Tuesday, 22 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman barat

Upacara PHI dan HKSN di Pasbar, Bupati Sebut Nama Seorang Inspirator??

Rabu, 19 Desember 2018 - 22:23:38 WIB - 402
Upacara PHI dan HKSN di Pasbar, Bupati Sebut Nama Seorang Inspirator??
Bupati Pasbar foto bersama kepala OPD usai upacara, Rabu (19/12)


PASAMAN BARAT - Di upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 90 dan Hari Kesetiakawanan Sosial (HKSN) ke 60, Nunik Astuti akan mengharumkan nama Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Pasalnya, sang inspirator di bidang pendidikan tersebut akan menerima penghargaan dari Presiden RI pada 22 Desember 2018 mendatang.

Bupati Pasbar Syahiran, sesaat setelah membacakan pidato menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Menteri Sosial dalam upacara tersebut, Rabu (19/12/2018) menyampaikan, bahwa hakekat PHI setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa. Penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa ini.

"Seperti yang dilakukan oleh Nunik Astuti sebagai inspirator perempuan Kabupaten Pasaman Barat di bidang pendidikan. Atas partisipasi dalam mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Nagari Persiapan Girimaju. Dia melakukan berbagai inovasi dan pemikirannya merubah paradigma tentang pentingnya arti pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Dia masuk nominasi yang akan diberikan penghargaan oleh Presiden RI pada PHI di Bukittinggi pada 22 Desember 2018 mendatang," tandas Syahiran.

Ia melanjutkan, PHI juga mengharapkan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan dan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup pemenuhan hak dan kemajuan perempuan.

"Perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kaki-laki. Prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggungjawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perempuan dan laki-laki keduanya adalah partnership sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional," jelas Syahiran.

Selain itu, jika berbicara terkait nilai-nilai kepahlawanan dan wawasan kebangsaan, hakikatnya semua masyarakat masih berjuang untuk membangun bangsa dan negara dalam berbagai aspek. Melalui HKSN 2018 diharapkan segenap elemen bangsa turut bersatu padu melakukan upaya mengembangkan nilai dan semangat kesetiakawanan sosial untuk mewujudkan Indonesia sejahtera.

"Berbagai aksi nyata diselenggarakan bersama, antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha seperti penyelenggaraan kampanye sosial melalui lintas batas kesetiakawanan sosial dan bulan bakti kesetiakawanan sosial," katanya.

Usai upacara bendera yang diikuti oleh seluruh Forkopimda Pasbar, Kepala OPD, Kabag, organisasi wanita Bupati Syahiran menyerahkan beberapa penghargaan kepada perempuan inspiratif. Seperti Nunik Astuti, penghargaan bagi kader posyandu yang mengabdi lebih 25 tahun di Pasbar. Penghargaan lomba ruang laktasi dan ruang bermain anak pada OPD. (h/EL)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polemik Tes Baca Alquran Capres-Cawapres, Begini Jawaban KPU

Polemik Tes Baca Alquran Capres-Cawapres, Begini Jawaban KPU

POLITIK - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menanggapi usulan Dewan Ikatan Dai Aceh agar digelar tes...

Percepat Penanganan Banjir, Pemkab Padang Pariaman Beli Dua Unit Alat Berat

Percepat Penanganan Banjir, Pemkab Padang Pariaman Beli Dua Unit Alat Berat

PADANG PARIAMAN - Musibah banjir bandang yang melanda Kabupaten Padang Pariaman sejak beberapa waktu terakhir, agaknya...

Istri-istri Kepala Daerah se-Sumbar Berkumpul di Pariaman, Ini Agendanya

Istri-istri Kepala Daerah se-Sumbar Berkumpul di Pariaman, Ini Agendanya

...

Rancangan Awal RPJMD Kota Padang Panjang Tahun 2018-2023 Disahkan

Rancangan Awal RPJMD Kota Padang Panjang Tahun 2018-2023 Disahkan

PADANG PANJANG - Rapat Paripurna DPRD Kota Padang Panjang dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Antara...

Hadapi Tahun Politik Hingga Prosesi Kuda Lumping, Ini Kata Putra Talawi Ini

Hadapi Tahun Politik Hingga Prosesi Kuda Lumping, Ini Kata Putra Talawi Ini

PADANG -- Ketua Perhimpunan Alumni Program Persahabatan Indonesia-Jepang 1987 Drs H. Darul Siska melebarkan sayapnya ke...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media