Friday, 26 Apr 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

SDN 08 Painan Selatan Studi Banding Ke SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi

Sabtu, 26 Januari 2019 - 20:50:45 WIB - 786
SDN 08 Painan Selatan Studi Banding Ke SDN 04 Birugo Kota Bukittinggi
Erita, M.Pd kepala SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi menyerahkan cinderamata kepada Zainal Efendi, S.Ag.M.Pd kepala SDN 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan


BUKITTINGGI - Rombongan majelis guru Sekolah Dasar (SD) Negeri 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 36 orang yang dipimpin langsung kepala sekolah Zainal Efendi, S.Ag.M.Pd mengadakan studi banding mengunjungi SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi, Sabtu (26/1/2019). Dan juga sekaligus bersilaturahmi dengan majelis guru SD setempat.

Kedatangan rombongan SDN 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan disambut Erita, M.Pd kepala SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi beserta majelis guru di sekolah setempat. Diruang pertemuan Erita memberikan ekspos kepada seluruh rombongan mengenai program Adiwiyata dan lainnya.

Dari hasil ekspos yang disampaikan tersebut, jelas Zainal Efendi kepada MinangkabauNews.com saat ditemui di ruang kerja kepala sekolah SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi menyampaikan, pihaknya mendapat pengalaman yang sangat berharga dan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan nantinya dalam rangka Persiapan UPT SDN 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan menuju Adiwiyata Mandiri tahun 2020.

"Dengan kunjungan ke SD Negeri 04 Birugo, kami terinspirasi dengan mencontoh, melihat kemajuan-kemajuan yang mungkin juga kami mengikuti langkah-langkah yang dilakukan SD Negeri 04 Birugo," katanya.

Diakui Zainal setelah melihat profil sekolah beserta majelis guru adalah suatu tim yang kompak dan solid, bekerja keras yang dilandasi dengan niat baik karena Allah SWT.

"SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi juga telah meraih Adiwiyata Mandiri dan juga sekolah ini banyak keunggulan-keunggulan di bidang Adiwiyata dan bidang-bidang lainnya seperti juara III Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar, ungkap Zainal Efendi," sebutnya.

Ditambahkan keterangannya, SDN 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan telah menjaga, merawat dan asri terhadap lingkungan, yang sangat perlu, kata Zainal Efendi adalah penataan, pendokumentasian serta inovasi baru yang dibutuhkan dalam rangka menuju Adiwiyata Mandiri.

"Mengenai tanaman obat keluarga, ditanam berbagai macam obat-obatan dengan berbagai jenis berada disudut sekolah dan ditempat lainnya sekitar sekolah. Alhamdulillah SDN 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan adalah sekolah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), sudah menjadikan suatu budaya di sekolah bahwa anak-anak sudah terbiasa ikut serta menjaga dan merawat tanaman lingkungan dan juga dalam penggunaan barang-barang bekas dan pembilahan sampah," ucap Zainal Efendi.

Sementara itu, Erita SD Negeri 04 Birugo Kota Bukittinggi mengatakan, ada 18 sekolah dasar rujukan yang ada di Provinsi Sumatera Barat, salah satunya SDN 08 Painan Selatan Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan harapan mudah-mudahan sekolah ini meraih Adiwiyata Mandiri, untuk meraih supremasi Adiwiyata Mandiri dibutuhkan kerja keras.

Erita pun merasa bangga ada kunjungan dari sama-sama sekolah rujukan dan juga bangga bahwa SD Negeri 04 Birugo meraih Adiwiyata Mandiri mendapat respon dari kawan-kawan kepala sekolah. Mungkin saja SD Negeri 04 Birugo menuju Adiwiyata melanjutkan ke tingkat Asean, memang tidak mudah yang diharapkan meraihnya, karena banyak kriteria-kriteria yang harus dilengkapi, pungkas Erita. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dandim 0312 : Bios 44 Sicairan Ajaib Tingkatkan Ketahanan Pangan di Padang

Dandim 0312 : Bios 44 Sicairan Ajaib Tingkatkan Ketahanan Pangan di Padang

PADANG -- Dandim 0312 giat mensosialisasikan Bios 44 kepada warga Padang untuk peningkatan produktivitas pertanian di...

Yayasan Al Aziz Akan Berangkatkan 40 Orang Untuk Umroh Akhir Tahun Ini

Yayasan Al Aziz Akan Berangkatkan 40 Orang Untuk Umroh Akhir Tahun Ini

PADANG PARIAMAN - Sebanyak 40 orang hasil MTQ ke-2 tingkat Kota dan Kabupaten Padang Pariaman yang diangkatkan oleh...

KPAI Rilis 55 Kasus Pelanggaran Kampanye Libatkan Anak Pemilu 2019

KPAI Rilis 55 Kasus Pelanggaran Kampanye Libatkan Anak Pemilu 2019

JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) merilis adanya 55 kasus pelibatan anak dalam kampanye terbuka...

Meningkatkan Kelancaran Tugas, Satlinmas Bukittinggi Dibekali Pengamanan Pemilu

Meningkatkan Kelancaran Tugas, Satlinmas Bukittinggi Dibekali Pengamanan Pemilu

BUKITTINGGI - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bukittinggi menggelar pembekalan kepada Satuan...

Menghadapi Pesta Demokrasi, BPBD Kesbangpol Padang Panjang Gelar Sosialisasi Pemilu

Menghadapi Pesta Demokrasi, BPBD Kesbangpol Padang Panjang Gelar Sosialisasi Pemilu

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media