Wednesday, 26 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

MKKS SMPN se-Tanah Datar Gagas OPSI Untuk Lahirkan Peneliti

Senin, 14 Januari 2019 - 18:09:38 WIB - 627
MKKS SMPN se-Tanah Datar Gagas OPSI Untuk Lahirkan Peneliti
Suasana musyawarah penggagasan OPSI yang digelar MKKS SMPN se Tanah Datar


BATUSANGKAR - Banyak prestasi yang diraih kalangan pelajar di Tanah Datar diberbagai bidang, namun belum muncul kepermukaan atau belum ada yang berprestasi dibidang peneliti, baik itu ditingkat kabupaten, provinsi maupun secara nasional.

Dahulu namanya Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Sekolah Menengah Pertama (SMP), Lomba Penelitian Ilmiah Pelajar (LPIP) SMP dan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).

"Dari itu kami dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Tanah Datar berembuk lima hari yang lalu untuk menggagas kembali acara ini yang dinamakan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)," kata Muklis Kepala SMPN 2 Batusangkar, Minggu (13/012) di sekolah tersebut.

Muklis yang juga Ketua MKKS SMP Kabupaten Tanah Datar, menyebut OPSI SMP adalah ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau sederajat yang dilaksanakan secara nasional.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 kali pertemuan, diikuti sebanyak 63 siswa/siswi dari 55 SLTP se-Kabupaten Tanah Datar dan didampingi guru pembimbing. Diharapkan diakhir OPSI ini April mendatang akan lahir penelitian-penelitian dari siswa-siswi kita ini," ucapnya.

Bupati Tanah Datar yang diwakili staf ahli Zulkifli saat membuka secara resmi OPSI tersebut, sampaikan apresiasi dan puji gagasan MKKS SMP se Tanah Datar ini.

"Kepada pembimbing agar betul-betul melakukan pembimbingan terhadap siswa/siswi kita, dan pahami dulu apa yang menjadi kajian atau bahan penelitian," ucapnya.

"Dari 117 peserta termasuk pembimbing ini, saya yakin akan lahir kajian-kajian yang akan bermanfaat bagi referensi kita kedepan dan para siswa/siswi juga akan terlatih dan terbiasa untuk membuat pelaporan atau hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah, sehingga kedepan mereka tidak lagi kesulitan dalam membuat sebuah penelitian," katanya lagi.

Zulkifli menambahkan jika, penelitian perlu ditekuni sejak dini, sehingga nanti mau melanjutkan ke jenjang perkuliahan tidak akan kesulitan dalam meneliti baik itu kualitatif maupun kuantitatif.

"Penelitian dapat meningkatkan apreseasi siswa terhadap inovasi, invensi, dan daya cipta dalam Ipteks. Menumbuhkan rasa ingin tahu, memperkuat ajang komunikasi ilmiah bagi Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), antar sekolah. Dan menumbuh kembangkan suasana kompetitif yang sehat," tuturnya.

Sementara nara sumber dari berbagai kalangan dan dosen ini menyebut jika OPSI ini dilakukan oleh para siswa namun yang berperan penting dan bekerja keras adalah pembimbing.

Ketua tim narasumber Indra Jaya berharap karena waktu pelaksanaan kegiatan cukup panjang, peserta jangan sampai berobah atau ditukar dengan yang lain, sehingga hasil penelitian lebih sempurna dan peserta ini juga bakal mendapat sertifikat penelitian.

Turut hadir pada saat pembukaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi, narasumber Nursaid (Dosen Universitas Negeri Padang), Zaratil Husna (Gurus SMPN 20 Padang), dan undangan lainnya. (romeo/irfan)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polisi Kembali Ciduk 3 Pelaku Peyalahgunaan Narkotika di Tanah Datar

Polisi Kembali Ciduk 3 Pelaku Peyalahgunaan Narkotika di Tanah Datar

TANAH DATAR - SatRes Narkoba Polres Tanah Datar kembali ciduk 3 orang pelaku peyalahgunaan Narkotika di Jorong Kawai...

Merayakan Moment Idul Fitri, Pemkab Mentawai Sediakan 1.200 Tiket Mudik Gratis

Merayakan Moment Idul Fitri, Pemkab Mentawai Sediakan 1.200 Tiket Mudik Gratis

MENTAWAI - Pemerintah melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, menyediakan 1.200 tiket gratis bagi...

Kafilah Kota Bukittinggi Meloloskan 12 Orang ke Final MTQ ke-38 di Kota Solok

Kafilah Kota Bukittinggi Meloloskan 12 Orang ke Final MTQ ke-38 di Kota Solok

BUKITTINGGI - Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi yang juga Ketua LPTQ saat mengunjungi Kafilah Kota Bukittinggi di...

Hari Ini, UMSB Gelar Wisuda Ke-64 di Gedung Sendiri

Hari Ini, UMSB Gelar Wisuda Ke-64 di Gedung Sendiri

PADANG -- Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menghadiri wisuda akbar Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat angkatan 64...

Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar bagikan 475 Paket Lebaran

Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar bagikan 475 Paket Lebaran

PADANG -- Menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, lazismu Kantor Layanan Masjid Taqwa Muhammadiyah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media