Sunday, 24 Feb 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Asisten Deputi Menpora Deswan: Peringatan Hari Pramuka ke-57 Sebagai Perekat NKRI

Minggu, 16 September 2018 - 06:25:22 WIB - 367
Asisten Deputi Menpora Deswan: Peringatan Hari Pramuka ke-57 Sebagai Perekat NKRI
Asisten Deputi Peningkatan Tenaga & Sumber Daya Pemuda, Deswan menyematkan penghargaan kepada pembina Kwarcab Pasaman.


PASAMAN - Peringatan Hari Pramuka ke-57 di Kapupaten Pasaman dipusatkan di Lapangan Gelora Tuanku Imam Bonjol, Lubuk Sikaping dihadiri oleh Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Sumber Daya Pemuda, Deswan dan didampingi Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Sabtu sore (15/09/2018).

Pada upacara yang mengambil tema "Pramuka Perekat NKRI". Asisten Deputi yang mewakili Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi bertindak sebagai pembina upacara.

Sebelum membacakan pidato dari Kemenpora, Deswan mengatakan, "Selamat Hari Pramuka ke-57 bagi segenap jajaran dan keluarga besar gerakan pramuka di seluruh Indonesia," ujarnya.

Deswan menambahkan, gerakan pramuka yang tersebar dari Sabang sampai Merauke merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. "Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku," katanya.

Ia melanjutkan, Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia, harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal karena memang hakekatnya makna Praja Muda Karana itu merupakan manifestasi dari insan milineal tersebut.

Dalam konteks Indonesia, Gerakan Pramuka harus menjadi "rumah kita bersama", dan itulah harapan bangsa ini kepada Gerakan Pramuka. Sekat-sekat kamar telah diisioleh partai politik, dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku-suku yang ada di Indonesia dan golongan atau kelompok lainnya.

"Untuk itulah, Hari Pramuka ke-57 sekarang ini diangkat tema Pramuka Perekat NKRI. Tentu dengan harapan dapat mempersatukan bangsa ini adalah negarawan yang menjadi pemimpin yang amanah. Hal ini menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI," jelasnya.

Disebutkannya, telah mencapai usia 57 tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan pramuka ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia.

Deswan menjelaskan, sebagai tahun politik yang ditandai dengan penyelenggaraan pilkada, gubernur dan bupati/walikota beberapa bulan yang lalu, pencalonan anggota legislatif serta pencalonan presiden dan wakil presiden tentunya agak panas situasinya.

"Saya berharap, anggota Pramuka di seluruh jenjang hendaknya dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk pikuk perpolitikan meskipun sebagai warga negara masing-masing punya hak politik," pungkasnya.

Dalam upacara itu, Asisten Deputi Deswan juga menyematkan penghargaan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada 3 orang yang telah berjasa dibidang pramuka di Pasaman yakni, Syafril Idris, S.IP (pelatih pembina Kwarcab Pasaman) menerima tanda penghargaan Lencana Melati. Selanjutnya, Abdul Kadir, S.Pd (andalan Kwarcab Pasaman) menerima tanda penghargaan Lencana Darmabakti, dan Ricky Riswandi (anggota Mabicab Kabupaten Pasaman menerima tanda penghargaan Lencana Darmabakti.

Selain itu, Asisten Deputi juga menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba Giat Prestasi Pramuka hari Pramuka ke-57 Kabupaten Pasaman 2018 yang berlangsung sejak tanggal 11 hingga 14 September 2018 kemarin. (M. Afrizal)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,metro,pasaman,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sekda Pessel Minta OPD Segera Merealisasikan Kegiatannya

Sekda Pessel Minta OPD Segera Merealisasikan Kegiatannya

PESISIR SELATAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon mengatakan, bagi seluruh perangkat Daerah...

Tugas Baru Satpol PP Versi PP No. 16 2018, Ini Kata Yadrison

Tugas Baru Satpol PP Versi PP No. 16 2018, Ini Kata Yadrison

PADANG -- Ada yang baru dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sejak ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP)...

Merokok: Kambing Hitam, Kebebasan Pribadi dan Hak Kolektif

Merokok: Kambing Hitam, Kebebasan Pribadi dan Hak Kolektif

Oleh: dr. Hardisman, MHID, PhD Bebarapa hari yang lalu, tangal 4 Februari diperingati sebagai hari Kanker Sedunia....

Rancang Perda KTR, Pemko Solok Diminta Berkomitmet Pada Setiap Produk Hukum yang Dilahirkan

Rancang Perda KTR, Pemko Solok Diminta Berkomitmet Pada Setiap Produk Hukum yang Dilahirkan

SOLOK - Zulkarnaian, anggota DPRD Kota Solok dari PKPI menegaskan pemerintah Kota Solok untuk berkomitmen pada setiap...

Nama Tokoh Besar Padang Pariaman Dibalik MTsS Nagari Balah Aie

Nama Tokoh Besar Padang Pariaman Dibalik MTsS Nagari Balah Aie

PADANG PARIAMAN - Beberapa saat jelang waktu shalat Zuhur masuk, para siswa dan siswi Pesantren Pramuka Syekh Tuanku...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media