Landa Padang Pariaman, 8 Kerbau Warga Hanyut Terbawa Arus

PADANG PARIAMAN - Banjir bandang landa Nagari Sikucur Tengah, V Koto, Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumatera Barat...

Demam Senam Famire Landa Padang, Legislator Sumbar Apris Salurkan Wireles dan Baju Senam

Demam Senam Famire Landa Padang, Legislator Sumbar Apris Salurkan Wireles dan Baju Senam

PADANG -- Puluhan peserta senam warga Kelurahan antusias mengikuti kegiatan senam sehat bersama Anggota DPRD Sumbar H....

Ini Pernyataan Sikap MUI Sumbar Tolak Aturan Pengeras Suara Masjid

Ini Pernyataan Sikap MUI Sumbar Tolak Aturan Pengeras Suara Masjid

PADANG -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumbar menolak permintaan Kementerian Agama (Kemenag) untuk...

Menilik Lebih Dekat Media Center Asian Games Jakarta

Menilik Lebih Dekat Media Center Asian Games Jakarta

Oleh Ikhlas Bakri Seiring akan diselenggarakannya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat di Padang...

Forum dan Bunda PAUD Dituntut Proaktif Layani Masyarakat

Forum dan Bunda PAUD Dituntut Proaktif Layani Masyarakat

TANAH DATAR - Kualitas dan kepribadian anak sangat ditunjang dari pola pendidikan semenjak usia dini. Dari itu lembaga...


KOMENTAR ANDA



Polling Capres cawapres 2019-2024 kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media