Wednesday, 26 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Inilah Fungsi dan Peran Inspektorat Padang dalam Pengawasan di UPP Siber Pungli

Rabu, 09 Januari 2019 - 15:18:23 WIB - 968
Inilah Fungsi dan Peran Inspektorat Padang dalam Pengawasan di UPP Siber Pungli
Pemaparan Tim siber pungli oleh Ketua Inspektorat padang


PADANG -- Wakil Ketua I Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Padang yang juga Kepala Inspektorat Kota Padang, Corry Saidan yang masuk ke dalam Tim Saber Pungli Sintang menyampaikan bahwa pihaknya bertindak sebagai pengawas internal Pemko Padang terkait dengan pungli.

Corry Saidan menegaskan akan terus menggencarkan sosialisasi, pencegahan, pembinaan dan penindakan demi membebaskan terjadinya praktik pungutan liar di kota tersebut.

"Alhamdulillah, kita di Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang terus menyuarakan kepada baik aparatur pemerintah dan swasta serta seluruh masyarakat agar jangan sesekali melakukan praktik pungli. Karena akan berurusan langsung dengan hukum," sebut Wakil Ketua I UPP Satgas Saber Pungli Kota Padang, Corri Saidan di Media Center Balaikota Padang, Rabu, (9/1/2019).

Corri pun mengakui Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang semenjak terbentuk di 2017 lalu sudah melaksanakan tugas sesuai program dan kegiatannya. Meskipun sudah banyak terdapat dampak dan hasil yang signifikan melalui upaya sosialisasi, pembinaan dan penindakan namun saat ini masih terdapat banyak pekerjaan rumah "PR".

Lehi lanjut ia menyebutkan, atas kerja keras jajaran Tim Satgas Saber Pungli Kota Padang di 2018, ternyata mampu memberikan hasil dan dampak yang signifikan. Salah satunya dengan diraihnya penghargaan sebagai UPP Satgas Saber Pungli terbaik di tingkat kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

"Penghargaan ini dikarenakan UPP Satgas Saber Pungli Kota Padang cukup banyak melakukan penindakan terhadap pelaku pungli baik di sekolah, tempat wisata dan tempat sasaran lainnya. Kemudian juga berkat sosialisasi yang masif pada berbagai kelompok masyarakat di Kota Padang," terangnya mengakhiri.

"Tugas kami dalam bentuk pencegahan, kami dapat menyelesaikan jika kapasitasnya tidak diiringi dengan bukti pidana. Kalau pidana kami serahkan sepenuhnya kepada penegak hukum," pungkasnya.

Sebagai fungsi pengawas internal pemerintah, pihaknya seringkali memberikan sosialisasi kepada Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) sampai kepada kecamatan dan kelurahan.

"Kami sampaikan kepada jajaran SKPD bahkan sampai ke desa bahwa perbuatan yang bermuara pungli tidak baik. Terutama yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai ada pungli," jelasnya.

Corry mengaku bahwa sebagian besar pihak yang datang ke Inspektorat selam ini adalah yang berkaitan dengan fungsi pengawasan. Berada pada SKPD maupun unit-unit yang mengelola keuangan negara.

"Tetapi kalau masyarakat umum, kami tidak termasuk. Kecuali, kemarin ada masyarakat yang melaporkan terkait pengelolaan dana desa. Tetapi setelah kita lakukan pemeriksaan tidak mengarah ke pungli," imbuhnya.

Beberapa SKPD yang disebut berpotensi terjadi pungli itu antara lain di sektor pelayanan kesehatan, pendidikan, dinas kependudukan dan catatan sipil, badan pelayanan perizinan terpadu, maupun beberapa lembaga publik lain termasuk pemerintah kecamatan hingga desa/kelurahan.

"SKPD-SKPD menjalankan sesuai tupoksinya, inspektorat juga menjalankan sesuai tupoksinya. Terkait peran di tim saber pungli, sementara masih menunggu SOP (standar operational procedure) dari pusat," ujarnya.

"Kita berharap, janganlah masyarakat yang membuat celah-celah terjadinya pungli. Ketika kita mendapati terjadinya pungli mari laporkan ke UPP Satgas Saber Pungli Kota Padang. Bisa melalui WA/SMS ke nomor 08117180117. Di samping itu kita juga memohon dukungan media massa baik cetak dan elektronik dalam mensosialisasikan bahaya pungli dan upaya memberantas pungli di Kota Padang. Sehingga apabila semua unsur terlibat. Insyaallah Padang akan bebas dari pungli," harap Corri. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Lebaran Idul Fitri di Kabupaten Solsel Kurang Bergairah, Pedagang Makanan dan Kembang Api Mengeluh

Lebaran Idul Fitri di Kabupaten Solsel Kurang Bergairah, Pedagang Makanan dan Kembang Api Mengeluh

SOLOK SELATAN - Lebaran Idul Fitri 1440 H di Kabupaten Solok Selatan, agak kurang bergairah, pasalnya sejak awal minggu...

Kafilah Kota Bukittinggi Meloloskan 12 Orang ke Final MTQ ke-38 di Kota Solok

Kafilah Kota Bukittinggi Meloloskan 12 Orang ke Final MTQ ke-38 di Kota Solok

BUKITTINGGI - Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi yang juga Ketua LPTQ saat mengunjungi Kafilah Kota Bukittinggi di...

Walikota Padang Panjang Tampung Keluhan dan Masukan Pedagang Pasar

Walikota Padang Panjang Tampung Keluhan dan Masukan Pedagang Pasar

PADANG PANJANG - Fadly Amran, BBA untuk membenahi Pasar Pusat Padang Panjang, beliau langsung turun kepasar dan melihat...

Posko Siaga Lebaran 1440 Hijriah, Relawan PMI Kota Bukitinggi Jalankan Misi Kemanusiaan

Posko Siaga Lebaran 1440 Hijriah, Relawan PMI Kota Bukitinggi Jalankan Misi Kemanusiaan

BUKITTINGGI - Relawan yang bertugas pada posko siaga lebaran 1440 Hijriah / 2019 Masehi memberikan pelayanan...

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Fitri Hari Ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Idul Fitri Hari Ini

PADANG -- Pemerintah masih akan menggelar sidang isbat besok untuk menentukan 1 Syawal 1440 H atau Lebaran 2019 sore...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media