Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Payakumbuh

Gandeng Pemerintah Kota Payakumbuh, TNI Tanam 1000 Pohon di Payobasuang

Selasa, 27 November 2018 - 16:18:33 WIB - 933
Gandeng Pemerintah Kota Payakumbuh, TNI Tanam 1000 Pohon di Payobasuang
TNI Bersama Pemerintah Kota Payakumbuh dalam Menyambut Hari Juang Kartika 2018, Selasa (27/11)


PAYAKUMBUH-Menyambut Hari Juang Kartika yang jatuh pada 19 Desember 2018 mendatang, Komandan Distrik Militer 0306/50 Kota, Letkol Solikhin S.Sos MM membuka aksi penghijauan di Jalan By Pass Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh. Seribu bibit pohon ditanami disepanjang Jalan By Pass yang sudah mulai gersang.

Aksi penghijauan ini langsung diperintahkan oleh Mabes TNI yang berinisiatif untuk program penghijauan berkelanjutan di daerah-daerah yang masuk dalam basis perjuangan PDRI (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota-red). Pasalnya, daerah yang kaya akan nilai sejarah ini sudah mulai gersang dan rawan banjir.

"Dalam merealisasikan program penghijauan ini, kami dari TNI AD menggandeng pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Saat ini, kami tanam seribu bibit pohon di sepanjang jalan By Pass Payobasuang. Selanjutnya akan ada aksi penghihjauan di lokasi lain yang masuk wilayah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota," kata Komandan Distrik Militer 0306/50 Kota,Letkol Solikhin S.Sos MM melalui Kasdim Mayor HS Pasaribu usai membuka aksi penghijauan, Selasa (27/11/2017).

Dikatakannya, setiap hari Jumat akan dilangsungkan aksi penghijauan oleh seluruh Koramil yang berada di bawah komando Kodim 0306/50 Kota sebanyak 100 pohon diwilayahnya masing-masing.

"Ini akan menjadi program rutin yang berkelanjutan. Usai peringatan Hari Juang Kartika, program ini akan terus berjalan. Setiap hari Jumat, seluruh Koramil yang berada di bawah komando Kodim 0306/50 Kota akan menanam 100 bibit pohon di wilayahnya. Khususnya di daerah yang sudah gersang dan hul sungai yang hutannya sudah gundul," kata Mayor HS Pasaribu.

Sampai saat ini, bibit pohon masih diusahakan secara swadaya oleh Kodim 0306/50 Kota. Namun, diharapkan pada program penghijauan ini pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota bisa membantu nantinya.

"Semoga permintaan kami untuk bibit bisa dipenuhi oleh Pemerintah Kota Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota. Pasalnya, ini akan menjadi program rutin nanti di tahun 2019," katanya.

Usai menanami seribu bibit pohon di Payobasuang, Rabu (28/11/2019) akan menanami seribu bibit pohon di Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota. Hal ini akan terus berlanjut sampai puncak peringatan hari Juang Kartika yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2018 mendatang.

Sementara itu, Kabid Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Hepi S.IP menuturkan pada aksi penghijauan yang dilakukan oleh Kodim 0306/50 Kota ini pihaknya mengerahkan 20 tenaga kebersihan sebagai tenaga pembantu. Termasuk 2 truk dan 3 mobil pick up untuk mensukseskan acara penghijauan ini.

Kemudian, bibit pohon yang telah ditanami ini akan diserahkan kepada penanggung jawab pertamanan kota wilayah Kecamatan Payobasuang untuk dirawat dan dijaga. "Terima kasih kepada Kodim 0306/50 Kota yang membantu penghijauan di Kota Payakumbuh ini. Setelah ini urusan kami yang akan merawat dan menjaga agar bibit ini bisa tumbuh seperti yang diharapkan," katanya.

Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: payakumbuh

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kegiatan Siaga Sar Angkutan Lebaran Sudah Usai, Basarnas Mentawai Gelar Upacara Penutupan

Kegiatan Siaga Sar Angkutan Lebaran Sudah Usai, Basarnas Mentawai Gelar Upacara Penutupan

MENTAWAI - Dengan berakhirnya kegiatan Siaga Sar Angkutan Lebaran tahun ini, Badan Sar Nasional (Basarnas) Kabupaten...

Sebut Langgar Perda Kota Payakumbuh, Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota Tersinggung

Sebut Langgar Perda Kota Payakumbuh, Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota Tersinggung

PAYAKUMBUH - Terkait Pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman...

Batik Khas Minang Terkandung Nilai Filosofi ABS-SBK

Batik Khas Minang Terkandung Nilai Filosofi ABS-SBK

PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui instansi-instansi terkait terus menggenjot pengembangan...

Ketua PN Pessel: Narkoba dan Asusila Kasus Dominan di Pessel

Ketua PN Pessel: Narkoba dan Asusila Kasus Dominan di Pessel

...

Masih Tradisional, Buayan Kaliang di Objek Wisata Pariaman Diserbu Wisatawan

Masih Tradisional, Buayan Kaliang di Objek Wisata Pariaman Diserbu Wisatawan

PARIAMAN - Meskipun masih tradisional dan menggunakan tenaga manusia namun buaya kaliang masih diminati pengunjung...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media