Friday, 22 Mar 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Kanstin Jalan di Padang Nyaris Makan Korban, Masyarakat Minta Perhatian Dishub

Rabu, 09 Januari 2019 - 20:09:19 WIB - 1175
Kanstin Jalan di Padang Nyaris Makan Korban, Masyarakat Minta Perhatian Dishub
Kanstin di ruas jalan kampung Lalang atau simpang Kalawi Padang


PADANG - Peningkatan volume kendaraan kian hari kian bertambah secara signifikan, hal ini cukup terasa di ruas jalan kota Padang yang telah mulai mengenal macet dan antrian mengular pada titik tertentu di seputaran kota Padang.

Dari hasil pantauan awak MinangkabauNews.com di dampingi ketua Dewan Pimpinnan Wilayah (DPW) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garuda RI, Rabu (9/1/19) di beberapa ruas jalan kampung Lalang atau simpang Kalawi ditemukan adanya kanstin di tengah ruas jalan yang kabarnya telah memakan korban.

Pemantauan ini bermula atas adanya laporan dari salah seorang warga Rosni, pemilik warung yang kebetulan berada di ujung timur kanstin buatan Dishub kota Padang di daerah kampung lalang atau simpang Kalawi, yang telah memakan korban.

"Sudah tiga kali kejadian disini pak, malah ada di insiden kedua potongan kanstin itu terpental hingga 10 meter dan menghantam depan kedai sebelah saya ini, beruntung waktu itu sudah malam pak, jadi jalanan agak sedikit sepi. Tetapi seandainya ada pengendara dari jalur sebelah pasti bahaya sekali pak," jelas Rosni, Rabu.

Diterangkan, bahwa kanstin itu di tabrak mobil jenis minibus, dikarenakan keterangan supir waktu itu tidak begitu melihat bahwa di tengah jalan ada kanstin.

Dan memang hasil dari pantauan tim LSM dan MinangkabauNews.com tidak melihat adanya road harrier yang ber scotlite atau deliniator (rambu tanda di tengah jalan menggunakan stiker yang memantulkan cahaya) sebagai tanda, diduga hal inilah yang memicu terjadinya kecelakaan, bahkan sampai tiga kali dan membuat kanstin berantakan di tengah jalan tanpa ada perhatian dari Dishub kota Padang. Padahal kondisi seperti ini sudah satu bulan lamanya.

Di samping itu, Syarif yang juga warga sekitar menyebutkan, sejak kejadian itu warga sekitar berinidiatif menempatkan rambu seadanya yang seharusnya bukan diperuntukan di lokasi itu.

"Kita juga bersyukur sejak kami pasang rambu-rambu disana, maka sudah tidak ada lagi kecelakaan karena minimnya penerangan di lokasi ujung kanstin ini," ujarnya.

Di tambahkan Syarif, agar pihak Dishub kota Padang segera memperbaiki kanstin yang berantakan di tengah jalan agar tidak tetjadi lagi laka lantas di daerah itu.

Ketika awak media ini menghubungi Pihak Dishub, dalam hal ini sekretaris Dishub kota Padang Yudi menjawab, biasanya di ujung dan pangkal kanstin itu dipasangi deliniator agar di lihat pengendara, tetapi tetap saja ada kecelakaan ucapnya via Short Message Service (SMS) namun beliau menyarankan agar ditanyakan langsung pada Kabid Lalulintas.

Namun, setelah di coba menghibungi via telpon ternyata sang Kabid terkesan diam dan tidak ada jawaban ketika ditanya hal ini kebeliau dengan nomor WhastApp (WA) 081363250xxx.

Sementara itu, ketua LSM Garuda RI wilayah Sumbar Bj Rahmat mengatakan, agar pihak terkait segera merenovasi kanstin tersebut, dikarenakan posisinya berada di tengah jalan dan berserakan sudah sebulan.

"Apakah menunggu ada korban lagi atau memang pihak terkait tutup mata dengan hal ini," pungkasnya.

Lebih jauh Bj Rahmat mengatakan, secara kasat mata pemasangan kanstin itu hanya disusun dan dikunci dengan adukan semen secukupnya tanpa dibenamkan sedikitpun, itu hanya di letakkan diatas aspal, sepintas terkesan asal jadi saja.

"Mengenai hal ini kita akan coba menanyakan lagi pada Kabid Lalulintas apakah memang begitu spek nya. Hal ini juga menjadi acuan kita nantinya pada pihak yang mengawasi kegiatan itu apakah sudah sesuai prosedurnya," pungkadmsnya.

Ia berharapkan ada perhatian Dishub kota Padang tentang hal itu, karena menyangkut faktor keselamatan pengguna jalan. (wn)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: padang

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Millennial Road Safety Festival di Pasaman Berlangsung Meriah

Millennial Road Safety Festival di Pasaman Berlangsung Meriah

PASAMAN -- Masyarakat Pasaman tumpah ruah yang tampak didominasi kaum muda dalam rangka menghadiri Acara bertajuk...

Kembangkan Kuliner Khas di Ambun Pagi, Nurleli Olah Buah Labu Menjadi Kerupuk dan Ice Cream

Kembangkan Kuliner Khas di Ambun Pagi, Nurleli Olah Buah Labu Menjadi Kerupuk dan Ice Cream

BUKITTINGGI - Untuk mencitrakan kuliner khas di kawasan ambun pagi Nagari Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam...

Pada TMMD ke 104, Kodim 0319 Mentawai Ajarkan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa

Pada TMMD ke 104, Kodim 0319 Mentawai Ajarkan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa

MENTAWAI - Kodim 0319 Mentawai melalui bakti sosial Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 104, ajarkan wawasan...

Breaking News: Wasekjen Demokrat Andi Arief Ditangkap Karena Sabu, Kloset Hotel Ikut Dibongkar

Breaking News: Wasekjen Demokrat Andi Arief Ditangkap Karena Sabu, Kloset Hotel Ikut Dibongkar

JAKARTA - Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief ditangkap polisi karena narkoba, Senin (4/3/2019) di Hotel Menara...

Kades Betumonga: ADD Akan Kita Fokuskan Pada Pembangunan Jalan Fisik dan Jembatan

Kades Betumonga: ADD Akan Kita Fokuskan Pada Pembangunan Jalan Fisik dan Jembatan

MENTAWAI - Pemerintah Desa Betumonga Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, akan mengarahkan Anggaran...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media