Tuesday, 22 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

KSDA Wilayah I Pasaman Turun Evakuasi Seekor Beruang Madu Langka Terjerat Di kebun Warga

Jumat, 16 November 2018 - 07:48:11 WIB - 4123
KSDA Wilayah I Pasaman Turun Evakuasi Seekor Beruang Madu Langka Terjerat Di kebun Warga
Seekor beruang madu tejerat di alat jeratan milik warga, Kamis (15/11)


PASAMAN -- Seekor beruang madu betina (Helarctos Malayanus) ditemukan terjerat alat penjerat babi di areal perkebunan warga, tepatnya di Kampuang Padang Manduang Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman pada, Kamis, (15/11/2018) sekitar pukul 12.00 WIB.

Binatang langka berusia sekitar lima tahun ini sudah di evakuasi oleh Tim Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah I Pasaman guna dilepas kembali ke habitatnya.

Novi (47) salah seorang warga Nagari Aia Manggih Kecamatan Lubuk Sikaping pada Minangkabaunews.com mengatakan bahwa, satu ekor beruang madu yang ditemukan warga itu tidak jauh dari pemukiman warga nagari Aia manggih ini.

Katanya, beruang madu itu ditemukan dikebun warga sudah dalam keadaan terjerat oleh jeratan babi. "Kami menduga, beruang itu mencari makan ke perkebunan warga, dan terjerat oleh jeratan babi," ujarnya.

Novi menyebutkan, mendapat adanya beruang yang terjerat di kebun warga, masyarakat setempat pun langsung melaporkan peristiwa tersebut ke KSDA Pasaman.

Sementara itu, Kepala Kepala Resort BKSDA, Rully Permana melalui staf Pengendali Ekosistem Hutan Seksi Konserfasi Wilayah (SKW) I Pasaman, Adri Naldi kepada Minangkabaunews diruang kerjanya membenarkan adanya, satwa liar terjerat oleh jeratan babi di kebun warga yang tak jauh dari pemukiman warga di daerah Aia Manggih tersebut.

Adri mengatakan, adanya beruang madu yang terjerat oleh jeratan babi di kebun warga iru, dilaporkan oleh warga nagari Aia Manggih.

Setelah mendapatkan laporan, kata Adri, quick respon Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah I Pasaman, langsung turun ke lokasi untuk mencek dan memastikan laporan tersebut.

"Sebelum kita sampai ke lokasi, kita sudah meminta kepada masyarakat setempat, agar sebelum tim melakukan evakuasi tiba dilapangan, beruang madu tidak boleh dilukai maupun disakiti. Namun warga tetap menjaga jarak dari keramaian untuk menghindari satwa menjadi stres," ujar Adri.

Setelah melihat kondisi beruang tersebut, kami bersama tim penyelamatan satwa KSDA Pasaman dan dibantu oleh dokter hewan dari Puskeswan, Drh. Restu Ilham bergerak menuju lokasi untuk mengamankan satwa tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan tim bersama dokter hewan, dinyatakan bahwa Beruang madu yang terjerat tersebut dalam kondisi sehat dan layak untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya," terangnya.

Lebih jauh Adri menyebutkan, rencananya Kamis malam ini tim KSDA Pasaman akan melakukan pelepasliaran beruang madu tersebut ke habitatnya disuatu kawasan konservasi yang jauh dari pemukiman penduduk.

"Pelaksanaan penyelamatan satwa liar ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan KSDA Pasaman dalam rangka tanggap darurat penanggulangan konflik antara manusia dan satwa liar," terangnya.

Pada kesempatan itu, Adri berpesan kepada warga sekitar untuk tidak memasang jerat babi disekitar kawasan, walaupun di areal perkebunan sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali. Kami juga meminta kepada pemerintah setempat untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat lainnya.

"Kami berharap untuk kedepannya kesadaran melestarikan satwa liar makin tumbuh di kalangan masyarakat dan pemasangan jerat babi tidak lagi dilakukan sehingga anak cucu kita masih dapat melihat keanekaragaman satwa di daerah ini," ujar Adri menyampaikan sesusai instruksi Kepala KSDA Pasaman.
(M. Afrizal)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pasaman,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

56 Mahasiswa Angkatan III PDD Politeknik Negeri Lampung Rintisan AKN Mentawai Diwisuda

56 Mahasiswa Angkatan III PDD Politeknik Negeri Lampung Rintisan AKN Mentawai Diwisuda

MENTAWAI - Sebanyak 56 Mahasiswa Angkatan III, Tahun Akademik 2017/2018 Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik...

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota, TNI Laksanakan Pembangunan Fisik dan Penyuluhan Narkoba

LIMAPULUH KOTA - Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N) Kabupaten Lima Puluh Kota, Ahmad...

Mahyeldi Rombak 30 Pejabat di Pemko Padang, Ini Alasannya

Mahyeldi Rombak 30 Pejabat di Pemko Padang, Ini Alasannya

PADANG -- Sedikitnya 30 pejabat eselon III dan IV serta kepala sekolah di Pemerintahan Kota Padang, dilantik dan...

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni Sampaikan Nota Keuangan APBD Tahun 2020

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni Sampaikan Nota Keuangan APBD Tahun 2020

PESISIR SELATAN -- Bupati Kabupaten Pesisir Selatan menyampaikan nota keuangan rencana Anggaran Pendapatan Belanja...

Masyarakat Mentawai Sempat Ricuh Akibat Ada Dugaan Dukun Santet, Kapolres: Kondisi Sudah Kondusif

Masyarakat Mentawai Sempat Ricuh Akibat Ada Dugaan Dukun Santet, Kapolres: Kondisi Sudah Kondusif

MENTAWAI - Kapolres bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai kunjungi Dusun Politcoman Siberut Barat, terkait...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media