Sunday, 21 Oct 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Banjir Rendam Bonjol Pasaman, Tiga Rumah Warga Hanyut

Jumat, 12 Oktober 2018 - 11:46:34 WIB - 1368
Banjir Rendam Bonjol Pasaman, Tiga Rumah Warga Hanyut
Luapan sungai Hulu Masang mengakibatkan banjir di Kecamatan Bonjol, Pasaman, Jumat (12/10)


PASAMAN - Bencana banjir yang selalu menjadi momok menakutkan di kala curah hujan tinggi, kembali melanda wilayah Kabupaten Pasaman. Banjir bandang kali ini di kecamatan Bonjol dan sekitarnya, hujan tak henti semenjak pukul 19.30 WIB, Kamis malam hingga Jumat pagi (12/10/2018).

Dari pantauan Minangkabaunews hingga pagi ini, musibah banjir mengakibatkan tiga rumah warga hanyut.

BPBD Pasaman mencatat tiga unit rumah masyarakat di Kecamatan Bonjol hanyut akibat dihantam banjir, Jumat 12 Oktober 2018 sekitar pukul 2.20 WIB dini hari namun tidak ada korban jiwa. Korban banjir telah dievakuasi ke tempat yang aman. BPBD Pasaman juga belum merinci siapa saja nama korban yang rumahnya hanyut tersebut.

Kepala BPBD juga menyampaikan, dari sejumlah Kecamatan di Pasaman yang dilanda Banjir Bandang sudah ratusan warga yang mengungsi dan belum ada laporan korban jiwa.

"Kita mengharapkan bantuan Dinas Sosial untuk mendirikan tenda untuk pengungsian. Dan kita juga mohon bantuan personil Satpol PP untuk membantu memindahakan barang warga yang kena dampak banjir," kata Maspet, Kepala BPBD Pasaman.

Salah seorang warga Bonjol, Inal mengatakan bencana banjir tersebut diakibatkan luapan Sungai Hulu Masang di Kecamatan Bonjol yang ada dipinggir daerah tersebut.

"Banjir ini luapan dari Sungai Hulu Masang yang ada dipinggir kampung ini. Karena dari sore Kamis hingga Jumat dini hari intensitas hujan sangat tinggi," terang Inal.

Inal yang kesehariannya berjualan makanan kipang khas Pasaman yang tokonya dipinggir sungai Hulu Masang ikut terendam banjir.

"Bahan baku Kipang Pulut bersama bahan lainnya ikut terendam banjir dengan kerugian materi sekitar Rp100 Juta. Mega Wisata Kuliner yang ada di samping kedai saya pun ikut terendam. Namun saya belum tahu pasti kerugiannya," tambahnya.

Kemudian Inal juga mengatakan satu unit jembatan gantung yang berada di Kampung Jambak Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol penghubung antara Kampuang Jambak dan Tanjung Alai Subarang itu mulai amblas.

Banjir setinggi satu meter menghantam Kecamatan Bonjol sejak tadi malam. Puluhan rumah warga dilaporkan terendam akibat banjir tersebut. Banjir terjadi di Pasar Kumpulan, puluhan rumah terendam setinggi satu meter. Tidak banyak barang-barang warga yang bisa diselamatkan.

Kemudian banjir juga merendam Simpang Mangkuk, Jorong Padang Baru. Banjir juga sampai ke jembatan Kumpulan. (M. Afrizal)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Romeo
Tag: daerah,metro,pasaman,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sah, Laporkan Kasus Korupsi Kini Bisa Dapat Rp 200 Juta

Sah, Laporkan Kasus Korupsi Kini Bisa Dapat Rp 200 Juta

NASIONAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 2018. Kini pelapor kasus korupsi...

Chelsea vs MU, Juan Mata: Stamford Bridge Sulit Ditaklukkan

Chelsea vs MU, Juan Mata: Stamford Bridge Sulit Ditaklukkan

BOLA - Manchestser United (MU) bersiap menghadapi Chelsea di lanjutan laga Liga Inggris, akhir pekan ini. Gelandang MU,...

Disdik Kota Padang Bertekad Tingkatkan Terus Mutu Pendidikan

Disdik Kota Padang Bertekad Tingkatkan Terus Mutu Pendidikan

PADANG -- Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan bahwa dinas pendidikan adalah rumah gadang bagi semua...

PAN Gandeng KPU dan Bawaslu Pasaman Sosialisasikan Aturan Kampanye kepada Calegnya

PAN Gandeng KPU dan Bawaslu Pasaman Sosialisasikan Aturan Kampanye kepada Calegnya

PASAMAN - Partai Amanat Nasional (PAN) menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman serta Bawaslu Pasaman...

Ini Alasan Pemerintah tidak Tetapkan Tsunami Palu Jadi Bencana Nasional

Ini Alasan Pemerintah tidak Tetapkan Tsunami Palu Jadi Bencana Nasional

JAKARTA - Pemerintah tidak akan menetapkan gempa dan tsunami yang melanda Palu dan wilayah Sulawesi Tengah sebagai...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media