Saturday, 19 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Panjang

Kapolres Padang Panjang: Jangan Dengarkan Isu-isu yang Akan Membuat Kita Pecah Belah

Rabu, 19 September 2018 - 20:23:33 WIB - 2314
Kapolres Padang Panjang: Jangan Dengarkan Isu-isu yang Akan Membuat Kita Pecah Belah
Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singalang 2018, Rabu (19/9) di halaman Polres Kota Padang Panjang.


PADANG PANJANG - Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Singalang tahun 2018 resmi digelar, Rabu (19/9) di halaman Polres Kota Padang Panjang.

Melalui apel gelar pasukan operasi mantap brata singalang 2018 mari tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan kamdagri yang kondusif pada pengamanan pemilu tahun 2019.

Apel tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, dan Instansi Terkait wilayah Kota Padang Panjang.

Mawardi mengatakan, melalui kepolisian Republik Indonesia, TNI dan Pemerintah Daerah dalam rangka Pilpres dan Pemilu perlu dilaksanakan operasi mantap brata ini.

"Pengamanan di Pilpres dan Pemilu sangat dibutuhkan karena kita menghindari kemungkinan terburuk, misalkan ada yang demo dan lain sebagainya ini yang kita hindari", kata Mawardi.

Mawardi berharap pada Pilpres dan Pemilu nanti kepada masyarakat jangan tidak ikut pencblosan datangi lah TPS dan pilihlah pemimpin menurut hati nurani sendiri.

"Jangan ada yang mau di provokasikan, pergi TPS cblos salah satu calon yang menrut kita bisa membangun negeri ini, jangan sampai terpengaruh kata-kata orang lain", ujar Mawardi.

Mawardi juga menghimbau, agar masyarakat daerah Padang Panjang saling menjaga keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan Pilpres dan Pileg serta hati-hati dalam menyikapi Hoax politik yang sudah mulai marak saat ini.

"Sepenuhnya, Pemko Padang Panjang akan mendukung pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pilpres, termasuk soal regulasi dan anggarannya," tutup Mawardi.

Sedangkan AKBP Cepi Noval usai memimpin apel gabungan mengatakan, selama 397 hari atau lebih tepatnya mulai 20 Oktober 2018 hingga 21 Oktober 2019 Polisi dan pihak terkait akan mengamankan Pilpres dan Pemilu nanti.

"Kita dari Polres akan mengerahkan sedikitnya 205 personil atau 2/3 dari 311 kekuatan yang ada termasuk sarana dan prasarana," kata Cepi.

Namun menurutnya, maksimalnya pengamanan pemilu di Padang Panjang, bukan hitungan soal faktor kerawanan daerah ini, namun merupakan protap yang sudah ditetapkan dari pusat.

"Kalau Padang Panjang, Batipuh dan X Koto Selatan, saya yakin aman, karena masyarakat disini sudah cerdas dan sudah melek politik. Hal ini dibuktikan dari kondusifnya pelaksanaan Pilkada Padang Panjang baru-baru ini," ungkap Cepi optimis.

Khusus keterlibatan TNI-Polri dalam pemilu, Cepi Noval kembali menegaskan, hanya semata mata peran dan fungsi pengamanan, sekaligus menangkal kerawanan sosial yang mungkin muncul. Namun dalam politik, TNI-Polri wajib netral dan itu mati, tidak bisa ditawar.

"Sesuai arahan Bapak Kapolri di amanatnya tadi pimpinan Polri dan TNI sudah terlebih dahulu menyatakan untuk bersikap netral dalam Pilpres dan Pemilu nanti", kata Cepi.

Dalam amanat Kapolri, yang dibacakan Kapolres Padang Panjang, menyebutkan bahwa operasi pengamanan pemilu 2019, merupakan operasi kepolisian terpusat, dengan sandi "Operasi Mantap Brata 2018".

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah hukum kepolisian resort se-Indonesia, ditujukan untuk pengecekan personil berikut sarana prasarananya, sebelum diterjunkan dalam operasi.

Operasi Mantap Brata 2018 diharapkan dapat mewujudkan keamanan bagi masyarakat selama berlangsungnya tahapan pemilu dan Pilpres.

Menurut Kapolri, Pemilu 2019 memiliki karakteristik tersendiri, apalagi dengan pemberlakuan regulasi baru yang mengatur tata cara Pemilu dengan sistim baru, termasuk potensi munculnya polemik identitas, serta isu-isu yang dapat memecah belah kesatuan dan kerukunan masyarakat, serta hoax yang marak beredar di media sosial akhir-akhir ini. (Edi Fatra)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,metro,padang-panjang,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

PARIAMAN -- Tiga orang pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman diambil sumpah pada Rapat...

Gempa Hari Ini, BMKG Catat Dua Gempa di Dua Wilayah Berbeda, Pasbar dan Mentawai

Gempa Hari Ini, BMKG Catat Dua Gempa di Dua Wilayah Berbeda, Pasbar dan Mentawai

MENTAWAI -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Selasa,...

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bersihkan Ubur-ubur Bluebotlle di Pantai Pariaman

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bersihkan Ubur-ubur Bluebotlle di Pantai Pariaman

PARIAMAN -- Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan dibantu oleh Satpol PP dan BPBD Kota Pariaman, bersihkan ubur-ubur...

Saat Hendak Mencuri, Pelaku Curanmor Dicokok Tim Jatanras Polres Bukittinggi

Saat Hendak Mencuri, Pelaku Curanmor Dicokok Tim Jatanras Polres Bukittinggi

BUKITTINGGI -- Tim Jatanras Polres Bukittinggi kembali berhasil menangkap satu orang pelaku pencurian kendaraan...

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

MENTAWAI - Pembangunan Puskesmas Muara Siberut yang terletak di Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan yang dikerjakan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media