Saturday, 18 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pos Polisi

398 Perkara Narkotika Diadili PN Padang Sepanjang Tahun 2018

Jumat, 28 September 2018 - 00:08:07 WIB - 134
398 Perkara Narkotika Diadili PN Padang Sepanjang Tahun 2018
Pemusnahan narkoba di Pengadilan Negeri Padang, Rabu. (26/9).


PADANG -- Sepanjang tahun 2017 jumlah perkara narkoba yang ditangani di Pengadilan Negeri Padang sebanyak 323 perkara. Dan pada tahun 2018 sampai bulan September meningkat menjadi 398 perkara.

Demikian disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Padang, Bambang Heri Mulyono di halaman Kantor Kejari Padang Jalan Gajah Mada, Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Rabu (26/9/2018).

Heri Mulyono mengatakan bahwa untuk perkara narkoba setiap tahun angkanya terus bertambah. Hingga September 2018 ini PN Padang menangani sebanyak 398 perkara narkoba yang sebelumnya sebanyak 232 perkara.

Melalui Kejaksaan Negeri Padang, kali ini telah dilakukan pemusnahan sejumlah barang bukti (BB). Pemusnahan BB yang telah disidangkan di Pengadilan Negeri Padang.

"Pemusnahan barang bukti kali ini adalah pemusnahan barang bukti terhadap perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Sebagaimana penyitaan barang bukti ini adalah bentuk keterpaduan antar penegak hukum baik kejaksaan, pengadilan, dan kepolisian yang harus tetap dijaga," katanya.

Dalam pemusnahan BB ini berupa ganja dengan berat total 24934,57 gram, sabu 361,57 gram dan ekstasi 4,45 gram. Selanjutnya mie instan yang telah kadaluarsa 234 karung ditambah 130 kardus, minuman keras 1320 botol, obat-obatan tanpa izin edar 135 macam, kosmetik tanpa izin edar 9 macam dan ribuan rokok tanpa pita cukai.

Melalui pemusnahan barang bukti ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran kepada masyarakat agar jangan coba-coba menguasai, memakai, apalagi mengedarkannya terutama barang yang dilarang.

"Terima kasih kepada BPOM dan Dinas Kesehatan yang telah melakukan operasi. Jangan pernah ragu membawa kasus seperti ini ke ranah hukum. Terima kasih juga kepada Kajari dan jajarannya, semoga kegiatan ini bisa menimbulkan efek jera kepada siapapun," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Padang, Syamsul Bahri menyampaikan, pemusnahan barang bukti ini adalah bagian dari tugas penegakan hukum yang titik akhirnya adalah pemusnahan barang bukti. "Hal ini juga dilakukan di Polresta Padang maupun Polda Sumatera Barat," kata Syamsul.

Walikota Padang diwakil Kepala Kantor Kesbangpol Mursalim menyambut baik pemusnahan BB tersebut. Ia pun berharap perkara yang telah disidangkan dan dimusnahkan kali ini terus ditekan di Kota Padang.

"Melalui pemusnahan BB ini kita tentu berharap dapat memberikan efek jera bagi masyarakat agar jangan sekalipun mencoba menguasai, memakai, apalagi mengedarkan barang yang terlarang. Karena selain merugikan orang lain juga diri kita sendiri," ujarnya.

Pemusnahan BB dengan menggunakan mesin giling dan pembakaran di drum bekas itu dilakukan unsur Forkopimda antaralain Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Padang, Syamsul Bahri, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, Ketua Pengadilan Negeri Padang, Bambang Heri Mulyono, Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti dan Walikota Padang diwakili Kepala Kantor Kesbangpol Mursalim, Ka Rutan Anak Aia Azhar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani dan lainnya.

Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan Penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Barang bukti oleh Kajari Padang Syamsul Bahri dengan saksi Ketua Pengadilan Negeri Padang Bambang Heri Mulyono Ketua BNK Kota Padang diwakili Kepala Kantor Kesbangpol Mursalim dan perwakilan BPOM Padang. (RI)

Loading...
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kriminal,padang,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Mahyeldi di Mata Tokoh Senior Nasional Azwar Anas

Mahyeldi di Mata Tokoh Senior Nasional Azwar Anas

PADANG -- Tokoh Nasional dan Minangkabau Azwar Anas Datuak Rajo Sulaiman memberikan catatan khusus bagi politisi PKS...

Begini Fakta-fakta Setelah Pesawat Sipil Ukraina Ditembak Jatuh Iran

Begini Fakta-fakta Setelah Pesawat Sipil Ukraina Ditembak Jatuh Iran

INTERNASIONAL - Iran telah mengaku bahwa pihaknya secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat jet penumpang Ukraina...

Guru dan Murid Berprestasi di Padang Panjang Berpeluang Dapat Beasiswa ke Jepang

Guru dan Murid Berprestasi di Padang Panjang Berpeluang Dapat Beasiswa ke Jepang

PADANG PANJANG -- Salah satu program unggulan dari Pemerintah Kota Padang Panjang di bawah kepemimpinan Fadly- Asrul...

Diduga Pengedar Narkoba, Seorang Warga Solok Diciduk Polisi

Diduga Pengedar Narkoba, Seorang Warga Solok Diciduk Polisi

SOLOK -- Jajaran Satuan Narkoba, Polres Solok ciduk seorang pria penyalahgunaan narkoba berinisial S (40), warga Jorong...

Tak Kenal Putus Asa, Lansia Pariaman Ini Belajar Baca Al-Quran di Usia Senja

Tak Kenal Putus Asa, Lansia Pariaman Ini Belajar Baca Al-Quran di Usia Senja

PARIAMAN -- Meskipun telah lanjut usia (Lansia) namun tidaklah menjadi halangan bagi ibu-ibu dari kelompok majelis...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media