Tuesday, 11 Dec 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

RSUD Lubuk Sikaping Raih Hasil Terbaik, Ini Kata Bupati

Jumat, 07 Desember 2018 - 15:19:00 WIB - 583
RSUD Lubuk Sikaping Raih Hasil Terbaik, Ini Kata Bupati
Bupati Pasaman Yusuf Lubis, saat penutupan penilaian akreditasi di Aula RSUD Lubuk Sikaping, Kamis (06/12).


PASAMAN - Pemerintah daerah (Pemda) sebagai pemilik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tidak akan tinggal diam dalam peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit tersebut. Termasuk dalam hal penganggaran dan kebijakan lainnya.

"Kita tidak akan tutup mata. Untuk kemajuan di rumah sakit ini apapun akan dilakukan oleh pemerintah sebagai pemilik. Apalagi dalam menghadapi akreditasi ini", kata Bupati Pasaman Yusuf Lubis, saat penutupan penilaian akreditasi di Aula RSUD Lubuk Sikaping, Kamis (06/12).

Yusuf Lubis juga optimis dalam penilaian akreditasi oleh Tim Surveior Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), RSUD Lubuksikaping dapat meraih hasil terbaik.

"Usaha kita sudah cukup. Untuk hasil serahkan kepada Allah SWT. Tapi saya optimistis RSUD Lubuk Sikaping dapat meraih akreditasi paripurna", Lanjutnya.

Sementara Ketua Tim Surveior akreditasi rumah sakit, Dr Tri Hastuti, MS, Sp.OK mengatakan, akreditasi rumah sakit bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, memberikan jaminan, kepuasan dan perlindungan kepada masyarakat.

"Akreditasi ini adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh Badan Independen (KARS/JCI) pada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang ditentukan," ujarnya.

Akreditasi terhadap rumah sakit, kata dia, akan memberikan pengakuan kepada rumah sakit yang telah menerapkan standar yang ditetapkan, serta menciptakan internal RS yang kondusif untuk pengeobatan dan penyembuhan pasien. Jadi, akreditasi sebagai upaya peningkatan mutu berkesinambungan," ujarnya.

"Sejumlah syarat harus dipenuhi oleh pihak rumah sakit bila ingin lulus akreditasi dan mendapatkan predikat tertinggi, yakni paripurna. Sebagaimana diatur dalam standar mutlak kelulusan akreditasi"katanya

"Rumah sakit harus dipimpin oleh tenaga medis (dr/drg), memiliki izin IPAL dan izin operasional yang valid, pengadaan obat-obatan dari jalur distributor resmi, pelaksanaan pelayanan kemotrapi harus sesuai standar dan peraturan perundang-undangan, tenaga medis memiliki STR dan SIP valid untuk memberikan asuhan kepada pasien," ungkapnya.

Ia mengatakan, besarnya dukungan pemilik dalam hal Pemuda menjadi kekuatan bagi rumah sakit tersebut. Selain itu, sumber daya yang inovatif, semangat kebersamaan seluruh jajaran dan institusi.

"Selain milik Pemerintah Kabupaten Pasaman, akses ke rumah sakit ini juga mudah dijangkau," katanya.

Ia berharap usai penilaian akreditasi dilakukan budaya kerja seluruh stake holder dan karyawan rumah sakit tetap berorietansi pada standar, proses pelayanan sesuai standar pelayanan operasional atau standar lain yang berorientasi pada kepuasan pasien.

"Tidak hanya itu, perencanaan manajemen atau operasional rumah sakit sesuai dengan standar, meningkatnya kinerja rumah sakit, meningkatkan kesejahteraan karyawan," pungkasnya. (Verdi).

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pengiriman TKI Ke Luar Negeri, Kepala Dinas Perdaginnaker Pasaman : Jangan Berangkat Sebelum Siap

Pengiriman TKI Ke Luar Negeri, Kepala Dinas Perdaginnaker Pasaman : Jangan Berangkat Sebelum Siap

PASAMAN - Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman yang bekerja sama dengan Balai Pelayanan...

Strategi PR 2.0 di Era Digital Masa Kini

Strategi PR 2.0 di Era Digital Masa Kini

Oleh: Nada Dova Resbu Saat ini perkembagan teknologi sangatlah pesat, begitupun dengan kemajuan bidang kehumasan...

Dapat Apresiasi Kadis Kehutanan Sumbar, Inilah Catatan Akhir Tahun 2018 Warsi

Dapat Apresiasi Kadis Kehutanan Sumbar, Inilah Catatan Akhir Tahun 2018 Warsi

PADANG -- Di penghujung tahun 2018, Komunitas Konversi Indonesia (KKI) WARSI menggelar Media Gathering bersama belasan...

Gerombolan Teroris Bantai 31 Pekerja Jembatan Habema-Mugi Papua

Gerombolan Teroris Bantai 31 Pekerja Jembatan Habema-Mugi Papua

NASIONAL -- Gerombolan teroris melakukan pembantaian massal terhadap 31 pekerja dari PT Istaka Karya (BUMN)Jembatan...

Insinyur Asing Mendominasi, Ini Respon Wapres Jusuf Kalla

Insinyur Asing Mendominasi, Ini Respon Wapres Jusuf Kalla

PADANG -- Wakil Presiden Republik Indonesian H. Jusuf Kalla menghadiri dan membuka Kongres Persatuan Insinyur Indonesia...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media