Saturday, 17 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Kuliah Praktisi Fakultas Pariwisata UMSB Kembangkan Karya Tulis Mahasiswa

Kamis, 10 Januari 2019 - 09:12:29 WIB - 1333
Kuliah Praktisi Fakultas Pariwisata UMSB Kembangkan Karya Tulis Mahasiswa
Foto bersama Santi martin dengan dekan, dosen dan mahasiswa fakultas pariwisata UMSB serta wartawan


BUKITTINGGI - Tulis-menulis adalah suatu kebutuhan Mahasiswa, pada fakultas pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) kampus 3 Kota Bukittinggi, banyak yang berhubungan dengan tulis-menulis, seperti perencanaan pengembangan destinasi, disini mahasiswa melihat suatu objek wisata yang belum sempurna pada suatu daerah yang potensial, dan jika nantinya digarap akan menjadikan destinasi baru.

Inilah peran dari mahasiswa pariwisata untuk menulis secara keseluruhan dalam karya tulisnya di perguruan tinggi. Menulis itupun tentunya melalui riset lapangan pada objek wisata yang akan dikembangkan menjadi sempurna. Sebelum mahasiswa menulis, terlebih dahulu di diskusikan kepada dosen kira-kira konsepnya seperti apa. Mahasiswa itu, pada saat menulis memegang buku panduan agar terkonsep jelas dan sejalan dengan maksud dan tujuan dapat tercapai. Hal ini disampaikan dekan fakultas pariwisata UMSB, Muhammad Abdi, SE,MM seusai acara kuliah praktisi di ruang kerjanya, Rabu (9/1/2019).

Ia melanjutkan, setiap hari Rabu kampus 3 UMSB Kota Bukittinggi mengadakan "Hari Bermuhammadiyah". Pada kesempatan hari Rabu ini, fakultas pariwisata menggelar kuliah praktisi dengan menghadirkan Santi Martin seorang bundo kanduang asli orang Kota Bukittinggi suku Kurai sebagai praktisi bidang tulis-menulis buku novel.

Kuliah praktisi mengusung tema "Membangun Inspirasi" itu, berlangsung di aula lantai 4 kampus 3 UMSB Kota Bukittinggi, diikuti puluhan mahasiswa pariwisata dosen serta karyawan fakultas pariwisata UMSB.

Sementara itu, Santi Martin dengan gayanya tersendiri menjelaskan tentang keberadaannya mengisi kuliah praktisi, dikatakan terlahir dengan nama lengkap Yardly Susanti di Kota Bukittinggi. Wanita Minang ini sejak kecil sudah dikenal multi talenta oleh orang-orang terdekatnya, bundo Santi Martin tetap saja gigih berkarya menggiatkan literasi budaya dan wisata Minangkabau, Ia juga sebagai salah seorang praktisi di bidang perhotelan dan pariwisata di Sumatera Barat.

Dalam keterangannya, sudah banyak menulis buku novel, edisi kini cetakan ke 1 yang diberi judul "Kerudung Hati Sarahwati" yang menceritakan perempuan Minangkabau yang gigih dan tegar menghadapi tantangan dan pahitnya pertarungan kehidupan, mengangkat kisah dengan latar Bukittinggi kampung kelahirannya.

"Rasa bangga menjadi orang minang yang kental dengan adat budaya dan agama," katanya.

Selanjutnya Ia menjelaskan, penulisan sampai jadi novel ini cukup relatif singkat, yaitu selama 2 bulan, tapi editingnya yang cukup makan waktu. Gemar menulis sejak kecil, diteruskan sampai kini. Sudah 7 buah buku novel Puti Minang yang sudah beredar, novel yang kini telah ditulisnya membuat rindu akan ranah Minang.

Ia juga seorang puitis, Dia pernah masuk 10 besar dalam lomba puisi di Padang Panjang, dengan menjiwai saat membaca puisinya ditambah dengan ekspresi, hingga juri maupun penonton terpesona melihat tampilannya, jelas Santi Martin. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Akibat Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Solsel Terancam Gagal Panen

Akibat Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Solsel Terancam Gagal Panen

PADANG ARO -- Lebih kurang 100 hektare sawah masyarakat di Padang tangah, Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan,...

Bupati Hendrajoni Tidak Bisa Sepihak Hentikan Pembangunan RSUD M. Zein, Ini Kata Ketua Komisi  IV

Bupati Hendrajoni Tidak Bisa Sepihak Hentikan Pembangunan RSUD M. Zein, Ini Kata Ketua Komisi IV

PESISIR SELATAN -- Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Marwan Anas angkat...

Kurikulum ABS-SBK Akan Dibahas Bersama MUI, Ini Kata Gubernur Irwan Prayitno

Kurikulum ABS-SBK Akan Dibahas Bersama MUI, Ini Kata Gubernur Irwan Prayitno

PADANG -- Gubernur Sumbar meminta pedoman ABS-SBK yang akan diterapkan di SMA dibahas bersama MUI Sumbar dan stage...

Gempa M 2,9 Guncang Tuapejat Mentawai Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 2,9 Guncang Tuapejat Mentawai Tidak Berpotensi Tsunami

MENTAWAI -- Gempa bumi berkekuatan 2,9 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi...

Pencurian Ternak Dengan Cara Disemblih di Lokasi Kembali Terjadi di Agam, Masyarakat Resah

Pencurian Ternak Dengan Cara Disemblih di Lokasi Kembali Terjadi di Agam, Masyarakat Resah

AGAM - Masyarakat Matur gempar, telah terjadi pencurian ternak (Cuter) dengan cara disembelih dan hanya menyisakan isi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media