Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Makam Syuhada Lurah Kincie Situjuah, Moeldoko: Orang Minang Ikut Menuntukan Kejayaan Bangsa

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:33:52 WIB - 1862
Makam Syuhada Lurah Kincie Situjuah, Moeldoko: Orang Minang Ikut Menuntukan Kejayaan Bangsa
kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn.) Moeldoko, didampingi wakil menteri ESDM Archandra Tahar, yang hadir pada peringatan peristiwa Situjuah yang ke 70, Selasa (15/1) di Kenagarian Situjuah Batua


LIMAPULUH KOTA - Perjuangan serta beberapa proses dilakukan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, bersama tokoh muda Luak Limopuluah Muhammad Bayu Vesky, pemerintah nagari serta para tokoh adat dan ulama agar Makam Syuhada Lurah Kincie menjadi makam pahlawan dalam mempertahankan NKRI. Hal itu terus dilontarkan kepada pemerintah pusat.

Buktinya, dihadapan kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn.) Moeldoko, didampingi wakil menteri ESDM Archandra Tahar, yang hadir pada peringatan peristiwa Situjuah yang ke 70, Selasa (15/1) di Kenagarian Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Irfendi Arbi kembali menyampaikan keinginannya tersebut.

"Menjadikan makam syuhada Lurah Kincie menjadi makam pahlawan adalah keinginan masyarakat luas khususnya warga Limapuluh Kota. Untuk itu kita berharap hal ini benar -benar terwujud," ujarnya.

Menurutnya, perjuangan para Syuhada yang gugur dalam peristiwa Lurah Kincie patut dikenang sepanjang sejarah, karena dari tangan merekalah Indonesia masih berdiri kokoh sampai sekarang dan selamanya.

"Mari kita jadikan momentum ini sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah gugur, mudah-mudahan keinginan kita bersama bisa segera terwujud," ungkapnya.

Ternyata, keinginan bupati bersama masyarakat tersebut mendapatkan respon positif dari Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn.) Moeldoko. Menurutnya, menjadikan makam syuhada menjadi makam pahlawan sangat perlu dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan Situjuah yang berjuang dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Menurut saya sangat diperlukan, saya sangat setuju diangkat menjadi tempat yang lebih bagus lagi," ungkapnya kepada wartawan usai acara tabur bunga di Makam Lurah Kincie.

Untuk itu, Moeldoko berharap pemerintah daerah segera memikirkan bagaimana menjadikan lokasi bersejarah ini menjadikan tempat-tempat yang lebih bagus lagi. "Nanti laporkan kepada kementrian sosial, mereka punya anggaran untuk itu, saya sangat setuju diangkat lebih baik lagi, sangat diperlukan sebagai wisata semangat," ungkapnya.

Sebelumnya, Moeldoko juga dipercaya sebagai Inspektur upacara peringatan peristiwa Situjuah, di lapangan Chatib Sulaiman, Situjuah Batua. Upacara yang diikuti ribuan masyarakat ini berjalan lancar dan hikmat.

Dalam amanatnya, Moeldoko mengatakan peristiwa ini memberikan motifasi dan inspirasi bagi kita sebagai anak bangsa. Membangkitkan semangat kembali dalam memberikan kontribusi yang besar terhadap negara.

"Jadikanlah peringatan ini sebagai motifasi dan inspirasi bagi kita semua dalam memperjuangkan bangsa Indonesia kedepan, dengan ikut memberikan kontribusi yang positif sesuai dengan bidang pengabdian masing-masing",ujarnya.

Dirinya berharap, peristiwa Situjuah ini bukan hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, namun mampu dipetik dalam membakar semangat bersama menghargai jasa para pahlawan. "Pahlawan yang setia adalah pahlawan yang berkorban. Untuk itu, teruslah berjuang demi bangsa ini, perjuangan kita pasti memiliki nilai, siapapun itu orangnya,"ungkapnya.

Moeldoko juga meminta, rentetan sejarah peristiwa penting dan sakral ini terus disampaikan kepada anak cucu bangsa kedepan. "Terima kasih kepada pemerintah daerah, semua unsur yang hadir, karena semangat perjuangan masih ada disini, orang Minang harus ikut menuntukan kejayaan bangsa,"pungkasnya. (Rino)

Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: daerah,limapuluh-kota

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar Naik Kelas, Haji GG: Terima Kasih atas Dukungan Masyarakat

Mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar Naik Kelas, Haji GG: Terima Kasih atas Dukungan Masyarakat

JAKARTA -- Mantan Wakil Ketua Sumbar H. Guspardi Gaus "naik kelas" menduduki kursi DPR RI periode...

Polres Agam Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Begini Kronologisnya

Polres Agam Ciduk Seorang Tersangka Penyalahgunaan Narkoba, Begini Kronologisnya

AGAM - Satres Narkoba Polres Agam kembali mengamankan terduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika Gol I jenis...

Pondok Pesantren Darunnajah Gelar MHQ ke-5 Antar Pesantren Tingkat ASEAN Tahun 2019

Pondok Pesantren Darunnajah Gelar MHQ ke-5 Antar Pesantren Tingkat ASEAN Tahun 2019

JAKARTA - Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, kembali menggelar Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) pada tahun 2019. Ini...

Melalui Kursus Keterampilan Menjahit, Yakesma Sumbar Bantu Masyarakat Ekonomi Lemah di Agam

Melalui Kursus Keterampilan Menjahit, Yakesma Sumbar Bantu Masyarakat Ekonomi Lemah di Agam

BUKITTINGGI -- Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) Provinsi Sumatera Barat yang beralamat di jalan Lolong Karan...

Jagalah Jempolmu dari Hal Negatif, "Selalu Saring sebelum Sharing"

Jagalah Jempolmu dari Hal Negatif, "Selalu Saring sebelum Sharing"

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media