Sunday, 24 Feb 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Bocah Penderita Tumor Leher di Pariaman Ini Akhirnya Dapat Berobat Menggunakan BPJS

Minggu, 16 September 2018 - 21:03:35 WIB - 879
Bocah Penderita Tumor Leher di Pariaman Ini Akhirnya Dapat Berobat Menggunakan BPJS
Puja (10) bocah Pariaman penderita tumor leher.


PARIAMAN - Seorang siswa Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Rambai Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) yang bernama Puja Maidewita (10 tahun) menderita tumor leher yang sudah dideritanya semenjak bulan Februari lalu.

Awalnya, Ayah Puja yang bernama Afriandi (43 tahun) pekerjaan Supir menceritakan kepada tim MC Pariaman pada Sabtu (15/9) siang, anaknya itu hanya menderita pembengkakan pada leher sebesar telur puyuh, dan karena keterbatasan biaya maka anak tersebut hanya dibawa berobat tradisional saja.

Namun, lanjut Afriandi menceritakan setelah tiga bulan berlalu bengkak di leher Puja makin membesar yang membuat keresahan Ibu Puja yang bernama Afni (34 tahun) pekerjaan ibu rumah tangga, sehingga pada waktu itu sekitar bulan Mei Puja dibawa untuk berobat ke Puskesmas Kuraitaji, sampai akhirnya pihak Puskesmas pun merujuk Puja ke RSUD Pariaman untuk dirujuk ke RSUD M. Djamil Padang.

Puja pun dibawa oleh Afni untuk berobat ke RSUD M. Djamil Padang, dan diperiksa di laboraturium. Namun, hasil pemeriksaan Puja menyatakan bahwa tumor yang diderita Puja tersebut tidak kronis sehingga Puja kembali dibawa pulang pada 10 September lalu dengan hanya dikasih obat pengurang rasa sakit dan disuruh kembali ke RSUD pada 19 Oktober mendatang.

Afni mengakui ia memang tidak terlalu banyak menceritakan kondisi Puja kepada orang lain, karena ia takut nantinya dikatakan tidak bertanggung jawab kepada anaknya dan hanya mengharap belas kasihan dari pihak lain, namun karena tumor itu makin membesar membuat Puja malu dan minder berangkat ke sekolah.

Mengetahui penyakit Puja dan kondisi puja makin menurun, Anggota DPRD Kota Pariaman M. Taufik yang juga berdomisili di Desa Rambai, mengambil tindakan bersama istrinya Irmadawani untuk segera melihat kondisi Puja, dan pada akhirnya M. Taufik menghubungi Pimpinan BPJS Pariaman Sari Rusfa untuk meminta bantuan yang langsung juga merespon melihat kondisi Puja secara langsung karena keluarga Puja merupakan keluarga miskin yang tentunya mendapatakan perlindungan kesehatan dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diperuntukan bagi warga tidak mampu.

Tidak hanya BPJS Pariaman, M. Taufik juga menghubungi pihak Dinas Kesehatan Kota Pariaman yang direspon langsung Sekretaris Dinas Delri Soni yang turut hadir juga langsung ke rumah orang tua Puja yang juga dapat bantuan pembangunan rumah dari dana Perkim Kota Pariaman.

Akhirnya, dari koordinasi tersebut diperoleh kesimpulan, bahwasannya Puja pada hari senin, 17 September 2018 esok akan dibawa kembali ke Rumah Sakit Ropana Suri Padang untuk dilakukan pengobatan atau operasi dengan bantuan pihak Dinkes Kota Pariaman, M Taufik dan BPJS Pariaman yang akan didampingi langsung oleh Delri Soni bersama tim medis dari Puskesmas Kuraitaji, serta Kepala Desa Rambai Arif Fuadi untuk mendapatkan pengobatan selanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Rambai Arif Fuadi menuturkan juga telah menerima laporan terkait kondisi Puja pada kamis lalu, bahkan Kades tersebut juga telah mengupayakan membantu membuat proposal bantuan biaya kepada pihak Baznas Kota Pariaman.

"Atas nama Pemerintah Desa Rambai saya ucapkan terimakasih kepada para pihak yang mau membantu untuk mengobati Puja sehingga Puja bisa kembali pulih dan dapat melanjutkan cita-citanya sebagai generasi penerus harapan bangsa," singkat Arif. (phaik)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,kesehatan,metro,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Anak Sekolah Menjadi Sasaran Sosialisasi MSRF tahun 2019 di Kabupaten Mentawai

Anak Sekolah Menjadi Sasaran Sosialisasi MSRF tahun 2019 di Kabupaten Mentawai

MENTAWAI - Polisi Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Mentawai, lakukan kegiatan Sosialisasi tentang pentingnya...

Buya Gusrizal Gazahar Minta Agenda Maruf Amin ke Ranah Minang Tidak Dikaitkan dengan MUI

Buya Gusrizal Gazahar Minta Agenda Maruf Amin ke Ranah Minang Tidak Dikaitkan dengan MUI

PADANG -- Ketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat, Buya Gusrizal Gazahar angkat bicara soal kunjungan Calon...

Caleg Gerindra Tanah Datar Dipanggil Polisi Terkait Dugaan Kampanye Diluar Jadwal

Caleg Gerindra Tanah Datar Dipanggil Polisi Terkait Dugaan Kampanye Diluar Jadwal

TANAH DATAR - Antoni Surya Roza (51), Salah seorang Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar...

17 Pejabat Eselon III Dilantik, Wakil Bupati Pasaman: Bagi yang Melanggar Akan Diberikan Sanksi

17 Pejabat Eselon III Dilantik, Wakil Bupati Pasaman: Bagi yang Melanggar Akan Diberikan Sanksi

PASAMAN - Wakil Bupati Pasaman, H. ATOS Pratama melantik sebanyak 17 orang pejabat eselon III di Aula Lantai 3 kantor...

Didukung Teman Sekolah Sandiaga Uno, Jokowi Kaget

Didukung Teman Sekolah Sandiaga Uno, Jokowi Kaget

POLITIK - Calon presiden petahana Joko Widodo mengaku kaget alumni-alumni SMA Pangudi Luhur (PL) Jakarta...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media