Sunday, 20 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

PMI Kampar Riau Matangkan Persiapan MoU dengan PMI Bukittinggi

Sabtu, 10 November 2018 - 00:56:32 WIB - 492
PMI Kampar Riau Matangkan Persiapan MoU dengan PMI Bukittinggi
Pembahasan kerjasama PMI Kota Bukittinggi dengan PMI Kabupaten Kampar, Jumat (9/11).


BUKITTINGGI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kampar Provinsi Riau kembali mengunjungi PMI Kota Bukittinggi, Jumat (9/11/2018). Adapun kunjungan yang ketiga kali ini adalah dalam rangka pematangan persiapan kerjasama (MoU) kedua organisasi dibidang kemanusiaan ini.

Ketua PMI Kabupaten Kampar, Yusri melalui sekertaris merangkap kepala markas, Dedy Sambudi beserta tiga orang pengurus diterima ketua PMI Kota Bukittinggi, Chairunnas didampingi Kepala Unit Donor Darah (UDD) Syahrial Leman PMI Kota Bukittinggi, Fitri Wahyuni dan staf markas bidang IT, Iwin SB.

Dedy Sambudi menjelaskan bahwa pada pertemuan ketiga ini, "kita akan menindaklanjuti hasil kesepakan pengurus PMI Kota Bukittinggi dan PMI Kabupaten Kampar. PMI Kota Bukittinggi sendiri kekurangan persediaan darah, sedangkan di PMI Kabupaten Kampar memiliki potensi untuk memberikan sumbangan darah ke Bukittinggi," jelasnya.

Selanjutnya Dedy Sambudi mengatakan dalam memberikan sumbangan darah tersebut, tentunya mengikuti aturan-aturan yang disepakati Palang Merah Indonesia. Setelah disepakati nantinya bisa saja PMI Kabupaten Kampar atau PMI Kota Bukittinggi saling berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat Bukittinggi maupun masyarakat Kabupaten Kampar.

"Menyambut Hari jadi Kabupaten Kampar ke 68 bulan Februari 2019, PMI Kabupaten Kampar akan menggelar gebyar donor darah massal dan melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada, baik Instansi Pemerintah maupun Swasta, dan juga warga masyarakat itu sendiri, sehingga nantinya diharapkan akan mencapai target 1000 kantong darah," ungkap Dedy Sambudi.

Sementara itu ketua PMI Kota Bukittinggi, Chairunnas menyambut baik kerjasama kedua organisasi kemanusiaan, diakuinya, di Kota Bukittinggi sendiri memang sangat kekurangan persediaan darah, karena banyak yang memerlukan darah dari pasien beberapa rumah sakit yang ada. Sedangkan di PMI Kabupaten Kampar boleh dikatakan kelebihan persediaan darah, jadi nantinya secara tehnis, mungkin pegawai UDD Syahrial Leman PMI Kota Bukittinggi dengan menggunakan kendaraan bus donor darah akan menjemputnya ke Kampar.

"Begitu juga di waktu hari jadi Kabupaten Kampar, pengurus bersama-sama kepala markas dan juga Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bukittinggi siap merayakan acara gebyar donor darah dan akan berangkat menggunakan kendaraan bus donor darah dan kendaraan operasional," kata Chairunnas.

Sedangkan Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Bukittinggi, Fitri Wahyuni, menjelaskan, kami siap untuk bekerjasama dalam persediaan darah. Kini UDD PMI Kota Bukittinggi sendiri sedang mensosialisasikan dan mengkampanyekan donor darah, Alhamdulillah pada institusi pendidikan yaitu sekolah menengah atas sederajat dan beberapa perguruan tinggi telah bekerjasama donor darah.

"Diharapkan seluruh unsur elemen institusi pendidikan, baik itu guru atau dosen dan juga siswa atau mahasiswa mendonorkan darahnya untuk menolong dan membantu sesama manusia yang sedang membutuhkan pertolongan," pungkas Fitri Wahyuni. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,indonesia,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Upacara HUT Satpam Ke 38 Digelar di Halaman Polres Bukittinggi

Upacara HUT Satpam Ke 38 Digelar di Halaman Polres Bukittinggi

BUKITTINGGI - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke 38 tahun 2019 dengan mengusung...

Pengolah Biji Kopi di Agam Memiliki Pelanggan Hingga Luar Negeri, Ini Rahasianya

Pengolah Biji Kopi di Agam Memiliki Pelanggan Hingga Luar Negeri, Ini Rahasianya

AGAM - Vespami (52), warga Simpang Kapeh, Jorong Banda Gadang, Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam,...

Lestarikan Tradisi, Pasaman Barat Adakan Festival Maapam

Lestarikan Tradisi, Pasaman Barat Adakan Festival Maapam

PASAMAN BARAT - Kegiatan Maapam (memasak sarabi) merupakan kegiatan rutin yang diadakan masyarakat Minangkabau di...

Pentingnya IVA Test Bagi PUS di Padang, Ini Kata Kadinkes dan Harneli Bahar

Pentingnya IVA Test Bagi PUS di Padang, Ini Kata Kadinkes dan Harneli Bahar

PADANG -- Upaya optimalisasi pemeriksaan dini kanker servik dan kanker payudara Kota Padang tahun 2019, Pemerintah Kota...

Apreza Putri, Warga Nagari Bayur Serahkan Tiga Ekor Satwa yang Dilindungi ke BKSD Agam

Apreza Putri, Warga Nagari Bayur Serahkan Tiga Ekor Satwa yang Dilindungi ke BKSD Agam

AGAM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam terima tiga ekor satwa dilindungi jenis kucing hutan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media