Thursday, 17 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Dua Tersangka Penembak Gedung DPR Ternyata Pegawai..

Rabu, 17 Oktober 2018 - 06:29:33 WIB - 78899
Dua Tersangka Penembak Gedung DPR Ternyata Pegawai..
IAW dan RMY tersangka penembak gedung DPR (Foto: Detik.com)


NASIONAL - Polisi akan memeriksa A dan G anggota Perbakin yang senjatanya dipinjam oleh IAW dan RMY. A dan G merupakan anggota Perbakin yang memiliki izin kepemilikan senjata.

A dan G diperiksa untuk mengetahui kronologis peminjaman senjata apinya untuk dipakai IAW dan RMY di Lapangan Tembak, Senayan, hingga akhirnya salah tembak dan peluru nyasar ke Gedung DPR. Padahal, meminjamkan senjata api tidaklah diperkenankan.

IAW dan RMY sendiri sebenarnya bukan anggota Perbakin melainkan pegawai negeri sipil Kementerian Perhubungan. Keduanya juga tak punya izin kepemilikan senpi.

"Kami akan memeriksa terhadap A dan G yang memiliki senjata ini, dan bagaimana bisa memberikan pinjaman senjata kepada yang bersangkutan. Aturannya jelas bahwa seseorang itu bisa membawa senjata setelah dia mempunyai izin. Kedua, senjata juga harus ada izinnya. Kalau salah satu tidak ada itu, kena UU Darurat," kata Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nico Afinta Karo-Karo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (16/10/2018).

Dia menjelaskan polisi hendak mencari tahu apakah A dan G memberi izin atau tidak terkait pemakaian senpi itu pada IAW dan RMY. Senjata keduanya disimpan di gudang senjata Perbakin.

Pada saat kejadian, hanya IAW yang bermasalah ketika mengoperasikan senpi hingga akhirnya peluru nyasar ke Gedung DPR. Sementara RMY tak sampai demikian.

"Senjata ini kalau untuk olahraga aturannya disimpan dan dititipkan di gudang senjata Perbakin, sehingga seseorang apabila ingin latihan datang, menunjukkan surat KTA, menunjuk senjatanya, diambil dari gudang. Kemudian mereka bisa melakukan latihan, selesai latihan, senjata ditaruh lagi di gudang, dibersihkan, dititipkan. Aturannya seperti itu," ucap Nico menjelaskan.

Sebelumnya, dilaporkan dua ruangan anggota DPR yaitu milik Wenny Warouw (Gerindra) dan Bambang Heri Purnama (Golkar) diduga ditembak sekitar pukul 14.35 WIB. Jarak waktu antara dua penembakan ini hanya berbeda sedikit. (vv)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/viva.co.id
Tag: hukum,indonesia,legislator,metro,nasional,politik,pos-polisi

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Praktik Demokrasi Yang Diawasi

Praktik Demokrasi Yang Diawasi

Oleh: Rini Juita Peraturan perundang-undangan adalah acuan bagi pelaksanaan pemilu yang bertujuan untuk menegakkan...

Desi Asmaret Beri Pencerahan Kepada Puluhan Mubalighat Aisyiyah

Desi Asmaret Beri Pencerahan Kepada Puluhan Mubalighat Aisyiyah

...

Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu di Tanah Datar

Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu di Tanah Datar

TANAH DATAR - Satuan Resnarkoba Polres Tanah Datar kembali ringkus dua orang penyalahgunaan Narkotika jenis Sabu di...

Tahun 2018 UMKM Kota Pariaman Terima Bantuan Rp 70 Milyar

Tahun 2018 UMKM Kota Pariaman Terima Bantuan Rp 70 Milyar

PARIAMAN - Kadis Perdagangan, Perindustrian, Koperasidan dan Usaga Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Kota Pariaman...

Wabup Pasaman Atos Pratama: Siswa SMK Ilmunya Harus Bertambah Setelah PKL

Wabup Pasaman Atos Pratama: Siswa SMK Ilmunya Harus Bertambah Setelah PKL

PASAMAN - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan Praktek Kerja Lapangan (PKL) diharapkan ilmu dan wawasannya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media