Tuesday, 11 Dec 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

PMI Kota Bukittinggi Mengadakan Jumbara PMR Se Sumatera Barat

Kamis, 06 Desember 2018 - 10:09:28 WIB - 678
PMI Kota Bukittinggi Mengadakan Jumbara PMR Se Sumatera Barat
Rapat pembahasan kegiatan jumbara PMR Wira se Sumbar di markas PMI Bukittinggi, Rabu (5/12)


BUKITTINGGI - Kegiatan Jumpa Bhakti dan Gembira (Jumbara) Palang Merah Indonesia (PMR) Wira se Sumatera Barat yang diadakan PMI Kota Bukittinggi adalah kegiatan lima tahunan atau satu periode kepengurusan PMI Kota Bukittinggi yang dilaksanakan sebagai sarana evaluasi pembinaan anggota Palang Merah Remaja (PMR) sebagai bagian pendidik remaja sebaya, anggota KSR dan TSR.

Hal tersebut disampaikan Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas kepada MinangkabauNews, di markas PMI setempat, Kamis (6/12/2018).

Dijelaskan Chairunnas, Jumbara PMI tingkat PMR Wira dimulai dari tanggal 13 hingga 16 Desember 2018 bertempat di objek wisata dan bumi perkemahan pramuka, Panorama Baru diikuti anggota PMR se Sumatera Barat. Dan akan dihadiri oleh dewan pelindung PMI Kota Bukittinggi serta ketua dan pengurus PMI Sumatera Barat.

"Untuk mematangkan pelaksanaan Jumbara tahun 2018 ini tingkat Sumatera Barat, terlebih dahulu diadakan pertemuan pembahasan, Rabu (5/12/2018) dihadiri seluruh kepanitiaan termasuk kepala markas, Ahmad Jais, staf markas dan ketua panitia Erna Yenti di markas PMI setempat", ujarnya.

Disampaikan kegiatan itu juga masuk dalam strategi internasional tahun 2015 sebagai wahana penyusunan strategi pembinaan remaja di negara-negara lainnya melalui perhimpunan internasional palang merah dan bulan sabit merah.

"Wacana berikutnya, setelah pelaksanaan Jumbara PMR PMI se Sumatera Barat ini, PMI Kota Bukittinggi akan mengadakan Jumbara PMR PMI se Indonesia", ucap Chairunnas.

Sementara itu kepala markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk dari pembinaan bagi palang merah remaja dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik dan mengandung unsur-unsur pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan usia remaja dan pemuda.

"Wadah yang telah disiapkan untuk pembinaan dan evaluasi bagi mereka dinamakan Jumbara PMR Wira yang dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan dengan mengurangi sifat kompetisi/lomba dan lebih menekankan pada evaluasi bersama dikaitkan dengan proses pembinaan PMR dengan tugas peran dan fungsi masing-masing komponen seperti pengurus, staf, pembina PMR, fasilitator PMR, pelatih bidang dan anggota PMR", terangnya.

Disamoing itu, ketua panitia Jumbara PMR Wira PMI Kota Bukittinggi, Erna Yenti menjelaskan, kegiatan ini mengusung tema "Jumbara PMR PMI Tingkat Sumatera Barat Tahun 2018". Keberadaan PMR sebagai cikal bakal relawan PMI masa depan, hendaklah selalu dibina dan dikembangkan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, sehingga pada akhirnya PMI memiliki sumber daya manusia yang banyak dan handal sebagai tulang punggung PMI.

"Oleh karena itu PMR haruslah menjadi fokus dan perhatian yang serius dalam pembinaannya. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah dalam melaksanakan evaluasi komprehensif terhadap pembinaan dan pendidikan keterampilan serta pengetahuan yang telah dituangkan dalam kurikulum PMR Wira yang mengacu kepada capaian pembentukan sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam melahirkan relawan yang berkarakter", katanya.

Selain itu juga diadakan pelatihan jurnalistik dengan narasumber dari media online MinangkabauNews.com dan satu lagi dari media cetak.

"pelatihan ini untuk membekali peserta dengan pengetahuan tehnis penulisan, pengambilan foto dan vidio. Agar nantinya peserta dapat membuat tulisan sekitar kegiatan PMR di masing-masing daerahnya untuk di publikasikan baik itu melalui majalah dinding (mading) atau media cetak dan cyber, pelatihan itupun berlangsung selama tiga hari, satu hari pembekalan teori dan dua hari berikutnya penugasan lapangan", pungkas Erna Yenti. (Iwin SB)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Seorang Pria Warga Pasaman Ditemukan Gantung Diri Di Pohon Jengkol

Seorang Pria Warga Pasaman Ditemukan Gantung Diri Di Pohon Jengkol

PASAMAN - Masyarakat Kampung Paya Beringin, Nagari Cubadak, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman digegerkan dengan...

Cegah Longsor, Kodim 0305 Pasaman Lakukan Hal Ini

Cegah Longsor, Kodim 0305 Pasaman Lakukan Hal Ini

PASAMAN - Sebanyak 150 batang pohon Mahoni dan Surian ditanam personil Koramil 04/Bonjol, Kodim 0305 Pasaman bersama...

Sertijab Waka Polres Dan Kapolsek Banuhampu Bukittinggi, Ini Harapan Kapolres

Sertijab Waka Polres Dan Kapolsek Banuhampu Bukittinggi, Ini Harapan Kapolres

BUKITTINGGI - Proses mutasi di lingkungan Polda Sumatera Barat kembali bergulir dan termasuk juga para perwira yang ada...

Triathlon 2018: 8 Negara Lintasi Destinasi Wisata Kota Pariaman

Triathlon 2018: 8 Negara Lintasi Destinasi Wisata Kota Pariaman

PARIAMAN - Hari pertama gelaran Pariaman international Triathlon 2018 berlangsung semarak. Walikota Pariaman Genius...

Pengiriman TKI Ke Luar Negeri, Kepala Dinas Perdaginnaker Pasaman : Jangan Berangkat Sebelum Siap

Pengiriman TKI Ke Luar Negeri, Kepala Dinas Perdaginnaker Pasaman : Jangan Berangkat Sebelum Siap

PASAMAN - Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman yang bekerja sama dengan Balai Pelayanan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media