Monday, 10 Dec 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Wali Kota Mukhlis Canangkan BBGRM ke-15 di Pariaman

Selasa, 25 September 2018 - 07:11:30 WIB - 243
Wali Kota Mukhlis Canangkan BBGRM ke-15 di Pariaman
Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman pukul gong tanda pencanangan BBGM.


PARIAMAN -- Wali Kota Pariaman melakukan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 Tahun 2018 tingkat Kota Pariaman sekaligus pelantikan dan pengambilan sumpah Anggota BPD sebanyak 313 orang yang berlokasi di Desa Pasia Sunua, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin, (24/9/2018).

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman mengatakan, BBGRM dicanangkan untuk menumbuhkan lagi gotong royong di tengah warga.

Kata dia, tindakan gotong royong sendiri sebenarnya sudah ada di dalam kehidupan bermasyarakat

Menurutnya, Kegiatan BBGRM disamping untuk pembangunan di Kota Pariaman yang berujung tombak pelaksanaannya di desa dan kelurahan, juga menitik beratkan pada peningkatan peran kelembagaan masyarakat di desa/kelurahan.

"Sehingga ini menjadi alasan kenapa kegiatan BBGRM yang dilaksanakan pada 55 Desa dan 16 Kelurahan di Kota Pariaman tersebut disatukan dengan pelantikan BPD," tambahnya.

Lebih lanjut Mukhlis menjelaskan bahwa proses pembangunan yang menitikberatkan pada upaya pemberdayaan masyarakat memang bukanlah tugas yang mudah, atau gampang dan cepat untuk dicapai namun dengan dukungan dan kerja sama semua pihak serta adanya dukungan dana desa Ia yakin dan percaya semua itu dapat tercapai.

Sementara pengurus BPD yang dilantik pada hari ini merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk dalam BPD.

"Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah. BPD bersama dengan kepala desa berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat," lanjut Muhklis.

Ia mengimbau kepada pengurus BPD yang dilantik agar dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tupoksinya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Sebagai unsur pemerintahan desa, kepala desa dan BPD merupakan mitra sehingga diharapkan dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus besinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaran pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa kita masing-masing," tuturnya.

Kepala DPMDes Kota Pariaman yang selaku ketua pelaksana kegiatan, Efendi Jamal menyampaikan bahwa BBGRM ini merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita.

"Kegiatan BBGRM ini dilaksanakan selama satu bulan penuh, mulai tanggal 24 September hingga 24 Oktober 2018 pada desa dan kelurahan Kota Pariaman, kegiatan gotong royong berupa kegiatan fisik seperti pembangunan rumah untuk warga yang kurang mampu secara gotong royong, dalam bidang perekonomian seperti mendukung usaha Bumdes, dan juga pertanian yang dilakukan secara gotong royong," ucapnya mengakhiri. (war)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,ekonomi,metro,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

PMI Kota Bukittinggi Mengadakan Jumbara PMR Se Sumatera Barat

PMI Kota Bukittinggi Mengadakan Jumbara PMR Se Sumatera Barat

BUKITTINGGI - Kegiatan Jumpa Bhakti dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Indonesia (PMR) Wira se Sumatera Barat yang...

Emak-emak Komplek Jadi Sasaran KPU Pasaman

Emak-emak Komplek Jadi Sasaran KPU Pasaman

PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman gelar Sosialisasi Pendidikan dan Penyadaran Pemilih dalam rangka...

Lomba Memasak Randang Terbanyak di Ajang FNM Pecahkan Rekor Muri

Lomba Memasak Randang Terbanyak di Ajang FNM Pecahkan Rekor Muri

JAKARTA - Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat...

Longsor Meruntuhkan Dua Rumah Di Garegeh, Ini Sebabnya

Longsor Meruntuhkan Dua Rumah Di Garegeh, Ini Sebabnya

BUKITTINGGI - Curah hujan tinggi yang mengguyur daerah Bukittinggi pada akhir-akhir ini, mengakibatkan timbul erosi...

Sertijab Waka Polres Dan Kapolsek Banuhampu Bukittinggi, Ini Harapan Kapolres

Sertijab Waka Polres Dan Kapolsek Banuhampu Bukittinggi, Ini Harapan Kapolres

BUKITTINGGI - Proses mutasi di lingkungan Polda Sumatera Barat kembali bergulir dan termasuk juga para perwira yang ada...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media