Saturday, 17 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

Cetak 1.000 Hafidz Quran di Pariaman, Yayasan Syekh Madinah Datangkan Ustad Hebat Dari Pulau Jawa

Minggu, 27 Januari 2019 - 19:50:19 WIB - 1193
Cetak 1.000 Hafidz Quran di Pariaman, Yayasan Syekh Madinah Datangkan Ustad Hebat Dari Pulau Jawa


PADANG PARIAMAN - Yayasan Syekh Madinah terus menggelorakan Program gerakan cetak 1.000 hafidz Quran di Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Setelah melakukan pelatihan untuk guru hafidz akhir Desember lalu, di Nagari Lareh Nan Panjang Barat, Sabtu (26/1) yayasan ini bersama Yayasan H. Anas Malik menggelar pelatihan cara cepat menghafal Quran di MTsS Nagari Balah Aie.

Diikuti 45 siswa dan siswi sekolah berbasis agama di komplek Masjid Raya Balah Aie ini, panitia pelaksana sengaja mendatangkan ustadz hebat nan berpengalaman dalam soal menghafal kitab suci tersebut, yaitu Ustadz Muhammad Ali dari Bandung, Provinsi Jawa Barat.

"VII Koto Sungai Sariak terdiri dari 12 nagari. Pelatihan ini akan terus dilakukan secara bergiliran di semua nagari yang ada di kecamatan ini," kata Maryunis, Wakil Ketua Yayasan H. Anas Malik dan Sekretaris Yayasan Syekh Madinah.

Menurut dia, ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa dicapai manakala anak-anak ini mampu menghafal Quran dengan baik.

"Di samping keberkahan dalam hidup, ada banyak kemudahan yang akan dicapainya dalam melakukan perjuangan hidup ini. Masuk sekolah unggul, bila seorang hafidz akan bisa gratis uang sekolah atau uang kuliahnya," kata Maryunis.

"Gerakan ini memang tak bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi yang namanya menghafal kitab suci di tengah banyaknya permainan anak-anak sekarang. Untuk itu, kita butuh kerjasama yang baik antara pelaksana dengan orangtua anak dan pemerintahan nagari," katanya lagi.

Sementara, Amir Azli, penggagas acara itu merasakan virus menghafal Quran trendnya cukup naik di Padang Pariaman dan Kota Pariaman. Dalam catatannya, sejak program ini digerakkan sudah tercatat 12.000 penghafal Quran di seantero Piaman ini.

"Kita dukung kerja keras Yayasan Syekh Madinah dan Yayasan H. Anas Malik ini untuk terus menyuarakan gerakan menghafal kitab yang jadi pegangan hidup ini," ujar dia.

Menurut Amir Azli, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan wisuda hafidz Quran juz 30 sebanyak 600 santri dan santriwati di Rumah Tahfidz Al-Maarij Sungai Limau.

"Wisuda ini disponsori langsung pengusaha Malaysia, karena tertariknya mereka melihat anak-anak menghafal Quran. Jumlah 600 santri itu berasal dari hampir seluruh kecamatan yang ada di Padang Pariaman, bahkan ada pula yang dari Kota Pariaman," sebutnya.

Walinagari Balah Aie, Indra menyampaikan terima kasihnya kepada MTsS yang telah melakukan acara mulia tersebut.

"Ke depan kita perlu carikan solusi terbaiknya dalam anggaran nagari. Sebanyak 12 walinagari di VII Koto Sungai Sariak telah punya Forum Walinagari, dan aktif melakukan pertemuan seminggu sekali," kata dia.

Jadi, lanjutnya, dalam pertemuan Forum Walinagari pekan depan pihaknya membicarakan soal anggaran pelaksanaan program gerakan 1.000 hafidz Quran di VII Koto Sungai Sariak ini. (*)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dinas PPP Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Pelarangan Pemotongan Sapi Betina Produktif

Dinas PPP Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Pelarangan Pemotongan Sapi Betina Produktif

PARIAMAN - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PPP) Kota Pariaman gelar Sosialisasi Pelarangan pemotongan betina...

Bangunan Pustu di Dusun Pukarayat Desa Tuapejat Mentawai Rusak Parah

Bangunan Pustu di Dusun Pukarayat Desa Tuapejat Mentawai Rusak Parah

MENTAWAI - Bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Dusun Pukarayat Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara yang terletak...

Padang Pariaman Punya PSC 119 Papa Tangkas Gada, Apa Itu?

Padang Pariaman Punya PSC 119 Papa Tangkas Gada, Apa Itu?

PADANG PARIAMAN - Sejak beberapa waktu terakhir slogan PSC Papa Tangkas Gada begitu menggema di Padangpariaman, namun...

Rildo Ananda Anwar Menolak Untuk Dicalonkan Sebagai Cakada Solsel Pada Pilkada 2020

Rildo Ananda Anwar Menolak Untuk Dicalonkan Sebagai Cakada Solsel Pada Pilkada 2020

PADANG ARO -- Ketua Umum Ikatan Keluarga Masyarakat Solok Selatan (IKAMASS), Rildo Ananda Anwar berpesan kepada para...

Walikota Fadly Amran Tanggapi Penurunan Pajak Hotel & Rumah Makan Jadi 5%

Walikota Fadly Amran Tanggapi Penurunan Pajak Hotel & Rumah Makan Jadi 5%

PADANG PANJANG -- Sejumlah Fraksi di DPRD Kota Padang Panjang menanyakan Kondisi Pendapatan Pemko Padang Panjang dari...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media