Tuesday, 11 Dec 2018
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Opini : Pentingnya Peran Humas Dalam Suatu Instansi

Sabtu, 08 Desember 2018 - 08:16:39 WIB - 709
Opini : Pentingnya Peran Humas Dalam Suatu Instansi
Ilustrasi seorang Humas (foto istimewa)


Oleh : Reskia Hutari Zulfi

Nyawa sebuah Instansi Berada Dalam Genggaman Humas

Humas atau Public Relation (PR), adalah suatu yang berhubungan dengan masyarakat banyak atau juga bisa disebut khalayak. Dimana disisni mreka berperan dalam sebuah instansi yang mempunyai peran yang sangat besar dalam mempertahankan citra dalam perusahaan ataupun pemerintahan. Disini Humas harus bisa menjalin hubungan baik dengankhalayak agar dapat menjaga nama baik suatu instansi pemerintahan yang kelola agar dapat terhindar dari isu atau krisis yang akan dapat merugikan sebuah instansi. Seorang Public Relation(PR) harus mempunyai atau mendapatkan kepercayaan dari masyarakat karena seorang PR harus juga mempunyai citra baik di mata public.

Humas berperan aktif dalam sebuah masalah yang menyangkut nama baik sebuah instansi, karena tanpa adanya campur tangan dari humas maka sebuah instansi tersebut tidak akan terselesaikan dengan mudah, mereka mempunyai banyak strategi dalam menangi masalah yang akan mereka hadapi, humas dan pr tidak berbeda, mereka mempunyai peran yang sama dan berpengaruh besar bagi sebuah instasi baik instansi pemerintahan maupun swasta.

Sebuah instansi bahkan membutuhkan citra yang baik dan mendapatkan kepercayaan public untuk modal awal membangun sebuah instansi, maka disinilah PR berperan untuk menciptakan suatu citra yang baik untuk sebuah instansi tersebut, agar banyak dikenal orang banyak.

Di sebuah instansi pemerintahan pada akhir-akhir ini, juga banyak informasi yang tidak benar atau simpang siur disinilah humas selaku hubungan masyarakat yang akan membenarkan sebuah informasi terkait kebenaran yang ada. Pada saat krisis ataupun isu melanda maka yang memegang andil dalam maslah ini adalah humas mereka yang berperan aktif agar masalah tersebut dapat terselesaikan.

Kita sebagai Warga Negara Indonesia yang Cerdas hendaklah bisa menimbang-nimbang berita atau informasi yang benar adanya buka mempercayai Hoax yang disebarkan melalui berbagai media kita harus pintar dalam menggunakan teknologi, disini seorang humas juga dapat menggunakan teknologi sebagaimana yang sudah kita tahu bahwa pada zaman sekarang sudah modern sekli dan canggih , humas dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk menanggani krisis atau isu yang tersebar tanpa adanya kebearan. Jika humas tidak ada maka sebuah instansi akan pusing dan susah unuk membuat isu-isu tersebut hilang atau diselesaikan dengan mudah, seperti yang saya samoaikan diatas humas maupun PR mempunyai sebuah strategi yang jitu untuk menagani hal tersebut.

Dalam hal ini sebuah instansi membutuhkan kualitas humas yang bagus dan baik, jika maslaah mereka terselesaikan yang akan menikamati hasil dari kerja keras seorang humas tersebut , tetapi lain halnya jika ada sebuah isu datang maka yang dicari atau yang akan disorot adalah humas , maka disini saya membicarakan kualitas seorang humas yang harus memiliki sebuah skill yang bagus untuk mencapai sebuat citra dan instansi yang baik.

Maka disinilah letak dimana nyawa sebuah instasi ada digenggaman humas atau PR, mereka yang akan bertanggung jawab atas nama baik sebuah instansi tersebut mereka juga yang akan membanggun sebuah hubungan baik dengan masyarakat banyak.
Upaya-upaya yang mereka lakukan tersebut akan membuahkan hasil yang bagus ketika instansi tersebut terjaga dengan baik, dan jika datang sebuah isu-isu pada instansi tersebut dan penyelesaiannya terselesaikan dengan baik dan cepat maka akan berdampak positif , sebaliknya jika masalah tersebut tidak terselesaikan dengan cepat maka akan berdampak buruk bagi sebuah instansi.

Disini humas harus bisa menstabilkan informasi-informasi yang akan sampai kepada telingga masyarakat, apakah informasi tersebut sesuai dengan apa yang terjadi atau tidak.

Disini menurut saya menjadi humas itu bukanlah hal yang ngampang dan mudah karena banyak ha yang harus kita pahami , baik internal maupun eksternal. Wawasan yang luas juga akan dituntut dalam perhumasan citra yang baik dan bagaimana hubungan dengan masyarakat. Humas bagaikan pohon jika akarnya tidak kuat maka akan mudah di terjang oleh angin dan lenyap, begitu juga dengan humas. Humas juga diminta harus mengikuti perkembangan zaman dan juga uptudate. Humas yang akan selalu mengontrol sebuah instansi tersebut, dengan cara membuat press realese maka humas bisa mengedalikan sesuatu hal yang menyagkut instansi, dan juga melalui conference pers humas dapat bertatap muka langsung dengan media-media yang akan meliput dan humas dapat membuat sebuah kebenaran yang ada pada instansi tersebut.

Dan perlu kita sadari betapa pentingnya humas bagi masyarakat dan sebuah instansi yang akan menghubungkan mereka melalui humas, maka kita harus cerdas dalam menerima sebuah suguhan berita yang akan kita terima , jangan langsung menelan mentah-mentah tetapi disaring terlebih dahulu apakah sumbernya terpercaya atau tidak biasanya ini sering dilakukan oleh praktisi-praktisi politik untuk kepentingannya sendiri dan menyuguhkan kepada masyarakat melewati media seperti televisi. Bagaimana yang sudah kita tahu seorang humas akan selalu menjaga nama baik sebuah instansi dengan baik dan secara rapi.

Nama : Reskia Hutari Zulfi
Tpt lahir : Padang,14 Agustus 1998
Alamat : Padang, jln mustika XIII no.157 Pagambiran Ampalu NAN XX
Jenis Kelamin : Perempuan
Email : Reskiahutari80@gmail.com

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: opini

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sosialisasikan Nomadic Tourism dan Digital Tourism, Ini Kata Kadis Pariwisata Sumbar

Sosialisasikan Nomadic Tourism dan Digital Tourism, Ini Kata Kadis Pariwisata Sumbar

PADANG -- Dinas Pariwisata Sumatera Barat menggelar Sosialisasi Nomadic Tourism dan Digital Tourism di Hotel Pangeran...

 Festival Batang Sinuruik II 2018, Merajut Asa Di Ujung Pasaman Barat, Ayo Ke Sinuruik

Festival Batang Sinuruik II 2018, Merajut Asa Di Ujung Pasaman Barat, Ayo Ke Sinuruik

PARIWARA PASAMAN BARAT -- Membangun kreatifitas yang bernilai dan bermanfaat bagi pembangunan memerlukan sarana untuk...

Dapat Apresiasi Kadis Kehutanan Sumbar, Inilah Catatan Akhir Tahun 2018 Warsi

Dapat Apresiasi Kadis Kehutanan Sumbar, Inilah Catatan Akhir Tahun 2018 Warsi

PADANG -- Di penghujung tahun 2018, Komunitas Konversi Indonesia (KKI) WARSI menggelar Media Gathering bersama belasan...

Sahabat Lansia Indonesia Akan Adakan Seminar Kesehatan Klibsa Tahun 2018

Sahabat Lansia Indonesia Akan Adakan Seminar Kesehatan Klibsa Tahun 2018

JAKARTA - Komunitas Lansia Indonesia Bahagia Sejahtera dan Aktif (KLIBSA) dan Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia...

Triathlon 2018: 8 Negara Lintasi Destinasi Wisata Kota Pariaman

Triathlon 2018: 8 Negara Lintasi Destinasi Wisata Kota Pariaman

PARIAMAN - Hari pertama gelaran Pariaman international Triathlon 2018 berlangsung semarak. Walikota Pariaman Genius...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media