Monday, 26 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Istana Pagaruyuang Jadi Lokasi Finis Etape 3 TdS 2018

Minggu, 04 November 2018 - 05:41:07 WIB - 11119
Istana Pagaruyuang Jadi Lokasi Finis Etape 3 TdS 2018
Istana Pagaruyung (Foto: Dok. Istimewa).


TANAH DATAR - Istana Basa Pagaruyuang, Tanah Datar menjadi lokasi finis etape ke-3 Tour de Singkarak (TDS) yang ke-10 tahun 2018. Tour De Singkarak tahun ini dimulai hari Minggu, (04/11/2018) dengan tema One Decade For All.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma, dalam acara konfrensi pers Tour de Singkarak 2018 di gedung Indo Jolito Batusangkar, Sabtu (03/11/2018).

"Dengan iven Tour de Singkarak 2018 ini, Polri, TNI, beserta OPD terkait saling bahu-membahu mensukseskan acara ini. Ini adalah bentuk wujud keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar mendukung iven ini", katanya.

"Tour de Singkarak ke 10 tahun 2018 diikuti oleh 15 tim dari mancanegara dan 5 tim nasional. Para peserta akan unjuk kekuatannya dengan melintasi 16 Kabupaten/Kota di provinsi Sumbar sepanjang 1.267 Kilo Meter untuk memperebutkan hadiah total Rp 2.3 Milyar," jelas Zuldarpi.

"Sumbar tahun ini memiliki 132 Calender Of Event (COE). Diantaranya TdS 2018, Festival Pesona Budaya Minangkabau, dan Sawalunto International Music Festival, masuk dalam dalam COE Wonderful Event dan mendapat dukungan dari Kemenpar RI. Iven TdS juga menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Sumbar, ditandai sejak penyelenggaraan TdS pertama tahun 2009", ujarnya.

Peluncuran iven TDS sebagai ajang Balap sepeda bertaraf international yang memadukan antara promosi pariwisata dan olaraga secara aktratif. TdS 2018 mengambil grand start di kota Bukittinggi, Minggu (04/11/2018) dan Grand Opening Ceremony sudah dilaksanakan di Bukittinggi, Sabtu (03/11/2018).

"Dalam menyambut Event Besar ini dan dukungan terhadap penyelenggaran kegiatan ini, pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan segenap jajarannya telah menyiapkan segalah persiapan acara terutama finis etape 3 yang akan berlangsung pada hari Selasa (06/11/2018) di Istana Basa Pagaruyung dengan agenda-agenda terbaru dalam bentuk promosi wisata di Luhak Nan Tuo ini", lanjut Wabup kembali.

Pemerintah Daerah juga mengimbau dan mengerahkan massa atau siswa/siswi sekolah untuk menonton saat pembalap melewati daerahnya dengan mengibarkan bendera kertas negara peserta, Menyediahkan Tim Medis Dan mobil Ambulance dibeberapa titik, Menghimbau masyarakat untuk menampilkan atraksi dan musik atau Kesenian Tradisional, Serta meminta pengurus Forbi Tanah Datar untuk mengkoordinir keamanan, ketertiban dan kebersihan di jalan raya di lokasi berburu.

"Kami sebagai pemerintah kabupaten Tanah Datar menghimbau semua pihak untuk ikut memberikan dukungan untuk kelancaran Tour De Singkarak 2018. Dan dukungan dari media cetak, elektronik dan Radio sebagai media untuk mempublikasihkan kegiatan Tour De Singkarak 2018 di dalam dan di luar ruangan", himbau Wabun Zuldafri.

"Dengan ada nya gelar apel siaga pengaman Tour de singkarak 2018 dari kepolisian, TNI, Satpol PP dan unsur OPD lain nya membuktikan ada nya mewujudkan keseriusan dukungan untuk mensukses kan TDS di Tanah Datar," kata Zuldafri Darma.

Sementara itu, Wakapolres Tanah Datar Kompol Mayaruddin.SH, menyampaikan terimakasih telah ada nya publikasi media cetak dan elektronik, Serta himbauan kepada masyarakat untuk ikut membantu kelancaran acara saat pembalap melewati jalan di daerahnya.

Ia menghimbau, agar untuk memasang marawa di jalan yang dilewati pembalap, menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan, tidak memarkir kendaraan di badan jalan, tidak melepaskan hewan peliharaan, Membersihkan badan jalan dari tumpukan bahan bangunan. "Bila ada pesta pernikahan untuk tidak memakai badan jalan, Eliminasi terhadap hewan atau anjing liar", himbaunya.

Dalam persiapan iven TdS 2018 ini dihadiri wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Wakapolres Tanah Datar Kompol Mayaruddin, Kasdim 03/07 Tanah Datar, Kadis Pariwisata Abdul Hakim, Kadis Kesbangpol , Forkopimda, Kabag Humas Syahril, Wartawan serta undangan lainnya. (Fernando Stroom)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,indonesia,internasional,metro,nasional,sport,sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Perguruan Silek se- Sumatera Barat Bakal Berlaga di Payakumbuh

Perguruan Silek se- Sumatera Barat Bakal Berlaga di Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Puluhan perguruan silek bakal berkumpul dan saling berlaga dalam perhelatan Festival Silek 2019 (Silek Art...

Ternyata Kota Pariaman Pernah Menjadi Pangkalan Pertama TNI AL di Pulau Sumatera

Ternyata Kota Pariaman Pernah Menjadi Pangkalan Pertama TNI AL di Pulau Sumatera

PARIAMAN - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama TNI, Agus Sulaeman, letakan batu...

Tegar Kurniawan, Siswa SMPN 2 Solsel Raih Mendali Emas Pada Kejurnas Pencak Silat SMI 2019

Tegar Kurniawan, Siswa SMPN 2 Solsel Raih Mendali Emas Pada Kejurnas Pencak Silat SMI 2019

SOLOK SELATAN -- Tegar Kurniawan siswa kelas VIII SMPN 2 Solok Selatan meraih medali emas cabang Pencak Silat pada...

Gempa Terkini: BMKG Catat Gempa M 5,3 Guncang Pariaman Pagi Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Terkini: BMKG Catat Gempa M 5,3 Guncang Pariaman Pagi Ini, Tidak Berpotensi Tsunami

PARIAMAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa mengguncang Kota Pariaman pagi ini,...

Peringati Hari Pramuka ke-58, Ini Harapan Bupati Pasaman Untuk Pramuka

Peringati Hari Pramuka ke-58, Ini Harapan Bupati Pasaman Untuk Pramuka

PASAMAN - Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis pimpin upacara peringatan hari pramuka ke- 58 di halaman kantor Bupati Pasaman,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media