Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Unik Dan Menarik, Pertamakali Pameran Ayam Hias Digelar di Kota Bukittinggi

Minggu, 13 Januari 2019 - 18:07:32 WIB - 1410
Unik Dan Menarik, Pertamakali Pameran Ayam Hias Digelar di Kota Bukittinggi
Pameran ayam hias di benteng for de cock


BUKITTINGGI -- Guna melestarikan ayam hias di Sumatera Barat, Komunitas Ayam Hias Sumatera Barat (AHSB) berkumpul menggelar pameran ayam hias berbagai jenis dari dalam negeri dan juga dari luar negeri yaitu dari negara Amerika, Italia, Afrika, India dan negara lainnya, tak ketinggalan juga ayam hias dari ranah Minang.

Pameran unik dan langka ini dilangsungkan di objek wisata Benteng For de Kock, Minggu (13/1/2019). Diikuti puluhan ayam hias berbagai jenis yang dipunyai kawan-kawan komunitas AHSB dari Padang, Kota Solok, Kabupaten Pasaman, Kota Padang Panjang, Pangkalan, Kota Bukittinggi dan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat.

Tampak pengunjung yang sedang berwisata di objek wisata Benteng For de Kock sangat kagum dan terpesona serta tertarik melihat puluhan jenis ayam hias yang dipamerkan.
Ketua komunitas ayam hias melalui sekertaris, Dinar dari Kota Padang yang juga banyak mempunyai ayam hias mengatakan kepada MinangkabauNews.com disela-sela berlangsungnya pameran, ide awalnya diadakan pameran ini adalah masing-masing peternak ayam hias saling bersilaturahmi dan mengunjungi, timbulah kesepakatan untuk menggelar pameran ayam hias satu bulan sekali secara bergilir dimasing-masing Kabupaten/Kota tempat kawan-kawan berada. Bulan kemaren diadakan di Kota Padang, dan pada bulan ini di Kota Bukittinggi.

"Pada pameran ini juga diadakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai beternak ayam hias, dan juga sebagai pelestarian ayam hias di Sumatera Barat, kami membudidayakan peternakan ayam hias, artinya populasi keturunan ayam hias tersebut jangan sampai punah, sangat disayangkan jika populitas ayam hias hilang begitu saja," ucapnya.

Selanjutnya Dinar menjelaskan sewaktu perdana menggelar pameran di Kota Padang, Pemerintah Daerah Kota Padang sangat mendukung dan khusus hari ini di Kota Bukitinggi, Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi melalui Dinas pariwisata pemuda olahraga mendukung acara ini dan disediakan tempat di objek wisata Benteng for de Kock, bahkan kami dikunjungi dan dimintanya agar pameran ayam hias ini diadakan secara rutin di Kota Bukittinggi, ucap Dinar.

Sementara itu, Robbi peternak ayam hias dari Kota Solok mengatakan dengan semboyan "Mendulang emas dari ayam hias" artinya beternak ayam hias sebagai kegemaran yang akan menghasilkan peningkatan ekonomi. Dengan terjalinnya silaturahmi sesama pencinta dan peternak ayam hias di Sumatera Barat, maka terbentuklah komunitas ayam hias Sumatera Barat.

Dilihat dari jenisnya terdapat ratusan jenis ayam hias, kawan-kawan mengadakan pembibitan peternakan di masing-masingnya. Mengenai ayam hias import yang dipunyai masing-masing didapat dari pulau jawa, komunitas AHSB hanya mengambil di bandara, jadi tidak payah lagi mendapatkannya, karena hanya melalui media sosial memesannya.

Sedangkan Yusuf peternak ayam hias dari Kota Padang Panjang menjelaskan kita mengajak siapa saja yang mempunyai ayam hias untuk bergabung bersama saling bersilaturahmi, beternak ayam hias tidaklah susah, ini suatu kegemaran yang menghasilkan pendapatan ekonomi.

Wacana berikutnya, lanjut Yusuf akan mengadakan ivent lebih besar lagi menggelar pameran ayam hias, tidak hanya sekedar pameran saja, tetapi ada juga mungkin kontes, edukasi kepada pelajar mengenai pengertian ayam hias, dan acara lainnya, ungkap Yusuf.

Dan Dedi peternak ayam hias dari Kota Bukittinggi sebagai tuan rumah pameran mengatakan pameran ayam hias ini sebagai ajang silaturahmi sesama pencinta dan peternak ayam hias se Sumatera Barat, dan Alhadulillah pameran ini didukung dinas pariwisata pemuda olahraga Kota Bukittinggi. "Insya Allah akan kembali digelar pameran ayam hias dalam bentuk dan corak lain," pungkas Dedi. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Longsor Terjadi di Jorong Bantiang Agam, Akibat Curah Hujan Yang Tinggi

Longsor Terjadi di Jorong Bantiang Agam, Akibat Curah Hujan Yang Tinggi

AGAM - Curah hujan yang cukup tinggi di sebagian wilayah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, (Sumbar), mengakibatkan terjadi...

Cabuli Anak di Bawah Umur, Ayah Tiri Dituntut 18 Tahun Penjara

Cabuli Anak di Bawah Umur, Ayah Tiri Dituntut 18 Tahun Penjara

PADANG - Entah apa yang ada dibenak terdakwa Swardi (40). Pasalnya terdakwa yang berprofesi sebagai buruh ini tega...

Sebagian Pengendara Keluhkan Kemacetan di Perintis Kemerdekaan, Ini Respon Wali Kota Mahyeldi

Sebagian Pengendara Keluhkan Kemacetan di Perintis Kemerdekaan, Ini Respon Wali Kota Mahyeldi

PADANG -- Sejumlah pengendara yang melintasi kawasan Perintis Kemerdekaan, mengeluhkan dengan kemacetan di jalan...

Sandi Rahmat Alzari Siap Ikut Lomba OSN IPS Nasional

Sandi Rahmat Alzari Siap Ikut Lomba OSN IPS Nasional

PADANG PANJANG --Olimpiade Sains Nasional (OSN) ajang bergengsi, tempat para siswa bersaing jadi yang terbaik di bidang...

Hendak Jenguk Saudara di Lapas Kelas II B Lubuk Basung, Pria Ini Diciduk Polisi Karna Bawa Narkoba

Hendak Jenguk Saudara di Lapas Kelas II B Lubuk Basung, Pria Ini Diciduk Polisi Karna Bawa Narkoba

AGAM - Telah terjadi penangkapan penyalah gunaan narkotika jenis ganja di Lapas Kelas II B Lubuk Basung, Kecamatan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media