Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Longsor, Ribuan Warga Suliki Sumbar Terisolasi

Selasa, 11 Desember 2018 - 22:08:05 WIB - 2191
Longsor, Ribuan Warga Suliki Sumbar Terisolasi
Ribuan warga di Nagari Kurai, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat terisolasi (Foto: BPBD Sumbar)


LIMAPULUH KOTA - Ribuan warga di Nagari Kurai, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa sore (11/12/2018) dilaporkan terisolir. Penyebabnya, akses jalan penghubung dua Jorong atau kampung yakni Botuang dan Jorong Mudiak Liki, terputus lantaran dihantam longsor.

Ketua Kerapatan Adat Nagari Sungai Rimbang, Suliki, Wendi Candra Dt Marajo menyebutkan, ada 20 titik tanah longsor yang menimbun sepanjang ruas jalan penghubung dua Jorong itu. Sembilan titik berada di Jorong Botuang, dan 11 titik di Mudiak Liki. Sedikitnya ada sebanyak 450 kepala keluarga yang terdampak.

"Ribuan warga masih tertahan di lokasi dan belum bisa ke mana-mana. Kecuali jalan setapak, tak satu pun kendaraan yang bisa masuk. Ada 450 Keluarga di kedua jorong itu. Masyarakat mencoba bergotong-royong sejak tadi, tapi kita terkendala alat berat," kata Wendi Candra, Selasa (11/12/2018).

Untuk memulihkan kembali keadaan, warga berharap pada pemerintah, melalui instansi terkait segera melakukan penanganan darurat dan mengerahkan sejumlah alat berat. Karena, dengan banyaknya titik-titik longsor, tidak memungkinkan untuk dibersihkan secara manual.

Ditemui terpisah, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyebutkan, dirinya saat ini sudah memerintahkan kepada BPBD, PU dan instansi terkait untuk segera bekerja membersihkan sisa material longsor. Sehingga masyarakat setempat tidak lagi terisolasi.

"Harus dikerjakan dengan baik dan ikhlas. Saya sudah perintahkan semalam-malam hari, agar membersihkan akses yang tertimbun longsor,"katanya.

Mengingat Limapuluh Kota merupakan salah satu wilayah yang rawan banjir dan longsor, Irfendi kembali menegaskan kepada seluruh masyarakat agar sementara waktu segera mencari tempat yang aman. Hal ini untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa.

"Berulang-ulang saya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan mencari tempat aman. Ini semata-mata untuk menghindari adanya korban jiwa," tutupnya.

Sementara itu, selain di Limapuluh Kota, Longsor juga menghantam ruas jalan Bukittinggi-Lubuak Sikapiang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Selain menimbun badan jalan, Dua unit kendaraan roda empat dan satu unit kendaraan roda dua juga dilaporkan tertimbun material longsor.

Hingga sore ini, BPBD Kabupaten Agam masih melakukan pembersihan material longsor dengan sistem gotong royong. Dan untuk penanganan selanjutnya BPBD berkoordinasi dengan Balai Badan Nasional dan Dinas PUPR Kabupaten untuk melakukan pembersihan dengan menggunakan tiga unit alat berat.

Berdasarkan informasi di lapangan, sekira pukul 12.40 WIB ruas jalan tersebut sudah bisa dilewati kendaraan, dengan mengutamakan kendaraan ambulans untuk lewat terlebih dahulu, dikarenakan membawa orang meninggal dan sakit.

Bahkan sekira pukul 14.55 WIB jalan sudah bisa dilewati kendaraan secara normal. BPBD Kabupaten Agam mengimbau parangkat Kecamatan, Nagari serta tokoh masyarakat untuk lebih ekstra hati-hati menghadapi cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Agam hingga beberapa minggu ke depan. (vv)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/viva.co.id
Tag: daerah,limapuluh-kota,metro,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Himpunan Mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar Angkatkan Acara Debat Dalam Bahasa Inggris Se-Sumatera

Himpunan Mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar Angkatkan Acara Debat Dalam Bahasa Inggris Se-Sumatera

TANAH DATAR -- Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN...

Menyongsong Pilkada Tahun 2020, Pemkab Pasaman Gelar Penandatanganan NPHD

Menyongsong Pilkada Tahun 2020, Pemkab Pasaman Gelar Penandatanganan NPHD

LUBUK SIKAPING - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten...

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

MENTAWAI - Pembangunan Puskesmas Muara Siberut yang terletak di Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan yang dikerjakan...

Kwarwil Hizbul Wathan Sumbar Akan Gelar Jaya Melati I, Catat Tanggalnya

Kwarwil Hizbul Wathan Sumbar Akan Gelar Jaya Melati I, Catat Tanggalnya

PADANG -- Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Sumatera Barat akan menggelar "Kursus Jaya Melati...

Ciptakan Keluarga Berkualitas, Aisyiyah Gelar Bimbingan Perkawinan bagi 50 Remaja Usia Nikah

Ciptakan Keluarga Berkualitas, Aisyiyah Gelar Bimbingan Perkawinan bagi 50 Remaja Usia Nikah

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media