Sunday, 20 Jan 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Kota Batusangkar Kembali Terima Penghargaan Adipura

Senin, 14 Januari 2019 - 20:44:16 WIB - 697
Kota Batusangkar Kembali Terima Penghargaan Adipura
Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, saat menerima Adipura dari Wapres Jusuf Kalla, Senin (14/1)


TANAH DATAR - Penghargaan adipura atas penilaian 2017-2018 yang diserahkan hari ini menciptakan rekor baru, di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Senin (14/1/18).

Wapres Jusuf Kalla mengucapkan selamat kepada seluruh Daerah yang memperoleh penghargaan Adipura. Ada 146 Penghargaan, yakni 1 adipura kencana, 119 adipura, 10 sertifikat adipura, 5 plakat adipura dan 11 penghargaan kinerja pengurangan sampah oleh Kabupaten/kota.

Menteri Lingkungan Hidup RI Siti Nurbaya mengatakan program adipura mulai dilaksanakan 1986, namun sempat terhenti dari tahun 1998 karena situasi politik Indonesia. Setelah diteliti, diperoleh kesimpulan Indonesia mengalami penurunan kebersihan, sehingga 2002 program ini dilaksanakan kembali sampai sekarang.

"Program Adipura dimulai dari tahun 1986 dan sempat terhenti di tahun 1998 karena situasi politik di Indonesia memanas di era Reformasi. Dan kesimpulannya Indonesia mengalami penurunan dalam kebersihan." ungkapnya kepada awak media.

Dengan program adipura diharapkan seluruh daerah di Indonesia bisa dan termotivasi dalam mengelola sampah sehingga daerahnya bersih dan nyaman. Sesuai UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, maka diharapkan pemerintah Kabupaten/Kota harus lakukan penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan Sistem Pembuangan terbuka menggantinya dengan sistem lahan urug saniter atau sekurang-kurangnya lahan urug terkendali.

Penghargaan adipura juga diberikan kepada daerah yang mampu menunjukkan pengelolaan lingkungan yang baik.

Beberapa kota peroleh penghargaan adipura tahun sebelumnya, namun belum beralih dalam pengelolaan sampah, maka tidak lagi penuhi syarat sehingga turun, makanya ada 119 kota yang peroleh penghargaan.

Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma mengungkapkan rasa bahagia dan rasa syukur terhadap penghargaan yang telah diterima. Prestasi bagi masyarakat Tanah Datar khususnya kota batusangkar yang telah bersama-sama dengan OPD terkait dan dukungan semua pihak, sehingga piala Adipura yang terakhir 9 tahun yang lalu, tahun ini kembali kepangkuan Tanah Datar.

"Saya merasa sangat bahagia sekali dan bersyukur kepada Allah SWT atas prestasi bagi masyarakat Tanah Datar khususnya Kota Batusangkar yang telah bersama-sama dengan OPD terkait dan dukungan dari semua pihak terkait, sehingga Piala Adipura yang terakhir sembilan tahun yang lalu bisa kita raih kembali," ucapnya.

"Saya berharap jangan hanya puas sampai penghargaan ini saja, jadikan penghargaan ini menjadi pelecut semangat, agar kita bisa hidup bersih, asri dan indah, yang tentu juga akan bermuara kenyamanan dalam berakrifitas sehari-hari," katanya kembali.

Zuldafri Darma menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh petugas kebersihan di Tanah Datar. Penghargaan ini harus menjadi kebutuhan dan tradisi bagi masyarakat Tanah Datar ke depan, karena itu disampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pasukan kuning Tanah Datar, semoga bisa pertahankan dan tingkatkan.

Penyerahan Piala Adipura untuk Kota Batusangkar kab tanah datar dihadiri oleh Wapres RI Jusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup RI Siti Nurbaya, Wabup Zuldafri Darma, dan Pendamping Kadis Perkim LH Desi Trikorina, Kadis Kominfo Abrar, Staf Ahli Bupati Nuryedisman, Kabag Humas dan Protokol Syahril serta beberapa Kabid dan Kasi di Dinas Perkim LH. (Fernando Stroom)

Polling Capres cawapres 2019-2024
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Angka Kejahatan di Sumbar Sepanjang 2018 Diklaim Menurun

Angka Kejahatan di Sumbar Sepanjang 2018 Diklaim Menurun

PADANG -- Kapolda Sumbar Irjend Pol. Fakhrizal mengatakan kasus kriminalitas yang terjadi di kawasan Sumatera Barat...

10 Caleg Lolos Jadi CPNS, Inilah Sikap KPU Sumbar

10 Caleg Lolos Jadi CPNS, Inilah Sikap KPU Sumbar

...

Pemilu Serentak 2019 Semakin Dekat, Masyarakat Passel Mulai Menetapkan Pilihan Pada Sang Caleg

Pemilu Serentak 2019 Semakin Dekat, Masyarakat Passel Mulai Menetapkan Pilihan Pada Sang Caleg

PESSEL - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Serentak tinggal menghitung hari, guna memaksimalkan pemimpin yang berkualitas...

Istri-istri Kepala Daerah se-Sumbar Berkumpul di Pariaman, Ini Agendanya

Istri-istri Kepala Daerah se-Sumbar Berkumpul di Pariaman, Ini Agendanya

...

Siap-siap, MUI Bakal Siapkan Aturan Potong Tangan untuk Koruptor Usai Pilpres

Siap-siap, MUI Bakal Siapkan Aturan Potong Tangan untuk Koruptor Usai Pilpres

POLITIK - Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain mengaku pihaknya sedang menyiapkan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media