Friday, 22 Mar 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Mewakili Sumbar ke Tingkat Nasional, UP2K PKK Nagari Situmbuak Unggulkan Jahitan Kapalo Samek

Minggu, 13 Januari 2019 - 19:19:10 WIB - 538
Mewakili Sumbar ke Tingkat Nasional, UP2K PKK Nagari Situmbuak Unggulkan Jahitan Kapalo Samek
Rapat persiapan UP2K PKK Nagari Situmbuak, di ruangan Kantor Wali Nagari setempat, Jumat (11/1)


TANAH DATAR - Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Nagari Situmbuak, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar juara satu tingkat Provinsi dan dinobatkan mewakili Provinsi Sumatera Barat menuju tingkat Nasional.

Untuk itu, menjelang tim Nasional turun melakukan klarifikasi, persiapan terus dimatangkan. Hal itu terlihat saat unsur yang terlibat melakukan rapat persiapan UP2K PKK Nagari Situmbuak ini, Jumat (11/01) di ruangan Kantor Wali Nagari setempat.

Rapat dipimpin Camat Salimpaung Liza Martini dihadiri Plt. Ketua TP-PKK Tanah Datar Yesrita Zedrianis, Kadis PMDPPKB Nofenril, Kadis Pendidikan Riswandi, Kadis Arsip dan Perpustakaan Erizal Ramli, Kabag Humas dan Protokol Syahril, Wali Nagari Situmbuak E. Dt Paduko Majo Kayo, Perwakilan OPD terkait, TP PKK Kabupaten dan Anggota UP2K Nagari Sutumbuak.

Rapat yang mengagendakan, pematangan persiapan menghadapi tim penilaian UP2K PKK Nagari Situmbuak yang mewakili Provinsi Sumatera Barat menuju Nasional ini dipimpin langsung Camat Salimpaung Liza Martini.

Nagari Situmbuak yang masyarakatnya sebahagian besar bergerak dibidang pertanian, namun ada satu hal yang menarik dan sudah menjadi ikon yaitu Sulaman Kapalo Samek dan saat ini di Nagari Sutumbuak sudah menjadi mata pencaharian bagi kaum perempuan dan Ibu-ibu Rumah Tangga.

Liza Martini Camat Salimpaung saat membuka rapat sampaikan beberapa poin penting terkait penilaian UP2K PKK nagari tersebut. UP2K PKK Nagari Situmbuak juara satu di Kabupaten Tanah Datar dan ditingkat Provinsi Sumatera Barat, sehingga mewakili provinsi ke Tingkat Nasional.

Dia menyebut ikon yang diangkat yaitu Menjahit Sulaman Kapalo Samek, "kegiatan itu sudah dapat meningkatkan ekonomi keluarga, sehingga sudah hampir merata disetiap rumah tangga di Nagari Situmbuak yang melakukan kegiatan ini," katanya.

"Kegiatan ini dilakukan kaum perempuan dan Ibu-ibu di samping aktifitas keseharianya seperti sedang mengasuh anak, berjualan diwarung atau kedai-kedai, sambil menjemur padi dan aktifitas lainnya," sebutnya lagi.

Selain itu kader UP2K PKK Nagari Situmbuak yang didominasi kaum perempuan, juga melakukan pengomposan limbah rumah tangga yang dipergunakan untuk pupuk.

Nofenril Kepala Dinas PMDPPKB, saat itu, juga menyampaikan terkait waktu penilaian semakin dekat. "Jadi persiapan harus dimatangkan sebelum tim nasional turun mengklarifikasi," ucapnya.

"Lakukan koordinasi dengan tim provinsi agar kabupaten betul-betul siap, tidak hanya saat menghadapi lomba, namun juga untuk kemajuan nagari kedepannya. Nagari Situmbuak punya potensi yang dapat dikembangkan untuk itu melalui OPD terkait akan terus dilakukan pembinaan begitu juga nagari-nagari lain di Tanah Datar yang juga punya potensi yang berbeda," sebut Nofenril.

Sementara itu Yesrita Zedrianis Plt. Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar menyampaikan apresiasi dan bangga dengan Kader UP2K PKK Nagari Situmbuak yang aktif dan inovativ.

"Fokus saat ini sulaman kapalo samek, sebelumnya untuk bahan dasar baju, namun sudah berinovasi untuk taplak meja, sarung bantal, selendang bahkan juga untuk souvenir," ucapnya.

Dia menambahkan kader UP2K PKK Nagari Situmbuak selain menjahit sulaman kapalo samek untuk meningkatkan ekonomi keluarga, juga melakukan pengolahan aneka makanan.

Usai pelaksanaan rapat kegiatan dilanjutkan peninjauan lapangan melihat aktifitas masyarakat yang sedang menjahit sulaman kapalo samek, pengomposan limbah rumah tangga, pembuatan dan pengemasan aneka makanan. (pede)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bedah Buku Pedoman ABS-SBK, Ini Kata Gubernur dan Ketua LKAAM Sumbar

Bedah Buku Pedoman ABS-SBK, Ini Kata Gubernur dan Ketua LKAAM Sumbar

PADANG -- Dinas Kebudayaan Sumbar menggelar Bedah buku Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), di...

Dihantam Angin Puting Beliuang, 8 Unit Rumah di Pariaman Rusak Parah

Dihantam Angin Puting Beliuang, 8 Unit Rumah di Pariaman Rusak Parah

PARIAMAN - Sebanyak 8 unit rumah di Jorong Sungai Limau Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Pariaman, Sumbar...

Jelang UNBK SMP, Kadisdik Padang Terus Matangkan Persiapan

Jelang UNBK SMP, Kadisdik Padang Terus Matangkan Persiapan

PADANG -- Kepala Dinas Pendidikan Padang Barlius mengatakan, Disdikbud Padang siap menghadapi UNBK pada 22-25 April...

Wujudkan Visi dan Misi MA, PN Sawahlunto Melaksanakan Penanda Tanganan Maklumat WBK dan WBBM

Wujudkan Visi dan Misi MA, PN Sawahlunto Melaksanakan Penanda Tanganan Maklumat WBK dan WBBM

SAWAHLUNTO - Penanda tanganan Maklumat WBK dan WBBM di Pengadilan Negeri kota Sawahlunto telah terlaksana dengan tertib...

Sidang Paripurna ke-9, Jubir Pansus II DPRD Pasaman Minta Kepala OPD Tidak Lakukan Hal ini

Sidang Paripurna ke-9, Jubir Pansus II DPRD Pasaman Minta Kepala OPD Tidak Lakukan Hal ini

PASAMAN - Yunelda Asra, jubir Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Pasaman yang juga merupakan kader Partai Demokrat meminta...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media