Friday, 22 Feb 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Doni Monardo Akan Dilantik Jokowi Besok Pagi, Inilah Sosok Kepala BNPB Baru

Rabu, 02 Januari 2019 - 00:38:11 WIB - 843
Doni Monardo Akan Dilantik Jokowi Besok Pagi, Inilah Sosok Kepala BNPB Baru
Letnan Jendral Doni monardo


JAKARTA -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/1/2019) pagi.

Jokowi menunjuk Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letnan Jenderal Doni Monardo menggantikan Kepala BNPB saat ini Willem Rampangilei.

Dalam press rilisnya Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi membenarkan pelantikan kepala badan penanggulangan bencana tersebut.

"Benar, Pak Doni Monardo yang menjadi Kepala BNPB," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP, Selasa (1/1).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Saya tidak tahu siapa pengganti Kepala BNPB saat ini, Pak Willem Rampangilei dengan pengganti yang baru. Semua itu kewenangan Presiden.

Menurutnya, Jabatan kepala BNPB adalah setingkat menteri sehingga pemberhentian dan pengangkatan Kepala BNPB adalah kewenangan Presiden. Kepala BNPB langsung bertanggung jawab kepada Presiden. Fungsi BNPB sangat strategis karena BNPB memiliki fungsi koordinasi, komando dan pelaksana dalam penanggulangan bencana, baik tahap pra bencana, tanggap darurat dan pascabencana. Itu semua diatur dalam UU No 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana dan PP No 21/2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Tidak mudah mengemban tugas sebagai kepala BNPB itu. Sebab bencana itu multi disiplin, multi sektor dan kompleks. Apalagi Indonesia berada di daerah ring of fire, daerah tropis, kepulauan dan sebagai laboratorium bencana. Bencana adalah keniscayaan. Pasti terjadi bencana setiap tahunnya, rata-rata hampir 2.500 kejadian bencana setiap tahun. Apalagi budaya sadar bencana dan tingkat kesiapsiagaan masyarakat dan pemda masih rendah. Jutaan masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana dengan kemampuan mitigasi yang masih minim. Untuk itu perlu dukungan semua pihak termasuk unsur pemerintah pusat, pemda, masyarakat dan dunia usaha.

"Siapapun yang menjadi Kepala BNPB kita harus dukung. Keluarga besar BNPB dan BPBD se-Indonesia siap menyambut dan mendukung Kepala BNPB baru. Tak lupa juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB yang lama," ujarnya

Tanbahnya, Banyak capaian dan prestasi BNPB selama kepemimpinan Pak Willem. Tentu semua itu bisa dilanjutkan dan dikembangkan. "Banyak tugas yang harus diselesaikan Kepala BNPB yang baru nanti seperti relokasi dan penanganan pengungsi erupsi Gunung Sinabung, rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di NTB dan Sulawesi Tengah, penanganan darurat dan pascabencana tsunami Selat Sunda, meningkatkan mitigasi bencana dan pengurangan risiko bencana, dan lainnya. Jadi bukan darurat saja tapi juga pra bencana dan pascabencana," tutupnya. (RI)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,nasional

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dinpar Sumbar : Pentingnya Peran Masyarakat Lokal Kelola Obyek Wisata

Dinpar Sumbar : Pentingnya Peran Masyarakat Lokal Kelola Obyek Wisata

PADANG -- Sebuah daya tarik wisata yang berada di tengah masyarakat setempat menjadi sangat penting. Sebab, dukungan...

Bupati Mentawai: Kedepan Mentawai Tidak Akan Ketinggalan Lagi Informasi Dari Daerah Luar

Bupati Mentawai: Kedepan Mentawai Tidak Akan Ketinggalan Lagi Informasi Dari Daerah Luar

MENTAWAI -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar acara...

Begini Kata Prabowo Soal Kasus Ahmad Dhani

Begini Kata Prabowo Soal Kasus Ahmad Dhani

POLITIK - Capres Prabowo Subianto mendapat laporan banyaknya terjadi intimidasi dan persekusi. Prabowo juga menyinggung...

KPU Pasaman Rampung Rakit 4.638 Kotak Suara, 59 Kotak Ditemukan Rusak

KPU Pasaman Rampung Rakit 4.638 Kotak Suara, 59 Kotak Ditemukan Rusak

PASAMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman telah merampungkan perakitan Kotak Suara sebanyak 4.638 kotak...

Diduga Korsleting Listrik, Satu Unit Rumah di Kambang Pessel Hangus Terbakar

Diduga Korsleting Listrik, Satu Unit Rumah di Kambang Pessel Hangus Terbakar

PESISIR SELATAN - Diduga korsleting listrik, satu unit rumah semi permanen di Kampung pasar gompong Kambang, Nagari...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media