Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Polres Padang Pariaman Musnahkan BB Sabu Senilai Rp 1,3 Milyar

Kamis, 10 Januari 2019 - 16:50:30 WIB - 872
Polres Padang Pariaman Musnahkan BB Sabu Senilai Rp 1,3 Milyar
Saat Pemusnahan BB Narkoba di Mapolres Padang pariaman, terlihat Bupati Ali Mukhni orang yang pertama dipercaya memusnahkan BB Narkoba asal senilai Rp 1,3 milyar itu.


PADANG PARIAMAN - Polres Padang Pariaman musnahkan Barang Bukti (BB) Sabu seberat 1 kg di Aula Mapolres setempat, Kamis (10/01). Pemusnahan tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, unsur Kejaksaan Negeri, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Provinsi dan BNNP (Badan Nasional Narkotika Provinsi).

BB yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan kasus Narkotika seberat satu kg pada Sabtu (29/12) tahun 2018 lalu.

Berdasarkan Penangkapan Narkoba yang di bawa dua orang kurir AY (34) dan MR (30) asal Banjarmasin Kalimantan Selatan.

kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho membenarkan, BB yang dimusnahkan merupakan hasil penangkapan dan pengembangan dari dua orang tersangka asal Banjarmasin.

Terkait cepatnya dimusnahkan BB tersebut (sebelum keluarnya putusan pengadilan) Rizki menerangkan, bahwa pemusnahan berdasarkan surat dari kejaksaan.

"Jika BB dalam jumlah besar ini bila disimpan terlalu lama, akan cepat rusak, membutuhkan tempat penyimpanan yang extra ketat, kemudian memunculkan beban psikologis tersendiri dari penyidik. Maka setelah tujuh hari semenjak masuknya laporan penangkapan dan diajukannya permohonan pemusnahan ke Kejaksaan maka dilakukanlah pemusnahan ini," pungkas Rizki.

Ia menyebutkan, tekhnis pemusnahan khusus untuk sabu-sabu, dimusnahkan dengan cara diblender, dan mencapurkannya dengan air, setelah hancur bercampur dengan air maka di buang ke septik tank toilet.

Terpisah di lokasi yang sama Kabid Penindakan dan Pemberantasan Narkotika BNNP Sumbar Emrizal Hanas mengatakan, untuk Sumatera Barat telah diadakan razia gabungan dan pemeriksaan dalam pemberantasan Narkoba, namun belum ada ditemukan Narkoba dalam bentuk dan jenis baru.

"Termasuk koordinasi interdiksi di setiap daerah perbatasan seperti di Dharmasraya dan Pasaman, kemudian untuk sosialisasi dikalangan generasi muda sudah sering dilakukan, termasuk pada setiap mahasiswa baru yang ada di kampus dan perguruan tinggi," ujarnya.

selanjutnya, Untuk 2018 jumlah pengguna yang telah direhabilitasi mencapai 120 orang, terhadap pecandu dan pemakai.

Ia mengungkap di 2018, BB yang dimusnahkan tersebut merupakan yang terbesar hasil penangkapan jajaran Satresnarkoba Polres Padang Pariaman.

"Kalau pemasoknya lebih dominan nari negara Malaysia,Thailand dan China. kenapa dari China karena di negara ini orang disana boleh memproduksinya, namun tidak boleh memakai dan mengedarkannya disana, jika ketahun di edarkan di negaranya, maka dapat terkena hukuman mati.

maka ulasnya, indonesialah jadi lahan subur peredaran Narkoba bagi para bandar. "Sedangkan di Sumbar daerah yang rawan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba ia menyebutkan, ada di daearah Pasaman dengan jalur masuk Sumatera Utara, kemudian yang masuk melalui jalur Jambi adalah Dharmasraya
setelah itu masuk dari Bengkulu adalah Pesisir Selatan, belum lagi pelabuhan tikus seperti air bangis," ulas Emrizal

Sementara daerah yang tinggi peredaran dan penyalahgunaan Narkobanya ia menyebutkan ada di Dharmasraya, Pasaman Barat, Payakumbuh dan Kota Padang. (war)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: metro,padang-pariaman

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kejari Pariaman Musnahkan 40 Kg Narkoba BB Dari Puluhan Kasus Sejak Februari Hingga Juni 2019

Kejari Pariaman Musnahkan 40 Kg Narkoba BB Dari Puluhan Kasus Sejak Februari Hingga Juni 2019

PARIAMAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pariaman, memusnahkan lebih dari 40 kilogram narkoba dengan cara dibakar dan...

Satu Unit Mini Bus Masuk Sungai di Jalan Lintas Padang-Painan, Sumbar

Satu Unit Mini Bus Masuk Sungai di Jalan Lintas Padang-Painan, Sumbar

PESISIR SELATAN - Sebuah mobil Toyota Rush berwarna putih tercebur di sungai berada tepat di jalan Nagari Siguntur Tuo,...

Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Bupati Pasaman Resmikan KLIPP

Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Bupati Pasaman Resmikan KLIPP

PASAMAN -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis resmikan Klinik Layanan Informasi Pembimbingan Perbantuan/OSS (KLIPP) di Dinas...

Sandi Rahmat Alzari Siap Ikut Lomba OSN IPS Nasional

Sandi Rahmat Alzari Siap Ikut Lomba OSN IPS Nasional

PADANG PANJANG --Olimpiade Sains Nasional (OSN) ajang bergengsi, tempat para siswa bersaing jadi yang terbaik di bidang...

Resmi! Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

Resmi! Pemerintah Tetapkan Lebaran Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

JAKARTA -- Resmi, Hari Raya Idul Fitri 1440 H atau 2019 M ditetapkan jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019 setelah melalui...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media