Friday, 22 Mar 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Mengedukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Pemilu, KPU Pasaman Resmikan Rumah Pintar Pemilu

Senin, 31 Desember 2018 - 16:40:53 WIB - 506
Mengedukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Pemilu, KPU Pasaman Resmikan Rumah Pintar Pemilu
Peresmian Rumah Pintar Pemilu oleh KPU Pasaman, Senin (31/12)


PASAMAN - Sebagai Upaya Mengedukasi masyarakat tentang Pentingnya Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP), Senin (31/12/2018). Peresmian RPP ini ditandai dengan Pengguntingan Pita oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis.

Kegiatan peresmian RPP ini dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat Nova Indra, Ketua pengadilan Lubuk Sikaping Cut Karnelia, SH. MH, Ketua KPU Kota Bukittinggi Benny Azis, Anggota Bawaslu Kabupaten Pasaman Kristian, S. Pdi, Kakan. Kesbangpol Kab. Pasaman Afridansyah, SH. Serta Pengurus Partai Politik se Kabupaten Pasaman.

Rumah Pintar Pemilu (RPP) adalah sarana pendidikan politik bagi pemilih dalam rangka meningkatkan partisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi.

Dalam Sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Pasaman Rodi Andermi, mengharapkan RPP dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka pendidikan politik bagi pemilih dalam meningkatkan partisipasi saat pesta demokrasi pada Pemilu Tahun 2019.

"Sebagai sarana edukasi, bagi pemilih pemula dan masyarakat pada umumnya, RPP ini diharapkan agar meningkatkan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pemilu 2019 mendatang," ujar Rodi Andermi.

RPP ini menyediakan sumber informasi dan dokumentasi terkait sejarah pemilu,
selain itu juga dilengkapi dengan berbagai buku panduan terkait pemilu. Karena itu ntuk KPU Pasaman mengimbau pemilih kiranya memanfaatkan RPP tersebut yang dibuka setiap hari kerja.

"Tujuan didirikannya Rumah Pintar Pemilu ( RPP ) adalah untuk memberikan semua Informasi yg berhubungan dengan Pemilu tahun 2019 bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman," jelas Rodi.

Sementara itu, Nova Indra selaku Komisoner KPU Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan Apresiasi tinggi serta ucapan terima kasih kepada Ketua KPU Kabupaten Pasaman beserta jajarannya atas didirikannya rumah pintar Pemilu ( RPP ) tahun 2019 di Pasaman.

Nova Indra menjelaskan Adapun fungsi dari Rumah Pintar Pemilu tersebut adalah untuk memberikan informasi dan Pendidikan Pemilih bagi masyarakat Kabupaten Pasaman khusus untuk Pemilu th 2019.

"Di RPP disediakan banyak informasi dan dokumentasi tentang Pemilu, selain itu juga ada ruang audio visual yang dapat dilihat oleh masyarakat yang menampilkan tentang sejarah pelaksanaan pemilu di Indonesia, untuk itu, dengan kehadiran RPP diharapkan masyarakat menjadi lebih paham dan pintar tentang pemilu," tegas Nova Indra.

Pihaknya menilai, RPP tersebut masih terdapat sejumlah kekurangan. Untuk itu, diharapkan adanya masukan serta dukungan, baik itu dari pemerintah daerah Pasaman maupun stakeholder untuk menjadikan RPP lebih baik lagi kedepannya. (M. Afrizal)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tingkatkan Iman, Pemerintah Kota Padang Panjang Gelar Subuh Mubarakah

Tingkatkan Iman, Pemerintah Kota Padang Panjang Gelar Subuh Mubarakah

PADANG PANJANG - Kegiatan subuh mubarakah kembali digelar Pemerintah Kota Padang Panjang di Masjid Nurul Huda Silaiang...

Pesona Wisata Mandeh Sumbar, Tampil Dalam Video Youtube Nan Artistik

Pesona Wisata Mandeh Sumbar, Tampil Dalam Video Youtube Nan Artistik

PARIWISATA - Sebuah video yuotube diunggah oleh Ancak Yorfa anak muda kreatif Tanjung Alam Tanah Datar, pemilik akun...

Razia Miras di Padang, Ratusan Botol Disita Petugas

Razia Miras di Padang, Ratusan Botol Disita Petugas

PADANG - Ratusan botol minuman beralkohol (minol) kembali disita petugas Operasi Gabungan Satuan Polisi Pamong Praja...

Kanagarian Kamang Hilia di Agam, Ternyata Menyimpan Banyak Sejarah Perjuangan Rakyar Sumbar

Kanagarian Kamang Hilia di Agam, Ternyata Menyimpan Banyak Sejarah Perjuangan Rakyar Sumbar

...

Heboh Polemik Istilah Kafir di Indonesia Dibahas Media Malaysia

Heboh Polemik Istilah Kafir di Indonesia Dibahas Media Malaysia

INTERNASIONAL - Penggantian istilah kafir menjadi perdebatan hangat di tengah masyarakat Indonesia setelah Bahtsul...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media