Friday, 26 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Istano yang Dipertuan Koto Rajo Pasaman Diresmikan

Senin, 21 Januari 2019 - 10:53:51 WIB - 1344
Istano yang Dipertuan Koto Rajo Pasaman Diresmikan
Peresmiam Istano yang Dipertuan Koto Rajo Pasaman, minggu (20/1)


PASAMAN - Istano yang dipertuan koto rajo, atau yang lebih dikenal dengan Istano Koto Rajo adalah salah satu alternatif objek wisata yang harus dikunjungi. Istano ini terletak diwilayah paling ujung Utara provinsi Sumatera Barat, tepatnya berada di jorong II koto rajo, Nagari Koto Rajo, Kecamatan Rao Utara, kabupaten Pasaman.

Untuk menuju istano ini kita harus menempuh jarak kisaran 13 km dari Pasar Rao dengan kondisi jalan yang lumayan bagus.

Pada dasarnya istano ini dibangun sebagai kediaman keluarga besar Rajo Tumangguang dan kini sudah mulai dijadikan sebagai objek wisata bagi masyarakat Pasaman.

Pada Minggu (20/1/19) kemaren Rumah Gadang Istano Yang Dipertuan Koto Rajo, diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten Adm Umum, Drs. Nasri Ahmad dan dihadiri oleh Rajo Alam Pagaruyung M. Fario Thaib Abdullah Fatah beserta rombongan, Pendiri Rumah Gadang Yang di Pertuan Koto Rajo Asmuddin, SH. MH Rajo Katumanggungan, Dalisman, SH. MM Asisten I Bid. Pemerintahan mewakili Pemerintah Daerah Pasaman, Kapolres Pasaman AKBP. Hasanuddin. SAg. Beserta Waka. Polres Pasaman Kompol Ahmad Yani.SH.Msi, Yang Dipertuan Kinali Asrul, Anggota DPRD Prov. Sabar AS, Ketua DPRD Pasaman Udo Yasri Serta Wakil Ketua DPRD Pasaman Bona Lubis dan Beberapa anggota DPRD Pasaman, Mantan Bupati Pasaman H. Benny Utama, SH.MM, Juga hadir Muspika Rao Utara, Rao dan Rao Selatan. Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, Se- Kecamatan Rao Uatara, Para Wali Nagari Se-Kecamatan Rao Utara, para Undangan beserta Masyarakat pengunjung lainnya.

Istano yang dipertuan koto rajo ini dibangun dengan dana pribadi oleh Rajo Tumangguang Asmuddin, SH, MH yang merupakan pucuk adat dan tokoh masyarakat dikoto rajo.

"Istano ini dibangun dengan dana pribadi oleh Rajo Tumangguang Asmuddin pada kisaran tahun 2017 lalu, dan saat ini kondisinya sudah mencapai 100 % dan Alhamdulillah sekarang sudah diresmikan," ujar M. Yunus (29) kepada MinangkabauNews.com.

M. Yunus yang juga merupakan pihak keluarga dari Rajo Tumanggung H. Asmuddin menyampaikan, sejak Istano ini selesai dibangun, bahwa tak sedikit warga yang menjadikan istano ini sebagai ajang untuk berfoto keluarga atau foto kelompok karena Bangunannya eksotis dan indah.

Istano ini berbentuk seperti rumah gadang, dengan hiasan ukiran khas minang yang sungguh indah. Tidak hanya di dindingnya tapi juga langit-langit istana. Warna-warni ukiran tersebut ditambah kain-kain hiasan yang berpadu indah membuat kita tak berhenti berdecak kagum. (M. AFRIZAL)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: minangkabau,pasaman

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dirjen Layanan Telekomunikasi dan Informatika Harapkan Pemuda Mentawai Mampu Berbahasa Inggris

Dirjen Layanan Telekomunikasi dan Informatika Harapkan Pemuda Mentawai Mampu Berbahasa Inggris

MENTAWAI - Pemerintah Pusat terus berusaha melakukan pemerataan akses jaringan Telekomunikasi serta pembangunan jalan...

Hendrajoni Cuti, Rombongan Simpatisan Jokowi-Maruf Amin di Pessel Bertolak ke Padang

Hendrajoni Cuti, Rombongan Simpatisan Jokowi-Maruf Amin di Pessel Bertolak ke Padang

PESISIR SELATAN - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengambil cuti untuk mengikuti kampanye Calon Presiden nomor urut...

14.487 Surat Suara Rusak di Pariaman dan Padang Pariaman Dimusnahkan

14.487 Surat Suara Rusak di Pariaman dan Padang Pariaman Dimusnahkan

PARIAMAN - Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman musnahkan 5.637 surat suara rusak dengan cara dibakar pada...

Anyang Sayur, Kuliner Khas Pariaman

Anyang Sayur, Kuliner Khas Pariaman

PARIAMAN - Sumatera Barat terkenal dengan berbagai kulinernya yang bisa menggoyang lidah. Bermacam jenis makanan bisa...

UDD PMI Kota Bukittinggi Terapkan Metode Wisata Donor Darah

UDD PMI Kota Bukittinggi Terapkan Metode Wisata Donor Darah

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media